4 Manfaat Kunyit Untuk Ikan

Last Updated on 29 August 2021 by Adha Susanto

Bahan alami seperti kunyit memiliki ragam manfaat. Salah satunya untuk kesehatan dalam budidaya ikan. Manfaat kunyit untuk kesehatan budidaya ikan sudah banyak terbukti secara ilmiah. Kandungan senyawa aktifnya mampu menjaga kualitas air budidaya dari penyebab penyakit. Berikut adalah uraian singkat manfaat air dan ekstrak kunyit untuk kesehatan ikan yang terhimpun dari berbagai sumber ilmiah.

1. Kunyit memiliki manfaat untuk kesehatan pencernaan

Pemberian tepung kunyit pada pakan ikan budidaya memiliki manfaat untuk kesehatan pencernaan. Kandungan kurkumin kunyit menstimulasi enzim pencernaan. Dengan terstimulasinya enzim maka dapat lebih optimal dalam pemberian pakan.

Kandungan kurkumin pada kunyit sebanyak 9,61% dan minyak atsirinya sebanyak 3,18%. Kurkumin pada kunyit dapat merangsang dinding kantung empedu. Serta mengeluarkan cairan empedu ke dalam usus halus. Cairan tersebut memiliki manfaat untuk meningkatkan pencernaan lemak, karbohidrat dan protein. Sehingga penyerapan nutrisi dapat meningkat.

Sedangkan minyak atsiri kunyit memiliki manfaat terhadap kesehatan juga. Yakni mampu mencegah keluarnya asam lambung yang berlebihan. Sehingga lambung tidak akan terlalu asam.  Kondisi lambung yang tidak terlalu asam dapat memudahkan penyerapan nutrisi dari makanan yang di perankan oleh usus halus. Optimalnya penyerapan nutrisi pakan maka akan meningkatkan keuntungan budidaya ikan. Air pada kolam budidaya pun dapat terjaga kualitasnya karena pakan tidak akan terbuang sia-sia yang dapat menyebabkan amoniak.

2. Meningkatkan kandungan protein tubuh ikan

Pemberian ekstrak kunyit memiliki manfaat untuk meningkatkan kandungan protein pada ikan budidaya. Menurut hasil penelitian Putri et al kandungan protein pada ikan meningkat hingga 58,13% dan menurunkan lemak hingga 22,11%.

Kandungan protein yang meningkat karena ikan mampu menyerap protein dari pakan. Penyerapan yang baik dalam pencernaan karena kunyit menstimulasi enzim. Sehingga proses pencernaan dalam usus dapat terproses dengan cepat.

Lemak pada tubuh ikan yang menurun karena reaksi zat aktif kurkumin. Kurkumin pada kunyit merangsang sekresi cairan empedu menjadi lebih cepat. Maka terjadilah peningkatan cairan pada empedu yang mengakibatkan turunnya kadar lemak.

3. Air rendaman kunyit memiliki manfaat untuk kesehatan telur ikan

Pada kegiatan budidaya pembenihan ikan, daya tetas telur yang tinggi adalah keinginan utama. Terdapat sebuah penelitian ternyata air kunyit memiliki manfaat untuk telur dapat lebih cepat menetasnya. Rendaman air ekstrak kunyit berpengaruh terhadap meningkatnya kemampuan telur untuk menetas sekaligus menjaga kesehatan larva.

Kurkuminoid bahan aktif pada rendaman air kunyit yang menyebabkan telur menjadi lebih besar. Membesarnya telur inilah yang menyebabkan menipisnya cangkang telur. Sehingga telur akan menetas lebih cepat. Serta membantu embrio dapat berkembang dengan lebih aktif.

4. Menghambat dan membunuh patogen penyebab penyakit  

Penyakit adalah salah satu masalah dalam budidaya ikan. Mikroorganisme seperti bakteri dan jamur adalah penyebabnya ikan sakit. Maka perlu bahan senyawa aktif untuk dapat mencegah dan membunuh mikrooragnisme tersebut. Bahan senyawa aktif itu salah satunya adalah kurkumin pada air dan ekstrak kunyit yang memiliki manfaat untuk kesehatan ikan budidaya. Yakni sebagai zat anti bakteri dan anti jamur.

Aplikasi kunyit untuk kesehatan budidaya ikan air tawar khususnya dapat memberikan kinerja yang baik. Ikan pada rendaman air kunyit dapat menghilangkan mikroorganisme yang menempel pada tubuh ikan.

Senyawa kurkumin adalah senyawa pada kunyit yang memiliki manfaat untuk budidaya ikan air tawar. Karena senyawa kurkumin termasuk dalam turunan fenolitik yang bersifat asam dapat membunuh mikroorganisme. Maka pengaplikasian air kunyit untuk kesehatan ikan sangat baik. Selain itu penggunaan bahan alami tentunya mudah kita jumpai dengan harga yang terjangkau.

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Ilmu Kelautan dan Pramuka Universitas Diponegoro

View all posts by Adha Susanto →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *