Rasa Umami Alami yang membuat Ikan dan Seafood Lebih Enak

Last Updated on 13 July 2023 by Adha Susanto

Estimated reading time: 4 minutes

Ikan adalah contoh bahan makanan yang memiliki cita rasa lebih enak, gurih dan lezat atau kita kenal dengan “umami”.  Karena ikan mengandung asam glutamat yang umumnya memiliki fungsi sebagai bahan MSG yang menambahkan cita rasa dasar, yakni umami. Lalu jenis ikan yang hidup di habitat manakah yang memiliki cita rasa umami alami paling kuat? Yuk simak jawabannya pada artikel berikut ini ya.

Sudah terkenal sejak zaman dahulu bahwa olahan makanan yang berbahan seafood itu memiliki cita rasa yang enak dan gurih. Selain karena kandungan lemaknya, seafood bercita rasa sempurna karena fungsi asam glutamat yang menciptakan rasa gurih.

Rasa umami

Melansir dari berbagai laman “umami” adalah kata yang berasal dari bahasa Jepang. Artinya makanan yang memiliki rasa gurih selain ke empat dasar rasa selain manis, asin, pahit dan manis.

Nah, pada umumnya rasa gurih sering kita jumpai pada makanan yang mengandung protein hewani tinggi. Satu diantaranya ada pada daging ikan yang memiliki rasa umami secara alami. Bahkan menjadi bahan dasar yang memberikan rasa umami pada makanan yang kita kenal sebagai monosodium glutamat atau MSG.

Karena MSG terdiri dari asam amino esensial, yakni asam glutamat yang tidak tersintesis dalam tubuh manusia. Namun, dapat kita temukan dari bahan makanan yang kita makan sehari – hari.

Contoh bahan makanan yang mengandung rasa gurih alami yang merupakan fungsi lain dari asam glutamat adalah seafood.

Baca Juga:

Kandungan asam glutamat pada ikan (Seafood)

Cita rasa gurih alami pada daging ikan tidak sepenuhnya berasal dari asam glutamat saja. Tetapi rasa gurih itu muncul karena adanya kombinasi dari asam amino esensial lainnya beserta lemak baik pada ikan.   

bahan makanan lebih enak dan gurih karenda ada umami yang menjadi rasa dasar karena mengandung asam glutamat
Seafood adalah makanan yang memiliki rasa umami

Selain berfungsi untuk menciptakan rasa yang enak pada ikan. Asam glutamat yang terkandung dalam daging ikan juga memiliki fungsi penting lainnya untuk kesehatan tubuh kita. Bahkan kebermanfaatannya sudah terasa sejak kita mengunyah daging ikan di dalam mulut.

Adapun beberapa manfaat penting asam glutamat bagi kesehatan tubuh kita adalah sebagai berikut:

Mulut

Manfaat pertama glutamat yang terkendung dalam daging ikan ketika masuk kedalam mulut dapat berfungsi meningkatkan sekresi saliva. Sehingga daging ikan atau bahan makanan lainnya yang masuk ke dalam mulut dapat terkunyah dengan lebih baik.

Pencernaan

Ketika daging ikan atau bahan makanan lainnya yang mengandung asam glutamat alami telah terkunyah dengan cita rasa yang umami. Selanjutnya makanan akan masuk ke dalam sistem pencernaan.

Dalam sistem pencernaan asam glutamat mampu menstimulasi reseptor di dalam usus dan perut. Kemudian menghasilkan local action pada fungsi usus, serta melepaskan molekul pemberi sinyal yang penting untuk otak.

Baca Juga: Ikan Teri Adalah: Bentuk dan Manfaat

Sumber pembentuk rasa umami

Setiap jenis ikan memiliki rasa gurih yang berbeda. Hal ini disebabkan karena setiap ikan memiliki habitat dan variasi makanan yang juga berbeda.

Satu contoh yang mudah untuk membedakan rasa gurih alami pada ikan dapat kita lakukan dengan mengkonsumsi ikan budidaya dan liar. Ikan tongkol yang tertangkap dari laut lepas jelas memiliki rasa lebih gurih dari ikan lele dan patin.

Perbedaan rasa terjadi karena ikan tongkol mendapatkan lebih banyak beragam makanan alaminya dengan kandungan protein yang tinggi. Sedangkan ikan lele dan patin hanya mendapatkan satu jenis pakan buatan dengan kandungan protein yang terbatas.

Karena yang membuat daging ikan menjadi gurih atau tidaknya berasal dari faktor makanan yang mengandung protein tinggi atau rendah. Seperti udang dan ikan berukuran kecil yang mengandung lemak dan protein tinggi yang membuat bahan makanan ikan menjadi lebih enak.

Baca Juga: Cara Mengawetkan Ikan Secara Alami dan Modern

Contoh ikan dengan rasa gurih alami

Cara membuat masakan dengan rasa yang umami untuk keluarga sangatlah mudah. Cukup gunakan bahan makanan dari seafood. Terutama gunakanlah ikan yang berasal dari habitat kolom perairan atau ikan pelagis dan invertebrata laut seperti udang dan kerang.

Karena ikan pelagis dan invertebrata laut mengandung asam amino esensial dan lemak lebih tinggi yang membuat ikan menjadi lebih gurih.

Adapun contoh bahan makanan yang terkenal memiliki rasa umami alami yang jauh lebih enak dari lainnya adalah sebagai berikut:

Ikan pelagis: Tongkol, tuna, teri, kembung, selar, layang, dan cakalang.

Invertebrata laut: Udang – udangan dan kerang.

Cukup mudah bukan cara membuat masakan keluarga dengan rasa yang lebih umami untuk meningkatkan nafsu makan. Serta mengandung beragam nutrisi yang dapat meningkaktan kesehatan tubuh dan kecerdasan otak anak.

Baca Juga: