Kerang Batik: Ciri, Habitat dan Manfaat

Last Updated on 9 December 2023 by Adha Susanto

Estimated reading time: 3 minutes

Kerang batik atau Paphia undulate ialah kerang laut dengan ciri khas pola zigzag berwarna cokelat di cangkangnya. Lalu, apa manfaat dari kerang batik? Simak uraian singkatnya di bawah ini, ya!

Spesies kerang ini memiliki cangkang dengan bentuk elips memanjang. Warnanya coklat kehijauan dengan hiasan pola zigzag coklat tua di permukaan cangkang yang halus dan berkilau.

Tidak jauh berbeda dengan jenis kerang lainnya sebagai hewan invertebrata laut. Kerang ini berdasarkan taksonominya termasuk dalam filum Mollusca, kelas Bivalve, ordo Venorida, dan bergenus Paphia.

Baca Juga: 5+ Contoh Hewan Invertebrata Laut dan Manfaatnya

Ciri kerang batik

Untuk membedakan kerang ini dengan yang lainnya, kita dapat memperhatikannya pada bentuk cangkang.

Sedangkan teksturnya cangkangnya agak tebal dan berwarna kuning kecoklatan. Permukaan cangkangnya sangat halus dan juga berkilau, jika sudah kita bersihkan.

Karakter pembeda kerang batik dengan nama ilmiah P. undulata dapat kita temukan pada beberapa ciri dan warna khasnya berikut ini.

Eksterior cangkang

Secara fisik eksteriornya kerang jenis ini memiliki cangkang berbentuk oval memanjang (elongate elliptical). Bagian depan cangkang bertekstur halus dan agak cekung, serta membulat ke arah ventral. Sedangkan bagian bagian belakang cangkang lurus, cembung, memanjang ke arah posterior.

Untuk melindungi tubuh kerang yang lunak di dalam habitat aslinya cangkang terbuat dari kalsium karbonat agak tebal. Permukaan cangkang luar berwarna kuning kecoklatan. Sedangkan permukaan dalam cangkang berwarna kuning, daerah umbonal berwarna keunguan.

Interior cangkang kerang

Permukaan cangkang bagian dalam berwarna putih kekuningan. Sedangkan alat untuk mengunyah makanannya berupa gigi engsel bertipe heterodont dengan tiga gigi kardinal. Tetapi tanpa gigi lateral.

Morfologi internal

Ciri lainnya dari kerang batik terletak pada tubuhnya yang berwarna jingga kekuningan. Mantel terbuka, hanya menyatu pada bagian posterior, yaitu di daerah sifon. Tepi mantel yang tidak menyatu, bergerigi dan melebar. Alat pernapasannya adalah insang dengan tipe eulamelibranchia.

Kerang jenis ini memiliki sifon berukuran panjang dan retraktil. Namun, tidak sepanjang sifon seperti yang ada pada kerang pacific geoduck. Keberadaan sifon inhalan dan ekshalan pada jenis kerang ini pun terpisah.

habitat dan manfaat ciri khas kerang batik dengan warna yang menarik
Ciri khas warna dan pola zigzag pada cangkang kerang batik / sealifebase.se

Sifon inhalan berukuran lebih besar dan lebih panjang daripada sifon ekshalan. Ujung sifon inhalan terdapat bentukan semacam tentakel yang tentunya berfungsi untuk menangkap makanan dalam air atau substrat. Sedangkan sifon ekshalan berukuran lebih kecil daripada sifon inhalan.

Habitat dan manfaat kerang batik

Keberadaan kerang ini dapat kita jumpai di sepanjang pantai Indonesia. Umumnya kerang lebih senang untuk memendamkan diri dalam substrat perairan. Pemanfaatannya sebagai bahan pangan oleh masyarakat pun sudah sering bahkan telah menjadi menu seafood di restoran mewah.

Habitat

Setiap mahluk hidup memiliki bentuk morfologi internal dan eksternal yang menyesuaikan dengan kondisi habitatnya.

Jenis kerang ini pun menjadi satu diantaranya. Kerang yang suka hidup memendakam diri dalam substrat lumpur atau pasir ini menjadi biota laut yang sangat bermanfaat. Untuk memperolehnya kita harus melakukan pengerukan dasar perairan hingga kedalaman 5–20 cm.

Kemampuan mereka untuk memendamkan diri dalam lumpur atau pasir tidak lepas dari ciri dan fungsi bentuk tubuh serta alat gerak kerang batik.

Alat gerak berupa kaki dari anggota kerang ini pun kebanyakan berukuran besar, pipih seperti kapak dan memiliki “heel”.

Fungsi utamanya adalah untuk menggali lumpur atau pasir sedalam-dalamnya agar tidak pernah terjumpai predator.

Manfaat kerang

Sebagai salah satu jenis kerang konsumsi keberadaan kerang pada habitatnya memiliki manfaat yang baik bagi tubuh kita dan alam.

Bagi tubuh kita kerang konsumsi seperti kerang jenis ini memiliki manfaat sebagai ketersediaan bahan pangan. Bahkan penambahan daging kerang memberikan rasa yang lezat pada masakan khususnya yang di tumis.

Nah, secara umum manfaat konsumsi kerang batik relatif sama dengan konsumsi kerang lainnya. Adapun beberapa kandungan penting dari kerang yang kita perlukan untuk kesehatan tubuh terdiri dari protein, lemak dan karbohidrat.

Sedangkan manfaat lainnya di alam adalah untuk keseimbangan ekosistem dan bioindikator kualitas perairan.  

Baca Juga: