Ikan Kepe: Ciri dan Habitat

Last Updated on 9 December 2023 by Adha Susanto

Estimated reading time: 5 minutes

Berbagai jenis ikan kepe hidup di habitat terumbu karang untuk mencari makanan, mengasuh, dan memijah. Serta keberadaannya pun sangat penting untuk ekosistem dan ekonomi. Mengapa demikian? Berikut deskripsi menarik tentang ikan kepe.

Karena memiliki ragam keunikan kelompok terbesar dari jenis ikan karang ini memiliki nilai tinggi bagi ekosistem laut dan ekonomi. Apa sajakah keunikannya? Berikut beberapa keunikannya:

  1. Memiliki beragam warna yang cemerlang seperti merah, putih, biru, orange, hingga kecokelatan
  2. Terkenal pula sebagai ikan kupu – kupu
  3. Mulutnya kecil dan agak memanjang
  4. Salah satu komoditi ikan hias laut

Baca Juga: Ikan Kakatua: Ciri, Habitat, dan Manfaat

Habitat dan sebaran ikan kepe

Pada habitat aslinya ikan yang termasuk dalam Famili Chaetodontidae adalah kelompok ikan terbesar dari ikan karang yang aktif pada siang hari.

Keragaman jenis ikan kepe pun terbilang tinggi, jumlahnya terpekirakan mencapai 120 spesies. Dengan genus Chaetodon menjadi yang terbesar dari 10 genera lainnya tiga diantaranya seperti Hemitaurichthys, Forcipiger, dan Heniochus.

Kehidupan ikan ini pun menyebar ke seluruh perairan laut dunia yang berterumbu karang. Dan perairan Indo-Pasifik adalah perairan yang memiliki keragaman jenis yang tertinggi.

Namun, terdapat pula salah satu jenis yakni C. octofasciatus yang yang hanya dapat kita jumpai pada perairan tertentu. Berikut beberapa daerah perairan khusus untuk C. octofasciatus:

  1. Sri Lanka
  2. India
  3. Great Barrier reef Australia
  4. Malaysia
  5. Indonesia
  6. Newguinea
  7. Filipina
  8. Rukyu Islandia

Baca Juga: Kehidupan Ikan Hagfish dan Lamprey: Ciri dan Reproduksi

Makanan ikan

Memiliki kehidupan pada habitat terumbu karang. Keberadaannya pun berperan penting untuk menilai kualitas ekosistem terumbu karang.

Mengapa demikian?

Terdapatnya ikan ini dengan jumlah yang cukup besar dan beragam menandakan bahwa habitat terumbu karang juga sangat baik.

Karena ikan kepe sangat membutuhkan terumbu karang sebagai tempat untuk mencari makanan, mengasuh anak, dan memijah.

Untuk makanannya sendiri ikan ini termasuk dalam jenis omnivora atau pemakan segala. Nah, berikut beberapa makanan utamanya pada ekosistem terumbu karang:

  1. Polip karang
  2. Plankton
  3. Invertebrata dasar perairan (cacing laut)
  4. Alga laut
  5. Spons

Nah, bagi kalian yang memelihara ikan ini dalam akuarium tidak usah khawatir. Karena ikan karang juga sangat menyukai baby shrimp dan artemia yang banyak terjual pada toko ikan.

Jenis ikan kepe

Selain sangat penting bagi ekosistem terumbu karang. Ikan ini juga memberikan keuntungan bagi nelayan ikan hias. Karena termasuk komoditi ikan hias laut bernilai tinggi.

Pada market place kepe memiliki nilai jual berkisar Rp. 35.000 – 65.000. Harga tersebut menyesuaikan dengan ukuran tubuh dan perpaduan warnanya. Semakin besar ukuran dengan perpaduan warna yang menawan, maka nilai jual semakin tinggi.

Jika Anda tertarik untuk mememilihara ikan kepe, berikut empat jenis yang kami rekomendasikan.

Baca Juga: Ikan Baronang: Ciri dan Habitat

Kepe gajah (C. lunula)

Dari namanya kita akan berpikir bahwa ikan ini pasti berukuran besar seperti gajah dan mungkin mempunyai belalai.

Ternyata tidak demikian. Walau bernama kepe gajah jenis yang satu ini tidaklah sebesar gajah seperti yang kita pikirkan.

Berikut deskripsi singkat mengenai ikan kepe gajah yang begitu favorit bagi kolektor ikan hias air laut.

Warna

Perpaduan warna dasar kuning dengan gradasi gelap dari warna hitam kepe gajah terlihat sangat menawan. Dan tidak tertinggal garis putih yang berukuran besar pada bagian kepalanya memberikan perpaduan yang menawan.

Habitat dan makanan

Pada habitat aslinya kepe gajah hidup pada perairan dengan kedalaman mencapai 30 m. Serta sangat gemar memakan polip karang, invertebrata bentik dan algae.

ciri dan habitat jenis kepe gajah dan monyong
Kepe gajah dan monyong / fishbase

Ikan kepe monyong (Coradian chrysozonus)

Nama kepe monyong bermula dari adaptasinya terhadap lingkungan. Yakni mulutnya yang agak monyong berfungsi untuk mempermudah ketika mencari makanan pada ekosistem terumbu karang.

Berkikut deskripsi singkat keunikan dari ikan kepe monyong.

Warna

Memiliki tiga warna dengan dasar putih kepe monyong cukup banyak yang meminatinya. Apalagi dengan perpaduan warna cerah seperti orange dan gelap (hitam) menciptakan gradasi yang nyaman untuk kita pandang.

Habitat dan makanan

Untuk menjumpai kepe monyong kita perlu menyelam pada perairan lepas pantai berkarang dengan kedalaman mencapai 60 m. Dan cobalah temukan populasi sponge pada sekitar terumbu karang. Karena kepe monyong sangat suka memakan sponge laut.

Kepe auriga (C. auriga)

Ikan kepe lainnya dengan paduan warna yang cerah dan menarik adalah kepe auriga. Berikut uraian menarik tentangnya.

Warna

Untuk perpaduan warna, putih adalah warna dasar kepe auriga. Dan salah satu yang membedakan antara jenis satu dengan yang lainnya dapat terlihat dari susunan warnanya.

Kepe auriga yang memiliki perpaduan orange dan hitam pada tubuhnya menciptakan kesan yang elegant. Hal yang wajar saja jika ikan hias air laut ini terbandrol dengan rentang harga Rp. 35.000.

Habitat dan makanan

C. auriga adalah salah satu jenis ikan yang termasuk dalam kelompok bentopelagik atau ikan senang hidup pada dasar dan kolom perairan.

Maka untuk menjumpai kepe monyong kita perlu menyelam pada kedalaman tertentu hingga dasar perairan. Karena ikan kepe auriga ini sangat memerlukan organisme polychaeta, polip karang, anemon dan algae sebagai makanan alaminya.

jenis makanan ikan kepe auriga dan nanas
Kepe auriga dan nanas / fishbase

Kepe nanas (C. rafflesii)

Benar – benar mirip seperti buah nanas dari warna hingga susunan sisiknya. Ikan kepe nanas adalah ikan yang cantik dan cocok untuk mengisi akuarium air laut Anda.

Warna

Lihat saja dari segi warna kuning seperti buah nanas dengan perpaduan hitam. Kepe nanas memang indah untuk kita pandang.

Habitat dan makanan

Untuk melihat kecantikan ikan kepe nanas pada habitat aslinya. Kita perlu menyelam pada ekosistem terumbu karang saat siang hari.

Dan cobalah untuk temukan anemon – anemon laut karena kepe nanas menyukai anemon sebagai makanannya. Serta beberapa jenis organisme lainnya seperti polychaeta, polip karang dan invertebrata bentik lainnya.

Baca Juga: