Ikan Kerapu Laut: Ciri, Kandungan, dan Manfaat

Last Updated on 19 January 2024 by Adha Susanto

Estimated reading time: 4 minutes

Tidak hanya mengandung gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, ikan kerapu laut juga memiliki manfaat secara ekonomi.

Pasalnya, harga jual ikan kerapu di pasar terbilang tinggi, dan banyak peminatnya.

Jenis ikan yang hidup di dasar perairan iklim tropis dan subtropis ini pun terkenal sebagai ikan soliter.

Terlebih, laut Indonesia dengan ekosistem terumbu karang yang luas memberikan tempat yang nyaman bagi kerapu untuk memijah, merawat, dan mencari makan.

Maka tak heran jika sektor usaha perikanan tangkap dan budidaya kerapu juga berkembang. Potensi ikan kerapu laut sebagai sumber pangan dan bernilai ekonomi memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dan negara.

Nah, untuk kamu yang sedang mencari tahu tentang ikan yang juga dikenal sebagai Grouper Fish, tetap simak uraian singkatnya di bawah ini!

Baca Juga: Ikan Baronang: Ciri dan Habitat

Ciri dan tingkah laku

Tergolong dalam keluarga Serranidae, kerapu ialah jenis ikan yang banyak terjumpai pada habitat terumbu karang hingga perairan berlumpur dan berpasir.

Sedangkan habitat dari benih ikan kerapu lebih banyak terjumpai di pantai dengan ekosistem algae jenis reticulata dan Gracilaria sp.

Morfologi dan kebiasaan hidupnya

Pada jenis ikan kerapu dewasa, ciri tubuhnya dapat kita kenali dengan badannya yang kekar, kepala dan mulutnya yang besar.

Untuk memberikan perlindungan terhadap tubuhnya, ikan kerapu laut memiliki sisik-sisik kecil yang merata dari kepala hingga pangkal ekor.

Sedangkan tingkah laku dalam mempertahankan kelompoknya di ekosistem, ikan kerapu aktif bergerak pada malam hari dan memangsa ikan-ikan kecil.

ciri ikan kerapu laut
Ciri Ikan Kerapu Laut | Fishbase

Baca Juga: Ikan Napoleon: Ciri dan Habitat

Reproduksi ikan

Berdasar fase reproduksinya, kehidupan ikan kerapu dimulai dari kelamin betina. Kemudian, seiring bertambahnya usia dan ukuran tubuh, kelamin ikan kerapu berubah menjadi jantan. Tapi perubahan kelamin tergantung pada jenisnya.

Karena mengalami perubahan kelamin dalam masa hidupnya, ikan kerapu tergolong dalam jenis ikan hermaprodit protogini.

Termasuk jenis ikan demersal dengan sifat yang soliter tidak membuat ikan kerapu untuk memijah secara tersembunyai di rumahnya.

Pasalnya, pada saat akan kawin, kerapu akan membentuk gerombolan besar dengan jumlah hingga ribuan di area spawning ground.

Kegiatan perkawinan kerapu terjadi pada saat musim kawin yang terjadi dari Januari hingga November. Musim kawinnya pun tak hanya terjadi sekali dalam setahun saja.

Tapi akan berlangsung dua kali dalam setahun. Pasalnya, kerapu memiliki tipe pemijahan parsial dan akan terus memijah sepanjang tahunnya.

Baca Juga: Sistem Reproduksi Ikan: Sistem, Organ, dan Fungsi

Ikan kerapu mengandung protein dan omega tinggi

Dalam daging ikan kerapu laut setidaknya mengandung energi 92 kkl; protein 19,8%; kalsium 27%; air 79,2%; lemak 1,02%, omega-3, dan kolesterol 37%.

Protein

Satu di antara kandungan gizi yang menentukan tinggi rendahnya nilai jual ikan adalah kandungan proteinnya. Ikan dalam kategori protein tinggi jika kandungannya lebih dari 15%.

Nah kerapu adalah salah satu ikan laut dengan protein tinggi. Pasalnya, kerapu mengandung protein 19,8% yang memiliki manfaat untuk memperbaiki sel-sel tubuh rusak dan menjaga kesehatan tubuh.

Omega-3 dan 6

Menyadur dari Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, ikan kerapu mengandung omega-3 sebesar 5,38%, dan 15% omega-6.

Keberadaan dua jenis omega pada ikan kerapu ini mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan perkembangan otak bagi anak.

Baca Juga: Manfaat Makan Ikan Makarel yang Mengandung Omega-3

Nilai ekonomi dan Harga jual ikan kerapu laut

Banyak diminati oleh pasar internasional dan nasional, menyebabkan harga jual ikan kerapu terbilang tinggi.

Oleh karena itu, produksinya tidak hanya mengandalkan hasil tangkapan nelayan modern dan tradisional di laut.

Kegiatan budidaya laut terhadap jenis ikan dengan harga fantastis ini pun terus dilakukan. Terlebih, usaha pembenihan ikan kerapu sudah ada dan terus berkembang.

Di pasar, harga jual ikan kerapu segar umumnya berbeda berdasar jenis dan ukuran.

harga ikan kerapu cantang
Ikan Kerapu Cantang | PT Kelman Sumber Bahari

Melansir dari laman PT Kelman Sumber Bahari kerapu segar dari jenis cantang dengan berat 1200 gr memiliki harga jual sebesar Rp84.000.

Sedangkan ikan kerapu dari jenis macan di toko Ocean Best dalam kondisi hidup memiliki harga sebesar Rp175.000/1000 gr. 

Perbedaan harga juga mungkin terjadi pada jenis kerapu lumpur, bebek, sunu, batik dan sebagainya.

Nah, itu dia penjelasan singkat ciri, manfaat dan kandungan gizi pada ikan kerapu laut.

Bagi kamu yang masih butuh informasi tentang ciri dan manfaat ikan laut dan air tawar lainnya, yuk, mampir dulu ke artikel ikan lainnya di blog ini.

Baca Juga: