Sejarah Terbentuknya Pulau Gili Trawangan Lombok

Last Updated on 30 August 2021 by Adha Susanto

Pulau Gili Trawangan Lombok Barat adalah salah satu destinasi wisata pantai ternama. Keberadaan terumbu karang dan bersihnya perairan, menambah keindahan pulau ini. Pantai – pantai Gili Trawangan dengan pasir putih dan pecahan karang memanjakan mata ketika memandangnya. Keindahan pulau tak hanya membuat wisatawan kagum. Para ahli geologi laut pun kagum akan asal usul terbentuknya pulau Gili Trawangan. Keindahan pulau yang memanjakan mata ini tentu terbentuk melalui proses sejarah geologi yang panjang.

Betapa besarnya anugerah Tuhan Yang Maha Esa terhadap negara kepulauan ini. Gunung, laut, dan air menjadi objek wisata ternama. Objek wisata pantai pun menjadi destinasi favorit di negara ini. Salah satunya adalah keindahan wisata pantai pulau Gili Trawangan Lombok. Keindahan pantainya yang tenang dan bersih memberikan kesan tersendiri ketika berada di pulau ini.

Unsur api dan air menjadi asal usul terbentuknya pulau. Sebab tumpukan batuan lava bantal di dasar laut menjadi bukti sejarah pengaruh api pada pembentukan pulau. Berikut uraian singkat sejarah geologi terbentuknya pulau yang ada di Lombok Barat ini.

Asal usul terbentuknya pulau Lombok

Berada di Lombok Barat pulau Gili Trawangan menyimpan keindahan surga bawah laut yang menawan. Keindahan pulau tidak terlepas dari proses sejarah pembentukannya. Kaitannya dengan terbentuknya Kepulauan Nusa Tenggara sangatlah erat. Dimana hampir seluruhnya kepulauan di Nusa Tenggara adalah produk dari kegiatan gunung api bawah laut pada umur Oligo-Miosen hingga Plio-Plistosen.

Gambaran terhadap asal usul pulau Lombok ini berasal dari aktivitas gunung api bawah laut yang ada di bagian selatan dan utara-barat.  Aktivitivas gunung api bawah laut itulah yang mengangkat dasar laut ke permukaan pada umur Oligo-Miosen. Serta menjadi peristiwa sejarah terbentuknya gunung api Rinjani pada umur Plio-Pleistosen.

sejarah asal usul keindahan pantai dan pulau gili trawangan lombok
Gili Trawangan Island (pondoksantiestate)

Sejarah terbentuknya pulau Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno

Asal usul pulau Gili Trawangan Lombok dan dua pulau lainnya itu berasal dari batuan lava bantal. Batuan lava bantal ada karena lelehan lava gunung api bawah laut tua yang membeku di perairan. Lelehan lava membeku karena bersentuhan langsung dengan air yng dingin. Sehingga terbentuklah batu bulat seperti bantal. Pada lingkungan perairan yang mendukung batu lava bantal menjadi tempat tumbuhnya formasi karang atol. Karang atol yang tumbuh di atas batuan lava bantal muncul hingga ke permukaan. Formasi karang atol kemudian membentuk pulau.

Bukti sejarah geologi lainnya menyatakan bahwa pulau Gili Trawangan terbentuk karena aktivitas gunung api yang mengangkat dasar laut hingga ke permukaan. Aktivitas rombakan oleh gelombang dan perubahan paras muka air laut memberikan pengaruh besar pada pembentukan pulau.

Lingkungan perairan yang mendukung menjadi kawasan terbaik bagi pertumbuhan karang atol. Dari pertumbuhan karang atol inilah pulau Gili Trawangan mempunyai pesona keindahan pantai yang menawan. Terumbu karang yang tumbuh pada substrat berupa batuan lava bantal membentuk ekosistem laut yang penting. Serta menjadi nilai ekonomi penting bagi daerah Lombok Barat.   

Referensi

Astjario, P dan Astawa. 2005

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Ilmu Kelautan dan Pramuka Universitas Diponegoro

View all posts by Adha Susanto →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *