Wisata Pantai Pangkalan Bun

Last Updated on 9 December 2023 by Adha Susanto

Estimated reading time: 3 minutes

Selain wisata Taman Nasional Tanjung Puting Pangkalan Bun juga memiliki destinasi pantai yang indah. Seperti pantai Keraya, Kubu, dan Tanjung Keluang yang berjarak tidak jauh dari Kota Pangkalan Bun. Nah, seperti apa keindahan pantai tersebut? Yuk kepoin semuanya pada artikel ini!

Siapa sih yang tidak kenal dengan Kota Pangkalan Bun? Salah satu Kota yang berada pada Provinsi Kalimantan Tengah ini menyediakan banyak tujuan wisata lokal hingga internasional.

Jika Anda dari luar pulau Kalimantan dan berniat untuk berkunjung. Maka ada dua pilihan akses transportasi ke Kota ini yakni udara dan laut.

Transportasi udara dapat menggunakan pesawat dengan tujuan Bandara Iskandar Pangkalan Bun. Untuk transportasi laut dapat menggunakan armada berupa kapal laut dengan tujuan pelabuhan Kumai.

Nah ketika sudah tiba di Kota Pangkalan Bun. Maka beberapa destinasi wisata alam yang kami rekomendasikan untuk Anda adalah sebagai berikut.

Wisata pantai Pangkalan Bun

Seluruh destinasi wisata pantai Pangkalan Bun terletak di wilayah Kecamatan Kumai. Untuk berkunjung ke pantai pun membutuhkan waktu kurang lebih 2 – 3 jam dari Kota Pangkalan Bun. Menggunakan sepeda motor atau mobil semuanya tetap cocok karena akses jalan menuju pantai telah beraspal mulus.

Pantai Kubu Pangkalan Bun

Pantai yang menghadap muara sungai Kumai ini merupakan pantai yang terdekat dari Kota. Fasilitias pantai pun cukup lengkap dengan arena bermain anak hingga toilet umum.

Pantai Kubu dan Keraya Pangkalan Bun
Pantai Kubu dan Keraya Pangkalan Bun / visitkotawaringinbarat

Pemandangan pantainya pun sama saja seperti pantai pada umumnya di wilayah paling selatan pulau Kalimantan. Yakni airnya yang berwarna coklat berlumpur dengan gelombang yang tenang.

Pantai Keraya Pangkalan Bun

Berada di Desa Keraya pantai ini memiliki kekhasan tersendiri yakni lebatnya pohon cemara. Jadi kawasan pantai Keraya Pangkalan Bun pun terasa sejuk dan nyaman sebagai tempat bersantai bersama keluarga. Khususnya pada saat libur lebaran, tahun baru, dan weekend.

Baca Juga:

Pantai Tanjung Keluang Pangkalan Bun

Tanjung Keluang adalah lokasi wisata pantai yang perjalanannya paling menantang. Karena untuk mengunjunginya kita harus menyewa sebuah perahu dan harus bersama rombongan.

Pantai Kubu menjadi titik start keberangkatan perahu wisata ke Tanjung Keluang dengan durasi perjalanan mencapai 40 menit. Sedangkan biaya penyebrangannya sebanyak Rp. 40.000 / orang.

Pantai Tanjung Keluang Pangkalan Bun
Pantai Tanjung Keluang Pangkalan Bun

Pengunjung akan berangkat pada pagi hari kemudian akan di jemput oleh penyedia jasa perahu saat sore hari. Lumayan kan bisa ngecamp seharian bersama teman atau keluarga tercinta.

Pemandangan pantai pun lebih indah dari pantai lainnya. Karena pantai ini lebih dekat ke muara sungai Kumai dan laut Jawa. Hamparan pasir putih dan rimbunnya cemara menambah kenyamanan alam.

Serta betapa menakjubkannya alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Jadi tunggu apalagi yuk bagi kamu yang suka mengkesplor alam jangan lupa untuk berkunjung ke Tanjung Keluang Pangkalan Bun.

Baca Juga: