Ekosistem Perairan Laut, Estuari, dan Tawar

Last Updated on 20 May 2024 by Adha Susanto

Estimated reading time: 4 minutes

Ekosistem adalah segala bentuk hubungan timbal balik antara organisme dengan lingkungannya. Hubungan antar organisme dengan lingkungannya terdiri dari organik dan anorganik. Organisme akan mendapatkan manfaat dari lingkungannya berupa makanan dan tempat hidup. Lingkungan akan mendapatkan manfaat berupa sumber bahan organik sisa metabolisme organisme. Semua hubungan timbal balik memberikan pengaruh besar dan memiliki manfaat. Seperti di ekosistem perairan laut, air tawar dan estuari yang memberikan manfaat bagi kehidupan manusia.

Ilmu ekosistem

Kata ekosistem tidak terlepas dari asal mula ilmu yang mempelajarinya. Ilmu yang mempelajari ekosistem di sebut ekologi. Kata ekologi pertama kali tercetuskan oleh Ernest Haeckel ahli biologi asal Jerman pada tahun 1869.

Ekologi sendiri berasal dari bahasa Yunani. Terdiri dari kata Oikos dan Logos. Oikos adalah rumah atau tempat biotik dan abiotik. Sedangkan Logos adalah ilmu pengetahuan.

Baca Juga: Manfaat Sumber Daya Alam Pesisir dan Laut

Ekosistem perairan

Dari perspektif lingkungan ekosistem di air adalah hubungan timbal balik yang terjadi antara organisme air dengan lingkungannya. Serta hubungan antar kelompok organisme dalam lingkungan perairan. Hubungan yang terjadi menciptakan manfaat yang saling menguntungkan.

Sebab tanpa adanya hubungan maka kehidupan di ekosistem perairan laut, tawar dan estuari tidak akan berjalan baik.

Kehidupan di perairan mampu memberikan manfaat lebih bagi manusia. Manusia akan mendapatkan sumber pangan dan air untuk kelangsungan hidup di daratan. Namun, manusia juga lah yang dapat menentukan kelangsungan hidup ekosistem laut, tawar, dan estuari.

Karena ketiga ekosistem ini mendapatkan tekanan dan pengaruh besar dari kehidupan ekosistem di daratan. Pengaruh kegiatan atau aktivitas manusia di daratan mampu memberikan dampak yang besar bagi ketiga ekosistem tersebut.

ekosistem perairan estuari laut tawar dan manfaat
Ilustrasi Ekosistem Laut | Freepik

Kelangsungan kehidupan ekosistem perairan daerah tropis terdiri dari tiga wilayah kajian. Seperti yang telah di sebutkan di atas. Yakni laut, tawar dan estuari. Ketiga ekosistem perairan tersebut memberikan manfaat bagi kehidupan umat manusia. Berikut adalah uraian singkatnya.

Perairan laut

Laut adalah ekosistem yang kompleks. Ekosistem laut mempunyai hubungan timbal balik antar organisme dengan semua komponen lingkungan di perairan laut. Dalam eksositem air laut terbagi lagi dalam beberapa ekosistem yang memberikan manfaat dan peran penting bagi organisme.

Hubungannya sangat erat dari pantai hingga ke laut yang dalam. Dari pantai terdapat ekosistem padang lamun dan mangrove, dan menuju ke laut terdapat ekosistem terumbu karang.

Perairan laut mempunyai sekitar 80 unsur kimiawi di dalamnya. Unsur kimia tersebut memberikan pengaruh bagi kehidupan organisme di dalamnya. Kandungan unsur kimiawi terbesar adalah Na dan Cl. Unsur inilah yang menyebabkan air laut mempunyai kandungan NaCl yang menyebabkan air laut menjadi asin.

Manfaat ekosistem perairan laut

Air laut yang asin memberikan manfaat besar bagi manusia. Salah satunya adalah sebagai sumber garam untuk mengawetkan ikan. Manfaat ekosistem perairan laut lainnya adalah sumber protein hewani dari ikan yang melimpah bagi manusia. Serta sebagai sarana rekreasi seperti wisata pantai, snorkling, dan menyelam.

Air tawar

Hubungan timbal balik yang terjadi pada lingkungan ekosistem air tawar terjadi seperti di sungai, danau, dan kolam. Keberadaan organisme pada ekosistem perairan tawar melimpah dan saling berhubungan dengan lingkungannya. Ekosistem air tawar pun memberikan manfaat penting bagi kehidupan manusia.

Perairan tawar dan manfaatnya

Bagi manusia ekosistem air tawar memiliki manfaat bagi kehidupan sehari – hari. Siklus air yang terjadi di bumi ini tidak lepas dari peran penting ekosistem perairan tawar. Air tawar mempunyai manfaat sebagai sumber air minum dan kegiatan lainnya.

Estuari

Lingkungan ekosistem estuari adalah ekosistem peralihan antara laut dan tawar. Pada estuari ini air terpengaruh oleh laut dan tawar. Sehingga rasa air pada eksositem estuari ini adalah payau. Perairan estuari ini sangat di pengaruhi oleh ekosistem di atasnya. Suplai perairan tawar dari hulu sungai menuju laut ini menjadikan ekosistem ini mempunyai jumlah ikan yang melimpah. Namun, keragamannya tidak sebanyak di laut dan perairan tawar.

Manfaat ekosistem perairan estuari

Keberadaan ekosistem estuari manfaatnya sama unutk kehidupan bagi manusia. Manfaat ekosistem ini tentu tidak terlepas dari keberadaan sumber pangan bagi manusia. Yakni keberadaan sumber daya ikan.

Baca Juga: 3 Perbedaan Pantai Utara dan Selatan Jawa?