Khasiat Kayu Secang Untuk Ikan Cupang

Last Updated on 29 August 2021 by Adha Susanto

Semakin pesatnya kemajuan teknologi riset maka informasi yang bermanfaat akan terus bertambah. Salah satu informasinya adalah manfaat air kayu secang sebagai bahan alam untuk budidaya ikan cupang. Kayu secang telah terbukti secara empiris oleh masyarakat untuk bahan obat-obatan tradisional. Dan seiring berjalannya waktu. Teknologi mampu membuktikan secara ilmiah akan manfaat kayu secang. Kandungan senyawa fenolik, flavanoid, antioksidan, antiinflamasi dan lain-lain. Penemuan akan kandungan senyawa pada kayu secang menjadi bukti hasil kemajuan teknologi untuk memperoleh informasi. Bahan senyawa itu ternyata mampu mengurangi penyebab penyakit pada ikan cupang. Dan cara menggunakan air kayu secang pun cukup mudah.

Berikut adalah uraian singkat manfaat air perasan kayu secang untuk budidaya ikan cupang.

Kandungan kayu secang

Kayu secang adalah kayu yang termasuk pada suku Caesalpiniceae yang tersebar luas di Indonesia. Manfaat kayu ini sudah terkenal luas. Bahkan nama lokal kayu secang ini sangat bervariasi. Orang Jawa menyebutnya dengan nama kayu soga, orang Bali menyebutnya kayu cang dan lain-lain.

Kandungan bahan kimia pada perasan air atau ekstraksi kayu secang adalah fenolik, flavonoid, tanin, polifenol, kardenolin, antrakinon. Kandungannya memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia dan hewan sekalipun. Karena tubuh akan memperoleh antioksidan dan antiinflamasi. Yang mempunyai manfaat untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit pada tubuh.

Manfaat air perasan untuk ikan cupang

manfaat air perasan kayu secang untuk penyakit ikan cupang
Manfaat Perasan Air Kayu Secang (Freepik)

Kayu secang pun sudah terknal oleh masyarakat tradisional. Air perasan kayu secang ini menjadi ramuan atau minuman masyarakat. Manfaat air perasan kayu ini adalah untuk mengobati diare, disentri batuk darah dan malaria. Serta dapat menyembuhkan luka karena mengandung senyawa brazilin.

Air perasan kayu secang untuk budidaya ikan cupang memiliki manfaat untuk menyehatkan ikan. Kandungan antioksidan pada bahan-bahan kimianya memberikan manfaat untuk mengurangi resiko terserang penyakit. Seperti penyakit dari bakteri dan jamur.

Manfaat bahan kimia pada kayu

Ikan yang sehat ini pula akan memberikan penampilan menarik pada ikan. Badannya dapat lebih besar dan gesit aktivitasnya. Maka air perasan kayu secang dapat mengurangi resiko kematian dan kerugian budidaya.

Cara menggunakan kayu secang untuk ikan cupang

Untuk mengolah kayu menjadi ramuan ikan. Maka kayu harus di ekstraksi di air dengan suhu 60 derajat celcius. Proses ekstraksi selama 30 menit dengan keadaan pH netral. Setelah itu air rebusan secang di saring. Barulah tuangkan pada air budidaya ikan secang secukupnya.

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Ilmu Kelautan dan Pramuka Universitas Diponegoro

View all posts by Adha Susanto →

Leave a Reply

Your email address will not be published.