Ikan Kuniran: Habitat dan Manfaat

Last Updated on 9 December 2023 by Adha Susanto

Estimated reading time: 4 minutes

Memiliki ciri tubuh memanjang dan pipih kuniran atau dengan nama lain pinang – pinang merupakan ikan yang hidup di laut. Karena terkenal dengan rasanya yang enak berikut beberapa kandungan gizi dan manfaat mengkonsumsi ikan kuniran.

Ikan yang cocok untuk olahan dengan berbagai variasi menu masakan ini memang sangat populer di masyarakat. Selain karena harganya yang ekonomis, pinang – pinang tentunya memiliki beragam kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Nah seperti apa bentuk kehidupan ikan pinang – pinang serta kandungan gizinya. Tetap simak uraian singkatnya dalam artikel ini ya.

Baca Juga: Ikan Selanget: Ciri dan Makanan

Ciri ikan kuniran laut

Sebagai salah satu komoditi tangkapan nelayan yang bernilai ekonomis. Ikan pinang – pinang banyak terjumpai pada seluruh perairan Indonesia dan banya tertangkap menggunakan alat tangkap seperti cantrang. Karena alat tangkap ini bisa menyapu hingga ke dasar perairan sebagai habitat ikan pinang.

Untuk mengenali jenis ikan ini kita dapat mengamati pada ciri bentuk tubuhnya. Adapun beberapa ciri ikan kuniran yang dapat kita kenali terdiri dari:

  1. Badannya memanjang sedang hingga 20 cm
  2. Pipih kesamping
  3. Kepalanya tumpul
  4. Memiliki sungut sepasang
  5. Sirip dan ekornya berwarna kuning
  6. Memiliki garis berwarna cokelat kemerahan yang memanjang dari moncong kepala hingga ekor

Reproduksi ikan

Memiliki manfaat secara ekologi dan ekonomi ikan kuniran termasuk komoditi perikanan yang jumlahnya melimpah. Serta membutuhkan pengelolaan penangkapan yang seimbang dengan ketersediaannya pada alam.

Agar ikan tidak mengalami over fishing atau kelebihan tangkapan yang menyebabkan menurunya jumlah tangkap. Serta untuk meminimalisir ketidaksesuaian ukuran tangkap.

Secara biologi ikan kuniran memiliki tipe pemijahan total spawner, yakni ikan memijah hanya dalam satu musim pemijahan saja.

Karena indukan betina akan mengeluarkan semua telurnya yang matang dalam satu waktu saja. Kemudian akan memijah kembali pada saat telur sudah matang pada waktu musim kawin selanjutnya.

Baca Juga:

Tempat hidup atau habitat ikan kuniran

Perairan Indopasifik yang relatif dangkal dengan kedalam 10 – 90 m merupakan tempat hidup bagi ikan kuniran.

Dan dalam kesehariannya ikan ini pun sangat menyenangi dasar perairan yang berlumpur dan berpasir. Untuk melangsungkan berbagai kegiatan seperti memijah dan mencari makanan.

manfaat kandungan gizi ikan kuniran
Upeneus moluccensis (Kuniran) / Fishbase
 

Adapun makanan favorit dari ikan pinang – pinang untuk tumbuh kembangnya terdominasi oleh fitoplankton dan zooplankton.

Fitoplankton yang paling mendominasi sebagai makanan favoritnya bergenus Thallasiothrix Sedangkan zooplankton yang paling dominan adalah bergenus Acartia.

Kandungan gizi dan manfaat ikan

Sama seperti ikan pada umumnya. Ikan pinang – pinang memiliki beragam kandungan gizi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Bahkan kini olahannya sangatlah beragam tergantung pada selera kita yang akan mengkonsumsinya.

Karena ukurannya yang cukup besar dan tekstur daging yang tebal kita bisa mengkonsumsinya dengan tanpa rasa takut duri terselip di gigi.

Oleh karena itu, konsumsi ikan kuniran yang memiliki beragam kandungan gizi dapat menjaga kesehatan tubuh.

Adapun beragam manfaat konsumsi ikan pinang – pinang adalah sebagai berikut:

Tulang

Vitamin dan mineral yang terkandung pada ikan dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang mencegah risiko osteoporosis dan masalah tulang lainnya.

Mata

Vitamin A yang terkandung dalam ikan juga dapat membantu menjaga kesehatan mata serta mencegah permasalahan lainnya.

Jantung

Karena mengandungan sejumlah asam lemak tak jenuh ganda yang dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat (LDL). Maka dengan mengkonsumsi ikan dapat mencegah terjadinya artherosclerosis, serangan jantung, dan stroke.

Kulit

Omega-3 dan selenium pada ikan kuniran adalah asam lemak tak jenuh yang dapat membantu mempertahankan kesehatan kulit.

Seperti untuk menghaluskan kulit, mencegah jerawat, dan mengurangi kemungkinan keriput. Serta hal – hal yang berkaitan dengan permasalah kulit seperti penuaan dini dan kanker kulit.

Perbaikan sel dan jaringan tubuh

Protein sebanyak 33% dalam ikan teri dapat membantu fungsi dan efisiensi metabolisme sel. Serta perbaikan jaringan ikat dan pertumbuhan sel-sel baru dalam tubuh.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Beragamnya kandungan gizi seperti vitamin dan mineral dalam ikan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga mengkonsumsi ikan secara rutin bermanfaat untuk membuat tubuh tidak mudah sakit.

Demikian beberapa ciri dan manfaat mengkonsumi ikan kuniran. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga: