Ikan Neon Tetra: Ciri Indukan Siap Kawin

Last Updated on 30 November 2021 by Adha Susanto

Berasal dari perairan Amazon dengan ciri khasnya ikan neon tetra adalah ikan hias yang populer. Selain karena warnanya yang cantik perawatan ikan terbilang mudah, sebab makanan ikan yang begitu beragam. Serta ikan hias ini pun mudah untuk kawin pada saat waktu pemijahannya sudah sampai.

Ciri khas kehidupan ikan hias ini adalah bergerombol dan memiliki ukuran kecil berkisar 2 – 4 cm.  Warna yang cerah dan harga relatif murah adalah dua keunggulan sebagai daya tarik utamanya.  

Ciri indukan ikan neon tetra siap kawin

Untuk memperbanyak jumlah populasi ikan neon terbilang cukup mudah. Kita hanya perlu mengawinkannya dengan indukan yang sudah siap kawin.

makanan perawatan dan ciri ikan neon tetra siap kawin
Neon tetra fish / unsplash

Pada saat ingin mengawinkan dua jenis indukan. Indukan jantan dan betina yang harus kita siapkan harus sesuai perbandingan rasio kelamin yakni 2 : 1. Agar telur dapat terbuahi dengan maksimal.

Adapun untuk mendapatkan indukan jantan dan betina ikan yang siap kawin kita harus mencermati beberapa ciri utamnya.

Simple Calculator Lite

Berikut adalah beberapa ciri indukan jantan dan betina ikan neon tetra siap kawin:

Jantan

  1. Tubuhnya lebih kecil dan ramping
  2. Pergerakannya lebih agresif
  3. Warnanya lebih mencolok

Betina

  1. Perut ikan lebih buncit karena terdapat telur
  2. Gerakannya lamban
  3. Warna tidak terlalu cerah

Ketika sudah mendapatkan indukan ikan dengan ciri siap kawin maka selanjutnya dapat menyiapkan wadah pemijahan.

Baca Juga: Ciri Ikan Koki Jantan dan Betina Siap Kawin

Wadah pemijahan adalah akuarium gelap tanpa penetrasi cahaya. Serta aerasi untuk mensuplai oksigen. Dan tanaman air seperti eceng gondok untuk melekatkan telur – telur ikan neon tetra.

Pemijahan ikan akan terjadi secara alami saat malam hari selama kurang lebih tiga jam. Setelah itu pagi hari aka terlihat telur – telur yang terbuahi dan yang tidak terbuahi.

Ciri telur ikan telur sudah terbuahi sel sperma akan berwarna bening. Sedangkan yang tidak terbuahi akan berwarna putih keruh.

Telur ikan neon tetra akan menetas selama 24 jam. Syarat utama keberhasilan penetasan telur tidak boleh terpapar sinar. Sebab telur ikan bersifat photopobic atau sensitif terhadap cahaya. Maka perlu perawatan ekstra agar semaksimalnya telur ikan tidak terpapar cahaya.

Makanan ikan

Ikan yang bersifat omnivora maka makanan sangatlah beragam. Pada habitat aslinya ikan bisa makan tumbuhan dan zooplankton. Tapi saat perawatan dalam akuarium sangat kecil kemungkinannya ikan mau makan tumbuhan air seperti lumut.

Baca Juga: Cara Kultur Artemia Untuk Larva Ikan

Makanan utama ikan neon tetra dalam akuarium adalah pelet dan zooplankton.

Lain hal pula untuk perawatan larva ikan. Selama satu sampai dua hari larva mendapatkan makanan dari kuning telurnya yang tersisa. Setelah tiga hari lebih maka makanan utama ikan adalah zooplankton dengan ukuran kecil.

Zooplankton sebagai makanan larva dan ikan dewasa yang muda terjumpai adalah kutu air dan artemia terdekapsulasi.

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Ilmu Kelautan dan Pramuka Universitas Diponegoro

View all posts by Adha Susanto →

Leave a Reply

Your email address will not be published.