SKPT Perikanan Adalah: Latar Belakang, Tujuan dan Wilayah

Last Updated on 20 May 2024 by Adha Susanto

Estimated reading time: 2 minutes

SKPT adalah program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang berdasarkan latar belakang nawa cita ke-3 pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kalla. Sedangkan singkatan dari SKPT adalah Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu. Wilayah SKPT terdiri dari 17 wilayah, yaitu Natuna, Sebatik, Talaud, dan sebagainya. Berikut ulasan singkat tujuan program dan wilayah SKPT KKP Indonesia.

Baca Juga: Alat Tangkap Ikan Tuna di Indonesia: Jenis dan Cara

Latar belakang program SKPT KKP adalah

Terbentuknya program berdasarkan nawa cita ke-3. Yang mana Nawa Cita ke-3 dalam pembentukan program yakni sebagai berikut.

“Laut adalah masa depan bangsa dan membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.”

Tujuan SKPT KKP adalah

Dengan adanya program SKPT KKP maka tujuan yang ingin dicapai yakni membangun dan mengintregasikan proses bisnis kelautan dan perikanan berbasis masyarakat. Melalui optimalisasi pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan. 

Wilayah SKPT

Laut Indonesia yang sangat luas memiliki potensi besar untuk membangun perekonomian. Salah satu strategi yang telah di terapkan pemerintah adalah dengan membangun SKPT di wilayah pesisir untuk menumbuhkembangkan sektor kelautan dan perikanan.

Di berbagai wilayah SKPT telah terlengkap fasilitas industri kelautan dan perikanan. Letaknya pun berada di wilayah terluar Indonesia yang mengunggulkan potensi laut. Kemudian, berfungsi untuk membangun perkeonomian daerah. Berikut wilayah program Sentra Kelautan dan Perikanan Indonesia:

  1. Sabang,
  2. Simeuleu,
  3. SKPT Natuna,
  4. Mentawai,
  5. Nunukan,
  6. Moa,
  7. Sumba Timur,
  8. Rute Ndao,
  9. Saumlaki,
  10. Tahuna,
  11. Talaud,
  12. Morotai,
  13. Tual,
  14. Mimika,
  15. Merauke,
  16. Biak Numfor, dan
  17. Sarmi.
tujuan program skpt wilayah natuna adalah
Peta Wilayah SKPT Perikanan

Infrastruktur SKPT KKP

Keseriusan program SKPT Kementerian Kelautan dan Perikanan adalah dengan terus memberikan infrastruktur pendukung.

Infrastruktur pendukung terletak pada wilayah SKPT setiap daerah seperti di Natuna, Sebatik, Moa dan Talaud. Bentuk infrasturktur SKPT, yakni gudang rumput laut, unit kapal penangkap ikan, alat budidaya dan sebagainya.

Tujuan Ekspor SKPT

Untuk menunjang roda bisnis kelautan dan perikanan Indonesia. Maka pemerintah Indonesia melalui KKP memberikan fasilitas penunjang kegiatan termasuk sasaran konsumen, seperti tujuan ekspor. Dimana hasil pemanfaatan sumber daya laut setiap wilayah SKPT akan di kirim ke berbagai negara tetangga. Adapun Negara tujuan ekspor SKPT adalah sebagai berikut:

  1. Australia,
  2. Filipina,
  3. Thailand,
  4. Singapura,
  5. Malaysia, dan
  6. Jepang.

Baca Juga: Alat Tangkap Ramah Lingkungan: Kriteria & Contoh

Sumber: KKP