Resep Ikan Keumamah Tongkol Khas Aceh

Last Updated on 9 December 2023 by Adha Susanto

Estimated reading time: 3 minutes

Salah satu contoh masakan khas Aceh dengan bahan utama tongkol adalah olahan ikan keumamah. Nah, apa saja resep bahan dan cara membuat ikan keumamah khas Aceh dengan rasa yang lezat ini? Temukan resepnya pada uraian artikel ini ya, kak.

Berbagai macam masakan dengan bahan utama ikan pelagis seperti tongkol memang tidak pernah salah. Karena cita rasa ikan yang gurih dengan harga relatif terjangkau menjadi pertimbangan utamanya. Sehingga banyak masyarakat dari berbagai daerah mengolahnya menjadi masakan khas.

Seperti yang kita ketahui rasa gurih atau umami pada ikan pelagis umumnya tidak kalah dengan berbagai produk penyedap rasa. Bahkan banyak masakan khas dengan penambahan ikan pelagis akan menambah cita rasa.

Oleh karena itu, masakan khas berbahan ikan tongkol seperti di Aceh yang mengolahnya menjadi keumamah menghasilkan rasa umami.

Setiap orang yang baru pertama kali merasakannya akan mendapatkan sensai gurih dan lezat yang tidak terhingga. Bahkan dapat meningkatkan nafsu makan (karena nambah nasi terus).

Nah, penasaran bagaimana cara membuat masakan khas Aceh satu ini? Simak resep olahan ikan tongkol khas Aceh dengan lengkap ya kak.

Baca Juga:

Resep ikan keumamah

Melansir dari laman Pemerintah Aceh ikan keumamah adalah daging ikan dalam bentuk kering seperti ikan kayu. Agar dapat tahan lama dari proses pembusukan yang sering terjadi dengan cepat pada daging berprotein tinggi.

Sedangkan ikan yang menjadi favorit masyarakat setempat untuk tersajikan sebagai ikan keumamah adalah kelompok ikan pelagis besar. Seperti ikan tongkol, cakalang, dan tuna.

Namun, sebelum melakukan proses pengawetan dengan cara penjemuran menjadi ikan dengan tekstur keras seperti kayu. Terlebih dahulu ikan harus bersih dari jeroan dan kepala.

Kemudian ikan masuk kedalam perebusan bersuhu 100 derajat celcius selama 20–30 menit. Selanjutnya daging di jemur di bawah sinar matahari langsung selama dua sampai tiga hari hingga kering seperti kayu.  

Ketika ikan sudah mengering selanjutnya iris daging ikan tipis–tipis dengan tekstur kasar dan halus. Agar daging ikan lebih mudah untuk menyerap bumbu khas Aceh.

resep bahan utama dan bahan utama ikan keumamah masakan khas aceh
Tumis ikan keumamah Aceh / dapur-teh-enur

Adapun resep ikan keumamah tongkol yang umum terjumpai adalah sebagai berikut:

Bahan utama keumamah

Untuk menghasilkan cita rasa yang umami pada masakan khas daerah Aceh yang berbahan dasar ikan pelagis. Maka siapkan dua bahan utama yang terdiri dari:

  1. Ikan keumamah 2 (dua) potong
  2. Daun Kari 2 (dua) tangkai

Bumbu rempah

Pembeda cita rasa dan aroma masakan khas dari setiap daerah dengan ragam manfaatnya berasal dari bumbu rempah yang tergunakan. Dan berikut adalah berbagai resep bumbu rempah ikan keumamah tongkol khas Aceh:

  1. Cabe rawit 1 (satu) genggam
  2. Asam sunti 2 (dua) genggam (giling kasar)
  3. Bawang merah 2 (dua) siung (giling halus) dan 3 (tiga) siung dalam keadaan terajang
  4. Cabe merah 2 (dua) buah dan cabe hijau 5 (lima) buah dalam keadaan terajang
  5. Kunyit 1/2 (setengah) sendok teh

Baca Juga:

Cara membuat

Setelah semua resep bumbu halus dan rajang telah tersiapkan. Selanjutnya yang dapat terlakukan adalah merendam irisan daging ikan keumamah dalam air hangat selama 5 (lima) menit.

Ketika perendaman ikan keumamah hampir selesai. Maka segera tumis bumbu halus yang sudah tersiapkan sebelumnya hingga bau harum tercium. Kemudian masukan keumamah dan air secukupnya dan taburkan bumbu rajang dan daun kari kedalamnya.

Untuk memastika kelima dasar rasa masakan ada dalam ikan keumamah iciplah dengan teliti agar mendapatkan rasa terbaik.

Nah demikian cara masak ikan keumamah khas Aceh yang dapat kakak coba di rumah.

Baca Juga: