Jenis Makanan Ikan dan Spesialisasinya

Last Updated on 13 December 2021 by Adha Susanto

Untuk dapat tumbuh dengan normal maka ikan memerlukan nutrisi atau makanannya yang cukup. Kebutuhan nutrisi seperti protein, karbohidrat, lemak, dan serat menjadi unsur yang harus ada pada makanannya. Karena ikan yang hidup dalam ceruknya mempunyai kemampuan sendiri untuk memperoleh makanannya. Nah jika berdasarkan jenis makanan ikan terdiri dari beberapa golongan. Ada ikan dengan jenis makanan karnivora, herbivora, omnivora, pemakan plankton dan pemakan detritus.

Makanan ikan golongan herbivora

Jenis ikan herbivora adalah ikan yang makanannya adalah tumbuhan atau nabati. Ikan dengan jenis herbivora adalah ikan tawes, ikan nila, ikan bandeng.

Karnivora

Ikan yang termasuk dalam golongan jenis karnivora adalah ikan yang memakan bahan hewani. Umumnya ikan dengan tipe karnivora ini termasuk dalam ikan predator. Tubuh ikan karnivora pun besar-besar. Karena ikan mendapatkan makanan dengan jumlah protein yang tinggi.

Contoh jenis ikan yang termasuk karnivora adalah arwana, gabus, toman, piranha.

Ikan golongan omnivora

Omnivora adalah golongan ikan yang jenis makanan utamanya berasal dari hewani dan nabati.  Golongan ikan dengan tipe omnivora ini lebih mudah untuk di budidayakan. Karena ikan dapat menyesuaikan diri dengan jenis makanannya yang ada pada lingkungannya.

Beberapa jenis ikan favorit budidaya adalah ikan dengan golongan omnivora. Seperti ikan mas, gurami, mujair, lele.

Pemakan plankton

Plankton adalah organisme yang menjadi parameter produktivitas suatu perairan. Dengan melimpahnya plankton maka kelimpahan dan keragaman ikan lebih tinggi.

Keberadaan plankton pada rantai ekosistem perairan sangatlah penting. Karena plankton terdiri dari dua jenis. Yakni fitoplankton dan zooplankton. Fitoplankton menjadi makanan bagi zooplankton. Sedangkan zooplankton menjadi makanan ikan.

Pada jenis ikan yang termasuk dalam golongan pemakan plankton. Maka ikan dapat memakan kedua jenis plankton yang ada pada perairan.

Untuk jenis ikan dengan makanannya adalah plankton di ekosistem perairan yakni ikan terbang, ikan cucut.

 Golongan ikan yang makan detritus

Umumnya kita telah mengenal cacing sebagai pemakan detritus di tanah. Nah ternyata pada ekosistem perairan terdapat ikan yang memakan deteritus. Detritus yang sebagai sisa-sisa bahan organik yang membusuk dalam air akan dimakan oleh ikan. Contohnya adalah ikan belanak.

Spesialisasi makanan ikan

Melimpahnya keanekaragaman ikan pada ekosistem perairan tidak hanya tergolongkan berdasarkan jenis makanan. Ikan pun dapat kita golongkan berdasarkan spesialisasi makanan yakni sebagai berikut.

  • Monophagus: ikan yang makanannya satu jenis saja
  • Stenophagus: jenis ikan dengan makanannya yang terbatas jenisnya
  • Euriphagus: Memakan berbagai jenis makanan yang ada pada ekosistem perairan. Jenis spesialisasi ikan dengan makanannya berbagai macam inilah yang ada di ekosistem

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Ilmu Kelautan dan Pramuka Universitas Diponegoro

View all posts by Adha Susanto →

Leave a Reply

Your email address will not be published.