Jenis Ikan Channa Hias yang Terpopuler

Last Updated on 1 September 2021 by Adha Susanto

Ikan Channa adalah salah satu jenis ikan yang dikenal sebagai predator. Meskipun sifatnya yang predator beberapa jenisnya menjadi primadona penghobi ikan hias. Seperti ikan Channa barca, C. auranti, C. asiatica dan C. marulioides atau yellow sentarum.

Klasifikasi ikan Channa

Berbagai jenis ikan Channa merupakan ikan yang termasuk dalam daftar marga Channa suku Channidae. Suku Channidae terdiri dari dua genus yaitu genus Channa dan Parachanna.

Wilayah penyebaran genus Channa berada pada kawasan perairan umum Asia. Sedangkan genus Parachanna ada pada perairan umum Afrika.  Maka untuk wilayah perairan umum Indonesia kita akan menjumpai ikan dari genus Channa.

Biologi ikan Jenis Channa

Snakehead fish adalah sebutan populer untuk ikan Channa. Penyebab utamanya pada ciri fisik tubuh bagian kepalanya yang mirip kepala ular. Begitu pula dengan sifatnya yang karnivora dan menjadi predator ganas perairan umum.

Selain itu ikan jenis Channa termasuk ikan dengan kekuatan bertahan hidup yang tangguh. Channa mampu hidup pada wilayah perairan umum seperti rawa dan lahan gambut yang sangat rendah oksigen terlarutnya. Kemampuannya ini di sebabkan karena Channa memiliki alat tambahan pernapasan berupa labirin. Yang membuatnya mampu mengambil oksigen secara langsung dari atmosfer. Seperti pada ikan lele dan betok.

Keberadaan ikan Channa pada wilayah perairan umum Indonesia dapat terjumpai pada pulau Kalimantan dan Sumatera. Namun, beberapa wilayah perairannya seperti di pulau Jawa, Sulawesi dan Papua juga dapat kita jumpai.

jenis ikan channa barca, aurant, asiatica, yellow sentarum
Channa barca / indiabiodiversity.org

Berikut adalah spesies ikan Channa yang ada di wialayah perairan umum Indonesia:

  1. Channa striata atau gabus
  2. micropeltes atau toman
  3. lucius atau bujuk
  4. pleurophthalmus atau serandang
  5. marulioidesatau jalai
  6. maculata atau mihau
  7. bankanensis
  8. cyanospilos

Jenis Ikan hias marga Channa terpopuler

Jumlah ikan marga Channa secara keseluruhan berjumlah 39 spesies. Sedangkan untuk marga Parachanna berjumlah 3 spesies.

Dari ke – 39 spesies marga Channa empat diantaranya menjadi ikan hias yang populer. Kepopulerannya disebabkan karena warna sisik pada ikan Channayang sangat eksotis dan termasuk dalam daftar ikan terancam punah.

Empat jenis ikan hias Channa terpopuler adalah sebagai berikut

Channa asiatica

Ciri khas dari ikan Channa asiatica adalah warna pada sisik dengan bintik – bintik putih dan strip merah. Melansir dari laman Wikipedia C. asiatica adalah ikan endemik perairan umum China.

Channa barca

Keeksotisan ikan Channa barca berada pada warna sisiknya. Dominasi warna biru kehijauan dengan titik – titik hitam dengan bentuk pola tertentu sangat memanjakan mata ketika memandangnya.

C. barca adalah salah satu ikan endemik yang berada di perairan umum Brahmaputra India dan Bangladesh. Statusnya pun sudah terancam punah dan wajar saja jika harga ikan ini menjadi fantastis.

Ikan Channa auranti

Merupakan salah satu jenis ikan Channa endemik yang ada di daerah aliran sungai Brahmaputra India. Warna khas sisik tubuh Channa auranti adalah kecokelatan yang bercampur dengan garis – garis oranye vertikal.

Ikan Channa yellow sentarum

Termasuk jenis ikan hias Channa yang statusnya sudah terancam punah. Penyebaran ikan Channa marulioides berada pada perairan umum Indonesia pulau Kalimantan dan Malaysia.

Daya tariknya berada pada warna sisik tubuhnya yang berwarna kuning dengan warna matanya yang merah. Serta menjadi salah satu ikan Channa populer yang banyak di buru para penghobi.

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Ilmu Kelautan dan Pramuka Universitas Diponegoro

View all posts by Adha Susanto →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *