6 Pantai Jawa Tengah di Pantura dan Selatan Pulau

Last Updated on 20 May 2024 by Adha Susanto

Estimated reading time: 5 minutes

Jika kita hanya mengenal Jawa tengah dengan wisata sejarah dan gunung yang begitu ngehitz itu salah besar. Mengapa demikian? Karena Jawa Tengah juga memiliki tempat wisata pantai yang indah baik yang ada di pantura dan selatan pulau. Dan daerah Karimun Jawa serta pantai Menganti di Kebumen adalah dua kawasan wisata yang mungkin tidak asing bagi kalian.

Bingung menentukan pilihan healing mungkin wisata ke pantai dapat menjadi salah satu solusinya. Apalagi bagi kalian yang berada di sekitar Jawa Tengah. Maka wajib tahu nih beberapa destinasi wisata yang ngehitz dan tidak kalah indah dengan pantai Bali dan Jogja.

Berikut tujuh tempat wisata pantai yang bisa Anda kunjungi bersama teman atau keluarga tercinta. Yang terbagi dalam dua kelompok besar yakni pantai pantura dan selatan Jawa.

Pantai utara Jawa Tengah

Umumnya yang kita kenal tentang pesisir pantai Pantura Jawa pastinya mengenang air yang coklat – coklat. Tapi itu salah besar. Sebab pantura juga memiliki destinasi wisata pantai yang tak kalah mempesonanya dengan pantai – pantai Bali.

Dan daerah yang begitu favorit akan destinasi wisata pantai Pantura adalah Kabupaten Jepara. Kabupaten Jepara yang berbatasan dengan daerah Demak dan Pati ini memiliki pantai – pantai yang mempesona.

Baca Juga: 3 Perbedaan Pantai Utara dan Selatan Jawa?

Pantai Pulau Karimun Jawa

Siapa yang tak mengenal Pulau Karimun Jawa. Salah satu kepulauan yang tergabung dalam otonomi daerah Kabupaten Jepara ini menjadi kawasan konservasi dan spot selam ternama.

Untuk mengunjungi deretan pantai yang indah pada pulau Karimun Jawa bisa melalui dua cara. Yakni jalur udara dan air. Untuk jalur udara sendiri memang jadwalnya tidak serutin melalui jalur air atau laut.

Jalur laut yang menggunakan kapal bisa kita pilih melalui dua titik pelabuhan keberangkatan. Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan Kartini Jepara.

Waktu tempuh melalui dua pelabuhan itu berbeda – beda ya. Jika dari Semarang maka  waktu tempuh kurang lebih tujuh jam. Jam keberangkatan umumnya tengah malam. Sedangkan melalui pelabuhan Kartini Jepara akan menempuh perjalanan selama kurang lebih empat jam. Untuk jam keberangkatn umumnya pagi hari.

pantai pantura jawa yang indah
Pantai Pantura Jawa

Pulau Panjang

Ketika Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengunjungi pantai Karimun Jawa di Jawa Tengah. Maka pilihan untuk berlibur di luar pulau Jawa lainnya adalah pulau Panjang. Pulau Panjang yang dekat sekali dengan pelabuhan Kartini Jepara bisa jadi referensi menarik untuk Anda sambangi.

Keberadaan pulau Panjang yang ada di laut Jawa ini menawarkan pesona pantai pasir putih dan rohaniah. Keberadaan makam kyai yang ada pada pulau Panjang menjadikan daya tarik wisatawan. Oleh karena itu janganlah heran ketika bertemu para jemaah ziarah kubur yang berkunjung ke pulau Panjang setiap weekend.

Bandengan Jepara

Ketika hendak berkunjung ke pantai pulau Panjang Jawa Tengah maka Anda harus berkunjung ke pantai Bandengan atau Kartini. Karena dua pantai tersebut menjadi tempat berpangkalnya perahu – perahu wisata yang akan mengantarkan Anda menuju pulau Panjang.

Pantai Bandengan adalah kawasan wisata menarik yang layak Anda kunjungai di kawasan Pantura Jawa. Saat weekend dan libur nasional pantai Bandengan terbilang ramai karenan destinasi wisata favorit bersama teman dan keluarga.

Bondo Jepara

Terlalu ramai di pantai Bandengan maka pantai Bondo menjadi pilihan lainnya. Karena pantai Bondo tidaklah terlalu jauh dari Bandengan. Dengan menempuh perjalanan selama kurang lebih 25 menit ke arah utara Anda pun akan menjumpainya.

Pantai Sekuro Village

Tidak mau jauh dan tak mau capek – capek. Pantai Sekuro Village Jepara bisa menjadi referensi healing Anda. Sekuro Village adalah kawasan wisata pantai dan resort yang pengelolanya dari pihak swasta atau pribadi.

Pantai ini lebih terawat dan lihat saja hamparan pasir yang begitu bersih. Dan memang pantai ini sedemikian ngehitznya karena termasuk kawasan pantai yang terbilang elit. Bagi Anda yang termasuk orang – orang irit maka pantai Sekuro Village terlalu berat untuk di lirik.

Bosan dengan pantai Pantura. Mungkin ke selatan jadi pilihan menarik. Tapi apakah hanya pantai selatan Pulau Jawa itu identik dengan pantai Gunung Kidul, Yogyakarta?

Tentu jawabannya tidak. Karena Jawa Tengah juga memiliki pemandangan pantai yang lengkap dan indah. Bibir pantai dengan tebing – tebing batu atau clief serta deburan gelombang Samudera Hindia juga dapat kita temukan di Jateng.

Baca Juga: Wisata Pantai Pangkalan Bun

Pantai selatan Jawa Tengah

Kabupaten Kebumen adalah daerah dengan kawasan wisata pantai yang bertebing. Keindahan pantai bertebingnya pun tidak kalah dengan Gunung Kidul.

Apalagi kata mereka yang pernah berkunjung. Pantai bertebing daerah Kebumen masih asri, karena belum banyak yang mengunjungi.

Mungkin Anda berminat mengunjunginya, berikut beberapa tujuan wisata pantainya.

pantai kebumen
Pantai Kebumen

Surumanis

Pantai bertebing yang begitu favorit adalah Surumanis. Keberadaan pantai Surumanis memang terbilang cukup jauh dari pusat Kabupaten Kebumen. Tapi pemandangan yang indah menjadi daya tarik utamanya.

Menganti

Keberadaan pantai Menganti adalah pantai yang patut Anda pertimbangkan untuk tidak berkunjung jauh ke Gunung Kidul. Karena pantai Menganti tidaklah kalah menawan indahnya.

Hamparan pasir putih bersih dengan deburan gelombang besar Samudera Hindia adalah ciri khasnya. Begitu pula dengan kencangnya hembusan angin yang membuat Anda akan merasa terbang olehnya.

Kemana destinasi liburan pantai Anda? Apakah tertarik untuk berkunjung ke pantai yang indah di Jawa Tengah yang telah terhimpun ini? Ataukah memilih untuk ke daerah lainnya? Yuk tentuin tujuan liburannya.

Baca Juga: 3 Tempat Tujuan Wisata Pantai Favorit di Sukamara