3+ Manfaat Daun Pepaya untuk Ikan

Last Updated on 8 December 2023 by Adha Susanto

Estimated reading time: 3 minutes

Daun pepaya selain memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata juga bermanfaat untuk ikan. Pasalnya kandungan senyawa kimia daun pepaya berfungsi untuk mencegah berbagai penyakit akibat bakteri patogen pada ikan. Berikut penjelasan selengkapnya.

Terkenal dengan rasanya yang sangat pahit, daun pepaya sudah dari dulu banyak termanfaatkan sebagai tanaman herbal keluarga yang kaya khasiat.

Tidak hanya bermanfaat sebagai tanaman herbal keluarga. Kini pemanfaatannya semakin meluas salah satunya untuk menjaga kesehatan dan kualitas air kolam ikan.

Simak ragam manfaat lainnya di artikel berikut ini ya.

Baca Juga: 4 Manfaat Kunyit Untuk Ikan

Kandungan senyawa kimia

Ragam khasiat yang terkandung dalam obat tanaman keluarga bersumber dari kandungan senyawa kimia alami.

Senyawa-senyawa kimia tersebut dapat bereaksi untuk menghambat pertumbuhan bakteri patogen penyebab penyakit dan meningkatkan imun tubuh.

Diantara banyak senyawa kimia yang terkandung dalam daun pepaya. Berikut beberapa senyawa yang memiliki pengaruh paling besar dalam menjaga kesehatan ikan dari serangan penyakit akibat bakteri dan jamur.

Polifenol

Senyawa polifenol merupakan hasil dari metabolisme sekunder semua jenis tanaman salah satunya ada pada pepaya. Kelompok senyawa fenol dari beragam tanaman terkenal sebagai sumber antioksidan alami yang memberikan manfaat untuk menjaga imunitas tubuh.

Alkaloid

Hasil metabolisme sekunder lainnya yang ada di tanaman adalah alkaloid. Senyawa alkaloid sering terjumpai pada bagian daun, ranting, biji dan kulit batang.

Manfaat dari senyawa alkaloid sangat beragam, beberapa diantaranya adalah untuk memacu sistem saraf, mengurangi rasa sakit, dan sebagai antimikroba.

Flavanoid

Keberadaan senyawa flavanoid dalam daun pepaya bersifat antioksidan yang fungsinya untuk menangkal radikal bebas dari lingkungan.

Sebagai senyawa aromatik flavanoid dapat memiliki manfaat untuk memberikan perlindungan tubuh ikan dari penyakit.

Pasalnya daun pepaya yang mengandung flavanoid memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menghambat bakteri atau jamur penyebab penyakit ikan.

manfaat daun pepaya untuk ikan lele, koi, nila
Daun pepaya di kolam budidaya ikan / Jualikankoi.id

Enzim papain

Bahan kimia selanjutnya yang terkenal akan kebermanfaatannya untuk kesehatan ikan adalah enzim papain.

Enzim papain adalah jenis senyawa kimia yang juga memiliki kemampuan dalam memecah protein bakteri patogen penyebab penyakit.

Baca Juga: Manfaat Daun Ketapang untuk Ikan Hias

Manfaat kandungan daun pepaya untuk ikan

Mudah untuk di dapat dan tersedia dalam jumlah melimpah. Daun pepaya dapat termanfaatkan untuk keperluan budidaya ikan lele, nila, dan koi.

Melansir dari berbagai laman kegunaan daun pepaya dalam budidaya ikan meliputi:

Menstabilkan pH perairan kolam

pH perairan kolam yang tidak konsisten, karena kondisi cuaca dapat kita jaga kestabilannya menggunakan ekstrak daun pepaya.

Daun yang masih segar di remas-remas halus, kemudian rendamlah pada air bersih dan jangan lupa tambahkan garam krosok.

Setelah perendaman kurang lebih satu jam, pisahkan air dari remasan daun menggunakan saringan. Lalu bubuhkan larutan daun pepaya kedalam kolam yang pH perairannya tidak stabil.

Menenangkan ikan

Air perasan daun pepaya selain berfungsi untuk menstabilkan ikan juga dapat menenangkan ikan. Hal ini di karenakan perairan dengan pH stabil lebih di sukai oleh ikan untuk aktif dan tumbuh lebih maksimal.

Meningkatkan imun tubuh ikan

Selain menjaga kestabilan perairan daun pepaya yang memiliki beragam kandungan senyawa kimia sangat bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh ikan.

Imunitas tubuh yang kuat sangat di perlukan agar ikan tidak mudah terserang penyakit dan nafsu makan tetap terjaga.

Ketika imunitas itu terbentuk ikan budidaya pun dapat tumbuh dengan optimal dan masa panen akan tiba lebih cepat.

Agar dapat membentuk imunitas dengan cepat maka manfaatkan ekstrak daun pepaya pada campuran pakan.

Caranya dengan merendam pakan komersil pada air perasan daun pepaya dengan sedikit garam. Lalu tambahkan EM4 perikanan untuk meningkatkan aroma khas yang di sukai oleh ikan dan menambah bakteri baik pada pencernaannya.

Baca Juga: