Obat Ikan Jamuran dan Kutuan Pada Ikan Koi

Last Updated on 29 August 2021 by Adha Susanto

Ikan sakit banyak tersebabkan karena serangan organisme parasit. Organisme parasit yang sering menyerang ikan adalah bakteri, jamur, kutu, dan sporozoa. Untuk menanganinya para pembudidaya cupang dan ikan hias lainnya merekomendasikan nama obat biru, dimilin, kutu killer dan melafix. Obat tersebut memiliki manfaat untuk mengobati penyakit seperti jamuran dan kutu pada ikan cupang, koi, koki.

Obat ikan jamuran

Jamur adalah salah satu organisme parasit pada ikan. Ikan yang terserang jamur akan tampak tidak sehat dan sisiknya tampak berwarna putih. Para pembudidaya ikan banyak merekomendasikan berbagai macam obatan komersial yang instan dan terjangkau. Fungsi obat ikan yang terekomendasikan pun sangatlah ampuh. Apabila menggunakan dosis yang sesuai.

Nama obat ikan komersial yang banyak terekomendasikan oleh pembudidaya ikan hias adalah obat biru dan melafix.

Obat biru untuk ikan cupang jamuran

Pembudidaya ikan hias seperti cupang banyak merekomendasikan obat biru untuk pengobatan yang manjur. Obat biru juga memiliki manfaat lain selain untuk menangani ikan cupang terserang jamur. Namun, juga berfungsi untuk pengobatan akibat serangan bakteri dan sporozoa.

Penggunaan obat biru untuk mengobati ikan yakni setiap dua tetes obat untuk setiap satu liter. Kemudian rendamkanlah ikan yang terserang penyakit hingga tiga sampai lima hari.

Obat melafix

Melafix adalah obat ikan yang bermanfaat pula untuk menghilangkan penyakit jamuran. Selain itu melafix juga berfungsi untuk mengobati kerusakan sirip, borok dan luka terbuka. Penggunaannya yakni setiap lima mili obat untuk tiga puluh delapan liter air.

Obat ikan selain karena jamuran

Selain karena jamuran ikan dapat pula terserang oleh organisme kutu. Kutu yang menempel pada ikan akan menghisap nutrisi dan membuat pembengkakan pada tubuhnya. Apabila terbiarkan lama maka ikan akan mengalami penurunan aktivitas karena nutrisinya terserap oleh kutu.

obat biru dan melafix ikan jamuran cupang kutu ikan koi manfaat
Ikan koi / unsplash.com

Beberapa nama obat yang terekomendasikan untuk mengatasi kutu adalah dimilin dan kutu killer.

Dimilin

Berbeda dengan obat yang sebelumnya dalam mengatasi ikan jamuran dimilin mampu membunuh organisme parasit seperti kutu pada ikan koi. Atau pun ikan hias lainnya. Penggunaan satu gram dimilin untuk satu ton air budidaya ikan. Lama perendaman ikan pada larutan dimilin selama satu minggu.

Kutu killer

Sesuai dengan namanya obat mampu membunuh kutu pada ikan koi dan ikan lainnya. Pengaplikasian obat ini khusus melalui oral saja. Yakni mencampurkan larutan obat pada pakan.

Penggunaan setiap satu mili obat untuk satu kilo gram pakan. Pertama – tama campurkan satu mili obat pada 250 liter air. Aduk hingga obat larut dalam air. Setelah larut kemudian siramkanlah pada pakan dan kemudian pakan di diamkan selama 10 – 15 menit. Tujuannya agar larutan obat meresap dengan baik pada pakan.

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Ilmu Kelautan dan Pramuka Universitas Diponegoro

View all posts by Adha Susanto →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *