Sumberdaya Perikanan Indonesia (Tuna/Thunnus sp.)

Last Updated on 9 December 2023 by Adha Susanto

Estimated reading time: 3 minutes

Sumber daya ikan Tuna (Thunnus sp.) merupakan salah satu sumberdaya perikanan Indonesia yang memiliki peran penting. Perikanan tuna di kegiatan industri kelautan perikanan merupakan komoditi nomor dua penghasil devisa negara setelah udang (Firdaus, 2019).

Industrialisasi kelautan dan perikanan adalah konsep yang diusung oleh KKP untuk pembangunan sektor ekonomi yang lebih cepat. Konsep tersebut diatur dan dikelola dalam kebijakan yang menitikberatkan terhadap usaha peningkatan produktivitas, nilai tambah, dan skala produksi. (Yusuf et al., 2017).

Hal yang harus diperhatikan di industri perikanan

Produksi & Nilai Ekspor Tuna Indonesia
Produksi & Nilai Ekspor Tuna Indonesia

Kegiatan industrialisasi dibidang kelautan dan perikanan dapat berjalan dengan baik bila kegiatan di hulu (sentra produksi ikan) diimbangi dari sisi hilir (sentra pengolahan dan pemasaran). Penguatan sisi hulu dan hilir merupakan kunci utama untuk meningkatkan daya saing produk perikanan berkualitas.

Kerjasama dan komunikasi yang terintergrasi pemerintahan pusat, daerah, swasta dan masyarakat adalah kunci untuk mendapatkan hasil maksimal dalam persaingan industri perikanan global dan keberlanjutan sumberdaya perikanan.

Pelabuhan perikanan mempunyai keterkaitan erat terhadap industri kelautan dan perikanan. Hal tersebut dikarenakan pelabuhan adalah kawasan kegiatan industri kelautan dan perikanan yang menjadi titik pusat aktivitas hulu hingga hillir (Saptanto dan Apriliani, 2012).

Peran penting pelabuhan sangat menentukan sebuah kebijakan dasar dalam pengelolaan sumberdaya perikanan berkelanjutan. Kebijakan dasar yang bermula dari pelabuhan perikanan ditentukan dari pengumpulan data-data hulu sebagai kawasan produksi ikan.

Negara tujuan ekspor sumberdaya ikan Tuna

Tujuan ekspor tuna Indonesia adalah Jepang 53%, U.S.A. sebesar 24%, dan Uni Eropa sebesar 23% (Yusuf et al., 2017).

Jenis Ikan Tuna dan Cakalang di Indonesia

Yellow Fin
Yellow Fin
Nama LokalNama InternasionalNama Ilmiah
CakalangSkipjack tunaKatsuwonus pelamis
Tuna sirip biru selatanSouthern bluefin tunaT. maccoyii
AlbakoraAlbacoreT. alalunga
MadidihangYellow fin tunaT. albacores
Tuna mata besarBigeye tunaT. obesus
Sumber: KKP (2015).

Nama-nama diatas merupakan beberapa jenis ikan tuna yang hidup terdapat di perairan Indonesia. Ikan tuna sebagai ikan peruaya tentunya mempunyai kemampuan atau daya jelajah laut yang sangat luas. Oleh sebab itu, keberadaannya tidak menetap.