Ikan Arwana dan 8 Hal yang Menyebabkannya Istimewa

Last Updated on 6 April 2023 by Adha Susanto

Estimated reading time: 6 minutes

Super Red adalah satu dari banyak jenis ikan hias arwana istimewa yang diperdagangkan dengan sertifikat kepemilikan resmi. Lalu, apa istimewanya ikan arwana yang gemar makan ikan kecil selain keindahan warna dan bentuk tubuhnya?

Sebagai ikan air tawar dengan nilai jual yang sangat tinggi dan istimewa. Berikut adalah uraian menarik beberapa spesies dan keistimewaan dari arwana yang dapat kita simak bersama.

Baca Juga: Ikan Lalawak Hias atau Ikan Balar

Jenis ikan arwana hias

Walau berstatus hewan dilindungi, tetapi permintaan ikan arwana dengan sertifikat resmi di pasar terus meningkat.

Sehingga banyak penangkaran resmi berbadan hukum terus berkembang untuk memenuhi keinginan para kolektor ikan hias. 

Dan di bawah ini adalah beberapa jenis ikan arwana hias yang sangat populer di kalangan masyarakat.

Super Red Arwana

Habitat asli Super Red adalah Sungai Kapuas dan Danau Sentarum di Provinsi Kalimantan Barat.

Istimewanya arwana Super Red yang berwarna merah telah menutupi seluruh bagian tubuhnya termasuk pada sirip, tutup insang, hingga sungut.

Golden Cross Back Arwana

Pada usia dewasa varietas Golden Cross Back berwarna emas menyelimuti tubuh hingga melewati punggungnya.

Jenis arwana ini pun bukan spesies endemik Indonesia, melainkan dari perairan Malaysia seperti di Perak, Trengganu, Danau Bukit Merah, dan Johor.

Arwana Golden Cross Back / KKP

Karena Golden Cross Back sulit terjumpai, maka harga jenis ini pun relatif lebih tinggi di antara arwana lainnya.

Golden Red Arwana

Memiliki warna yang hampir mirip seperti varietas Golden Back dengan warna emas menyelimuti tubuhnya. Varietas Golden Red juga memiliki warna emas yang sama, namun tidak menyelimuti hingga melewati punggung.

Tidak seperti Gloden Cross Back yang berasal dari perairan Malaysia. Arwana Golden Red merupakan spesies dari perairan daerah Mahato, Riau.

Green Arwana

Dapat kita jumpai di beberapa daerah di Indonesia, namun lebih banyak terjumpai di Thailand, Malaysia, Myanmar, dan Kabmboja. Green Arwana adalah jenis ikan yang memiliki warna istimewa, yakni kelabu kehijauan dengan pola garis-garis berwarna gelap pada ekornya.

Arwana Banjar

Berdasarkan penampakannya arwana Banjar memiliki warna sirip orange pucat dan ekor berwarna orange atau kuning.

Arwana Bajar dikatakan sebagai arwana kelas dua yang tidak memiliki warna merah di badan maupun pipi. Sehingga arwana Banjar merupakan arwana yang bukan dari strain murni arwana merah.

Arwana Silver

Ingin memiliki arwana dengan harga tidak mahal, maka spesies satu ini dapat menjadi jawaban keinginan Anda.

Ciri khas dari jenis arwana ini terdapat pada warna silver yang menyelimuti seluruh bagian tubuhnya. Penampilannya akan lebih menawan ketika tumbuh dewasa dengan tubuh dan sirip yang panjang dan berwarna kontras dengan air akuarium.

Arwana yang berasal dari perairan Amerika Selatan ini pun mudah kita jumpai, karena sudah banyak di kembangbiakan di Indonesia.

Arwana Irian

istimewanya ikan arwana jardini dari Irian
Scleropages Jardini / KKP

Istimewanya ikan arwana yang berasal dari pulau Irian terdapat pada warna dasar hitam kecoklatan dengan bintik-bintik kuning keemasan di tengah sisik. Bintik keemasan ini pun menyebar dari pipi, sirip dada, dan ekor ikan.

Baca Juga:

Istimewanya ikan arwana

Selain terlihat cantik karena warna dan bentuk tubuhnya. Spesies ikan air tawar satu ini memiliki keistimewaan lainnya dari sisi kehidupan di habitat aslinya.

Tidak tahan air laut atau payau

Arwana adalan spesies yang termasuk dalam ordo Osteoglossiformes. Ikan yang termasuk dalam ordo Osteoglossiformes merupakan jenis ikan yang tidak bisa bertahan hidup (intoleran) terhadap air yang mengandung garam.

Ikan arwana adalah spesies asli Asia Tenggara dan Australia

Habitat asli ikan hias satu ini lebih terdominasi dari perairan Asia Tenggara dan Australia.

Di perairan Indonesia arwana berkualitas banyak di jumpai di Provinsi Kalimantan Barat dengan spesies ternamanya adalah Super Red.

Sedangkan arwana yang berasal dari perairan Australia adalah Scleropages leichardll yang juga terjumpai pada perairan pulau Irian, Indonesia.

Nah, spesies arwana di luar perairan Asia Tenggara dan Australia dan sangat populer di masyarakat adalah Arwana Silver yang berasal dari Amerika Latin.

Ikan mouth breeder

Generasi penerus arwana dengan tubuh dan warna yang cantik lahir dari mulut ksatria bertanggung jawab.

Sifat ksatria ikan terbuktikan dari pengorbanan pejantan yang harus berpuasa selama dua minggu hinga larva siap dimuntahkan. Karena itu, arwana termasuk dalam jenis mouth breeder sebagai bagian dari resiko yang harus ditanggung dalam proses pemijahan.

Baca Juga: Ikan yang Mengerami Telurnya di dalam Mulut (Mouth Breeder)

Karnivora air tawar

Makanan utama ikan arwana adalah ikan berukuran kecil, serangga, kodok, dan hewan lainnya berukuran kecil. Dari kebiasan makan sehari-harinya ikan arwana tergolong sebagai salah satu karnivora air tawar yang bersifat predator.

Ikan arwana dilindungi

Keberadaan arwana sebagai ikan yang gemar makan ikan atau hewan lainnya berukuran kecil kini semakin sulit untuk dijumpai.

Oleh karena itu, status arwana telah terdaftar dalam Appendiks I CITES. Dan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 1 Tahun 2021 tentang Jenis Ikan Dilindungi.

Memiliki pigmen kromatofor

Keindahan warna sisik menentukan tinggi atau rendahnya nilai jual berbagai jenis ikan hias air tawar dan laut.

Warna sisik pada berbagai jenis ikan dipengaruhi oleh pigmen yang dimilikinya. Perubahan warna sisik dapat terjadi setiap tahun, karena pengaruh letak kromatofor dan makanannya.

Untuk itu warna ikan merupakan ekspresi dari pegerakan dan penyebaran butir-butir pigmen (kromatofor) yang berada dalam lapisan dermis pada kulit.

Menyebar atau menumpuknya kromatofor pada lapisan sel akan menentukan cerah atau pudarnya warna sisik ikan.

Sehingga tampilan tubuh ikan akan berwarna cerah jika butir kromatofor menyebar ke seluruh sel. Warna sebaliknya dapat terbentuk jika terjadi penumpukan kromatofor pada satu titik.

Harga ikan arwana sangat mahal

Sebagai ikan yang gemar makan daging menjadi faktor lain yang menyebabkan tingginya nilai perawatan dan jual arwana.

Tidak heran jika harga jual dari ikan hias ini sangat fantastis. Contoh pada ikan Super Red dewasa dapat menyentuh harga jual mencapai Rp. 50 juta.

Sertifikat ikan arwana dan mikrocip RFID

Sebagai salah satu hewan yang tergolong sangat langka, namun masih boleh untuk diperdagangkan. Setiap pembelian dan kepemilikan terhadap ikan arwana harus legal dengan bukti sertifikat resmi dari pihak penyedianya.

Melansir dari laman KKP berikut adalah perusahaan penyedia arwana siap jual hasil pengembangbiakan yang legal:

  1. CV. Agro Mega Arwana
  2. PD. Arwana Pulau Belumba
  3. PD. Indo Aquarium
  4. PT. Nusantara Arwana Indonesia
  5. PT. Wajok Intilestari
  6. PD. Hengki Red dan
  7. PD. Cahaya Arwana Nusantara

Untuk terus memantau legalitas dan peredarannya di bawah kulit arwana telah tertanam mikrocip menggunakan teknologi Radio Frequency Identification (RFID).

Mikrocip RFID adalah transponder berukuran sebutir beras yang menyimpan data semua tentang penyakit, pemilik, dan peredarannya.

Istimewanya ikan hias arwana yang tertanam mikrocip jika hilang akan mudah ditemukan kembali melalui pelacakan sinyal radio.

Baca Juga: