Ciri Ikan Layang Laut dan Manfaat

Last Updated on 4 September 2022 by Adha Susanto

Ikan layang tergolong pelagis kecil yang memiliki ciri tubuh berbentuk torpedo dan mendiami habitat perairan laut produktif. Lalu apa saja ciri dan manfaat mengkonsumsi ikan layang air laut? Berikut uraian selengkapnya.

Banyak terjumpai pada seluruh kawasan perairan ikan pelagis kecil dengan genus Decapterus terdiri dari 25 jenis. Enam jenis diantaranya hidup pada perairan Indonesia dan menjadi komoditi nelayan menggunakan alat tangkap purse seine dan pole and line.

Bentuk tubuh ikan bergenus Decapterus ini tidaklah jauh berbeda dari jenis ikan pelagis kecil lainnya. Bentuk tubuhnya yang memanjang seperti torpedo dan agak gepeng merupakan ciri ikan pelagis sebagai perenang handal.

Sedangkan ciri khasnya yang membedakan dengan ikan pelagis kecil lainnya terletak pada jumlah alat gerak (sayap atau sirip).

Penamaan genus Decapterus sp. pun berasal dari dua kata yakni “Deca” yang berarti sepuluh dan Pteron” yang berarti sayap. Jadi Decapterus adalah ikan yang memiliki sayap atau sirip berjumlah sepuluh.

Simple Calculator Lite

Adapun beberapa ciri ikan layang air laut adalah sebagai berikut:

  1. Betina lebih besar dari jantan
  2. Memiliki sepuluh sayap
  3. Terdapat dua sirip punggung
  4. Sirip ekor berbentuk homocercal
  5. Punggung ikan berwarna biru atau hijau metalik dan tersusun dari 44 – 75 sisik
  6. Perutnya berwarna keperakan dan tersusun sisik sebanyak 14 – 29 buah

Baca Juga: Ciri Ikan Belanak Manfaat dan Habitat

Habitat ikan

Dari sisi kehidupannya ikan pelagis kecil senang bermigrasi dari satu tempat ke tempat lain. Menggunakan sensor pendengaran dan pengehlihatan serta kerjasama yang sangat bagus antar sensornya. Pelagis kecil memiliki kemampuan berenang yang luar biasa untuk menemukan makanan dan menghindari predatornya.

Sedangkan ciri khas pelagis kecil untuk menghalau predatornya mereka akan berenang secara bergerombol. Dengan bergerombol predator akan mengira bahwa musuhnya itu sangat besar dan lebih ganas.

Dalam perburuannya (migrasi) untuk mencari makanan sebagai sumber energi. Ikan layang pada habitat alaminya mengikuti sebaran suhu permukaan dan parameter oseanografi lainnya. Seperti kandungan garam terlarut dan kejernihan air.

Sehingga aktivitas penangkapan nelayan umumnya berada di tengah laut yang jernih. Dengan perkiraan jarak 20 – 30 mil dari pantai untuk menjumpai gerombolan ikan segar siap konsumsi.

manfaat konsumsi ikan layang yang hidup pada habitat air laut produktif
Decapterus sp. / Fishbase

Reproduksi ikan layang

Untuk menjaga populasinya ikan pelagis kecil melakukan pemijahan sepanjang tahun. Dan salah satu ciri ikan siap kawin yakni memiliki panjang tubuh 25 – 30 cm. Sedangkan waktu yang di perlukan untuk ikan mencapai panjang maksimum untu siap kawin kurang lebih selama 4 tahun.

Namun, hal itu juga bergantung pada faktor ketersediaan makanan utamanya yakni ikan kecil. Serta sampingan berupa fitoplankton dan zooplankton.

Manfaat ikan layang laut

Umumnya keseluruhan ikan yang tergolong sebagai ikan pelagis memiliki manfaat yang besar secara ekonomi dan kesehatan.

Sehingga menjaga populasinya agar tetap lestari menjadi jaminan utama agar kita dapat menikmati manfaat ikan layang.

Kandungan gizi dan asam lemak tak jenuh ikan pelagis umumnya memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecerdasan otak anak.

Adapun beberapa manfaat konsumsi ikan pelagis kecil ini bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

Mata

Vitamin A yang terkandung dalam ikan juga dapat membantu menjaga kesehatan mata serta mencegah permasalahan lainnya.

Jantung

Karena mengandungan sejumlah asam lemak tak jenuh ganda yang dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat (LDL). Maka dengan mengkonsumsi ikan ini dapat mencegah terjadinya artherosclerosis, serangan jantung, dan stroke.

Kulit

Omega-3 dan selenium pada ikan layang adalah asam lemak tak jenuh yang dapat membantu mempertahankan kesehatan kulit. Seperti untuk menghaluskan kulit, mencegah jerawat, dan mengurangi kemungkinan keriput. Serta hal – hal yang berkaitan dengan permasalah kulit seperti penuaan dini dan kanker kulit.

Perbaikan sel dan jaringan tubuh

Protein tinggi dalam ikan layang dapat membantu fungsi dan efisiensi metabolisme sel. Serta perbaikan jaringan ikat dan pertumbuhan sel-sel baru dalam tubuh.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Beragamnya kandungan gizi seperti vitamin dan mineral dalam ikan layang laut dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga mengkonsumsi ikan secara rutin bermanfaat untuk membuat tubu tidak mudah sakit.

Baca Juga:

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Ilmu Kelautan dan Pramuka Universitas Diponegoro

View all posts by Adha Susanto →