Ciri Ikan Lemon: Makanan dan Jenis

Last Updated on 4 September 2022 by Adha Susanto

Memiliki ciri tingkah laku agresif apakah ikan lemon hias termasuk jenis predator yang mampu hidup tanpa aerator akuarium? Untuk lebih lengkapnya berikut beberapa jenis dan makanan favorit ikan lemon galak, namun sangat cantik dengan warna kuning cerahnya.

Neolamprologus sp. merupakan genus dari ikan yang memiliki warna kuning cerah seperti buah lemon. Jenis ikan hias ini pun bukanlah spesies asli Indonesia. Namun, sebagai spesies introduksi atau ikan asing dari perairan Arfrika yang masuk sebagai komoditi ikan hias.

Dari ciri tingkah lakunya ikan lemon sangat agresif dan rakus, namun apakah benar termasuk contoh jenis ikan predator?

Ikan lemon yang begitu populer di masyarakat umumnya berjenis Electric Yellow Chiclid. Jenis tersebut tergolong sebagai ikan rakus dan usil kepada ikan yang lebih kecil.

Ada pula ikan lemon yang sangat galak, besar dan tergolong predator yakni jenis Malawi eye beter. Ukurannya yang besar mampu memangsa ikan kecil dan sangat tidak cocok jika di gabungkan dengan ikan lainnya.

Simple Calculator Lite

Lalu jenis ikan lemon apakah yang cocok untuk koleksi akuarium non predator dan mampu hidup tanpa aerator? Berikut rangkuman berbagai jenis lemon galak dan tidak galak yang sayang jika terlewatkan.

Ciri ikan lemon

Sekilas mirip seperti ikan nila. Jenis ikan hias yang agresif dan populer di kalangan masyarakat ini memiliki ciri – ciri sebagai berikut:

  1. Tubuhnya memiliki dasar warna kuning cerah atau orange
  2. Sirip punggung berwarna hitam
  3. Mempunyai garis putih memanjang dari pangkal punggung hingga ke belakang
  4. Ujung sirip punggung berwarna kuning cerah
  5. Sirip perut berwarna kuning transparan
  6. Ekor berbentuk truncate

Pada umumnya ikan lemon yang populer di kalangan masyarakat memiliki warna dasar tubuh kuning cerah. Tetapi terdapat pula beberapa jenis yang tidak berwarna kuning.

jenis ikan lemon yang hidup menggunakan aerator dengan makanan pelet komersil
Ikan lemon

Jenis ikan lemon

Termasuk dalam famili Cichlidae ikan hias agresif ini memiliki beberapa jenis yang populer sebagai koleksi akuarium.  Berikut rangkuman beberapa jenisnya yang terhimpun dari hewan air info.

Livingstoni Cichlid

Ciri ikan lemon jenis lemon Livingstoni Cichlid memiliki warna dasar putih dengan corak hitam ataupun biru. Sedangkan siripnya berwarna biru, orange, ataupun bintik-bintik dan garis putih. Pada habitat aslinya ikan ini memiliki kemampuan berkamuflase dengan merubah warna tubuhnya sesuai dengan warna lingkungannya.

Baca Juga: Ciri Ikan Kekel dan Manfaat

Electric Yellow Chiclid

Jenis yang sangat populer dan banyak di minati oleh pencita akuarium. Ikan lemon kuning ini dapat menjadi koleksi di akuarium rumah yang dapat hidup tanpa aerator.

Tetapi yang menginginkan ikan lemon dapat hidup dan tumbuh dengan cepat akuarium tanpa aerator bukanlah hal yang tepat. Karena akuarium tanpa aerator tidak optimal untuk membuat ikan bernafsu makan. Dan pertumbuhannya lamban karena minimnya suplai oksigen terlarut dalam air.

Blue moori

Hampir mirip sebagai ikan lemon biru. Ikan lemon blue moori memiliki ciri khas pada kepalanya yang berbentuk seperti louhan yakni berkepala jenong.

Malawi eye beter

Mencari ikan lemon dengan ukuran besar dan galak. Maka jenis malawi eye beter menjadi pilihan yang tepat. Malawi eye beter tergolong ikan lemon yang galak dan predator endemik perairan Afrika.

Karena tergolong sebagai predator malawi eye beter memiliki mulut lebar dengan rahan yang panjang. Bahkan panjang rahangnya mencapai sepertiga dari panjang tubuhnya.

Adapun makanan ikan lemon predator ini terdiri dari ikan – ikan kecil, udang kecil, cacing, dan hewan kecil dasar perairan.

Venustus

Satu jenis lainnya ikan lemon yang ukurannya terbilang besar berjenis venustus. Tingkah lakunya mirip seperti jenis malawi eye beter, vanutus termasuk jenis yang agresif dan galak. Ciri khas venustus dengan jenis ikan lemon lainnya terletak pada tubuhnya yang berwarna kuning kehijauan dan bercak coklat.

Trewavas red finned Cichlid

Jika umumnya kita menemukan lemon yang berwarna kuning cerah atau orange. Maka ikan lemon satu ini berwarna gelap yakni biru. Tampilan jenis jenis ini terbilang lebih cantik karena adanya kombinasi warna biru dengan garis-garis hitam pada sirip ekornya.

Red empress

Ingin memiliki ikan lemon yang cantik dengan varian warna lebih dari satu. Red empress adalah pilihan yanng tepat untuk menghiasi akuarium rumah Anda. Ciri khas ikan hias lemon berjenis Red empress terletak pada tubuhnya yang berwarna – warni seperti pelangi.

Makanan dan cara merawat

Suka dengan jenis ikan yang agresif, cantik dan murah meriah. Maka memilih ikan lemon sebagai ikan hias akuarium rumah menjadi pilihan yang tepat.

Selain itu pemeliharaan ikan lemon dalam akuarium terbilang cukup mudah. Hal terpenting yang harus selalu kita perhatikan adalah kebersihan air dan ketersedian makanan ikan lemon.

Untuk menjaga air tetap bersih peliharalah ikan lemon menggunakan aerator agar air selalu terfilter dari kotorannya. Serta gunakanlah pasir malang dan karbon aktif untuk menyerap kotoran ikan.

Sedangkan makanan ikan lemon yang mudah terjumpai dan relatif terjangkau adalah pelet ikan. Penggunaan pelet ikan komersil sudah sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ikan. Pelet ikan ikan yang mengandung protein tinggi pun sangat bermanfaat untuk menjaga ikan tetap sehat dan tampil cantik.

Pemberian makanan kepada ikan lemon perlu rutin, karena ciri ikan lemon yang agresif, penyendiri ini sangatlah rakus.

Oleh karena itu, ikan lemon jangan sampai kelaparan karena jika sangat lapa ikan berubah menjadi sangat agresif. Dan usil yang membuat temannya menjadi stres dan kemudian mati.

Baca Juga:

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Ilmu Kelautan dan Pramuka Universitas Diponegoro

View all posts by Adha Susanto →