Morfologi Pantai: Terjadinya Spit dan Tombolo

Last Updated on 9 December 2023 by Adha Susanto

Estimated reading time: 4 minutes

Pantai merupakan salah satu destinasi wisata favorit dengan ciri khasnya masing – masing. Seperti halnya pantai utara dan selatan memiliki perbedaan tersendiri. Itu semua terjadi karena adanya pengaruh arus dan gelombang laut yang kemudian membentuk morfologi pantai. Karena arus dan gelombang laut maka terdapat pula semacam daratan atau tumpukan pasir pantai berbentuk tombolo dan spit

Bentuk pantai yang berbeda – beda terjadi karena adanya pergerakan arus dan gelombang laut sebagai energi untuk transportasi sedimen. Perbedaan merupakan salah satu daya tarik wisatawan untuk mengunjungi pantai.

Berikut adalah bentuk-bentuk pantai yang terjadi karena adanya pengaruh dari arus dan gelombang laut.

Baca Juga:

Morfologi pantai tombolo

Tombolo pantai
Tombolo pantai / Allonso Badilla (2013).

Pantai Tombolo adalah pantai yang berupa tanggul pasir yang terbentuk karena sedimen yang terbawa oleh arus laut. Sedimen akan mengendap pada sepanjang pantai yang menghubungkan antara daratan utama dengan pulau yang berada dekat bibir pantai. Berikut adalah ilustrasi terjadinya pantai tombolo karena pengaruh dari arus laut.

Peristiwa terbentuknya tombolo akibat lee side gelombang datang.

Peristiwa arus laut yang membentuk Tombolo pantai
Peristiwa terbentuknya tombolo akibat lee side gelombang datang

Tombolo yang terbentuk oleh bagian bayangan (lee side) gelombang datang, dengan keadaan lebih tenang, dan transportasi sedimen terjadi dengan energi yang kecil, sehingga sedimentasi terpacu lebih optimal. Sedimen dari daratan utama lebih dominan, maka akan terbentuk tombolo tunggal (Astawa dan Panjaitan, 2010).

Spit pantai

arus laut yang membentuk spit pantai
Peristiwa Terbentuknya Spit

Spit adalah pasir pantai yang mengendap pada muka teluk. Bentuk morfologi spit pantai ini memanjang dengan salah satu ujungnya menyatu dengan daratan dan ujung lain ke laut. Pembentukan sand spit pantai karena adanya transport sedimen yang terbawa oleh arus laut.

Sand Spit pantai
Sand Spit pantai

Sea Stacks

sea stacks
Sea Stacks

Penyebab terjadinya sea stacks adalah gelombang laut yang melemahkan tebing pantai (sea cliff) dan memaksa udara masuk pada tebing dan dengan waktu yang cukup maka tebi akan runtuh.

Penampang Sea Stack
Penampang Sea Stack

Baymouth bar

Bentuk baymouth bar pantai terjadi karena endapan pasir yang hampir menutup menutup teluk dengan lautan.

Baymouth Bar
Baymouth Bar
Lagun laut
Lagun (Vu et al., 2014).

Morfologi pantai lagun

Lagun adalah danau pantai yang terpisahkan dari laut oleh baymouth bar. Penghalang atau oleh jalan masuk sempit yang permanen atau semi-permanen, atau hamparan air yang terkurung oleh lingkaran. Atau karang berbentuk ladam (tapal kuda) yang mempunyai satu atau lebih kaloran dari dalamnya. Atau perairan dangkal yang terdapat di antara karang penghalang dan pulau yang mengelilinginya.

ekosistem lagun
Karakteristik dan Ekosistem Laguna (Wit, 2011)

Ringkasan morfologi pantai

Proses terbentuknya pantai spit dan tombolo banyak terpengaruhi oleh adanya pergerakan arus dan gelombang laut yang membawa sedimen. Transport sedimen sepanjang pantai (longshore transport) maupun transport tegak lurus pantai (onshore-offshore transport) merupakan bentuk transport sedimen yang umum terjadi. Oleh sebab itu perubahan garis pantai sangat berpengaruh oleh masuk dan keluarnya sedimen dari pantai tersebut.