Manfaat Olahraga Renang Untuk Kesehatan Tubuh

Last Updated on 9 December 2023 by Adha Susanto

Estimated reading time: 5 minutes

Renang bukan hanya sekadar cabang olahraga, namun sebagai salah satu insting untuk bertahan hidup. Hingga sekarang renang menjadi salah satu cabang olahraga dalam kejuaraan olimpiade. Serta menghasilkan pertunjukan mengesakan di kolam dengan berbagai macam gaya renang yang di tunjukkan oleh para atlet. Tidak hanya itu sebagian orang menjadikan olahraga renang sebagai hobi yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya berenang berfungsi untuk menjaga kesehatan paru – paru.

Saat olimpiade banyak atlet memperagakan gaya renang yang begitu mengesankan. Nah lalu apa saja gaya renang yang mereka peragakan tersebut?

Berikut beberapa gaya renang yang sering menjadi pertunjukan saat olimpiade.

Macam gaya olahraga renang

Bebas

Dalam kurikulum olahraga gaya renang bebas adalah dasar materi untuk pemula. Renang gaya bebas sangat efektif karena pergerakan perenang lebih cepat.

Dengan olahraga renang gaya bebas maka manfaat yang akan terasakan begitu besar. Sebab gaya bebas melibatkan hampir seluruh anggota tubuh agar senantiasa bergerak. Pergerakan yang terjadi secara konsisten berfungsi untuk membakar kalori dalam tubuh kita.

Dada atau katak

Saat berada di kolam renang. Kita akan melihat perenang begitu rileksnya menikmati renang semacam pergerakan katak. Nah renang dengan gaya katak sama halnya dengan berenang gaya dada. Berenang dengan gaya dada sangat nyaman karena kita dapat dengan santai untuk mengelola pernafasan. Kapan harus buang dan hirup oksigen pada waktu yang tepat.

manfaat olahraga air di kolam renang
Manfaat olahraga renang

Olahraga renang gaya punggung

Penamaan gaya punggung karena pada saat berenang perenang pada ada dalam posisi punggung yang terhadapkan pada permukaan air. Sedangkan kepala dan wajah kita berada pada sebaliknya, sehingga lebih mudah untuk mengatur napas.

Dan tentu saja manfaat olahraga renang dengan gaya ini membuat badan semakin rileks pada permukaan air.

Namun, membutuhkan kemahiran yang lebih untuk memperagakan gaya renang berikut ini. Sebab kita yang belum terbiasa akan kesulitan untuk melihat jalur atau garis dasar kolam. Jadi sangat mebutuhukan waktu latihan yang lebih lama untuk menguasai gaya renang ini.

Kupu – kupu atau lumba – lumba

Dari ketiga macam gaya renang sebelumnya. Gaya renang dengan tingkat kesulitan tinggi adalah gaya renang kupu – kupu. Tingkat kesulitannya yaitu mengkoordinasikan kekuatan otot yang tinggi antara tangan dan kaki.

Walau begitu sulit tapi berenang dengan gaya kupu – kupu memiliki dua manfaat. Pertama, jelas untuk kesehatan dan kekuatan fisik tubuh. Kedua, gaya renang ini sangatlah mengagumkan sebab tidak semua orang bisa.

Dari keempat gaya renang tersebut. Manakah yang lebih menarik untuk Anda coba nantinya?

Yuk tentukan pilihanmu dan rasakan beberapa manfaat olahraga renang berikut ini:

Manfaat olahraga renang

Setelah mengenal keempat macam gaya renang. Berikut beberapa manfaatnya:

Membakar kalori

Obesitas adalah permasalahan yang besar hingga sekarang ini. Kita lihat begitu banyak orang – orang yang mengalami kelebihan berat badannya. Hal itu tentu saja mereka banyak mengkonsumsi makanan dengan kalori yang begitu tinggi. Seperti minuman bersoda, pemanis buatan, dan cemilan ringan berlemak.

Melalui olahraga renang dan mengatur pola makan yang sehat, maka permasalahan ini sebenarnya dapat kita hambat hingga berkurang. Saat olahraga renang maka seluruh anggota tubuh kita akan bergerak.

Untuk menggerakkan anggota tubuh seperti kaki dan tangan dalam air akan terasa berat. Dengan begitu untuk menggerakkannya membutuhkan energi yang besar. Bahkan manfaat dengan olahraga renang yang menggerakkan tubuh dapat membakar kalori sekitar 24%.

Jadi tidak semua aktivitas pembakaran kalori dalam tubuh harus melalui kegiatan olahraga yang mengeluarkan keringat. Dengan berenang rutin pun mampu membakar kalori yang dengan begitu besarnya. Terlebih lagi jika renang adalah salah satu hobi, maka pembakaran kalori dan lemak jahat akan terjadi lebih cepat.

Baca Juga: Penyebab iritasi mata di kolam dan air laut

Mengurangi stress

Secara psikologis ternyata olahraga renang memiliki manfaat untuk membuat hati dan pikiran lebih rileks. Bergeraknya tangan, kaki dan bagian tubuh lainnya yang secara perlahan dapat meningkatkan hormon endorfin dalam otak.  Dengan begitu maka suasana hati kita akan terasa lebih sejuk, pikiran menjadi tenang, dan badan terasa lebih segar.

Meningkatkan kemampuan otak

Selain dapat mengurangi stress karena beban pikiran. Manfaat lainnya dengan beraktivitas olahraga air di kolam renang juga berfungsi meningkatkan kemampuan otak.

Melalui aktivitas fisik yang rutin badan kita lebih bertenaga hingga mampu meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan kesehatan mental.

Sebuah penelitian yang terpublikasikan dalam Proceeding on the National Academi of Science menyebutkan olahraga renang memiliki manfaat untuk memacu pertumbuhan neuron. Asalkan kegiatan olahraga renang terlaksana dengan teratur dan benar.

Meningkatkan kemampuan fungsi jantung dan paru – paru

Saat renang dengan berbagai macam gaya, maka anggota tubuh khususnya kaki dan tangan akan selalu bergerak aktif. Kaki dan tangan akan terus bergerak mendorong air yang berat untuk mengantarkan kita ke garis finish.

macam gaya renang dan manfaat berenang untuk paru - paru
Gaya renang kupu – kupu / unsplash

Dengan demikian olahraga renang terkategorikan sebagai latihan aerobik dalam air. Sehingga orang yang menyempatkan untuk berenang selama 30 menit akan mempunyai jantung dan paru – paru yang lebih sehat. Serta pernafasannya lebih teratur dan tentunya tubuh akan terasa lebih rileks

Manfaat olahraga renang unutk meningkatkan daya tahan tubuh

Karena melalukannya dengan sukarela atau telah menjadi hobi, renang dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan. Juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan hormon – hormon dalam tubuh kita. Seperti hormon adrenalin, dopamin, serotonin, dan endorfia. Hormon tersebut memberikan manfaat bagi kesehatan, karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Penelitian dari Duke University mengemukakan bahwa 60% orang yang depresi dapat teratasi tanpa teratasi dengan olahraga renang. Tanpa mengkonsumsi obat. Kendati demikian olahraga renang harus selalu terlaksana rutin dengan frekuensi tiga kali seminggu selama 30 menit.

Jadi itulah beberapa manfaat olahraga renang. Sangat banyak bukan, yuk mulai berolahraga. Baik itu olaharaga di kolam renang, bersepeda, futsal, dan lain – lain.

Apalagi renang menjadi olahraga hobi. Maka berenang akan terasa sangat nyaman serta untuk menyehatkan paru – paru.

Baca Juga:

Semoga selalu sehat terus ya. Salam Olahraga!!