Contoh Fjord atau Fyord adalah

Last Updated on 29 August 2021 by Adha Susanto

Berasal dari bahasa Norwegia kata fjord atau fyord adalah semacam teluk yang berasal dari lelehan gletser. Fjord atau fyord memiliki aliran yang sangat panjang hingga ke pantai dan menjadi habitat anjing laut dan ikan – ikan. Contoh wisata fyord yang terkenal di Norwegia karena memiliki keindahan yakni Geirangerfjord.

Manfaat fjord adalah

Skandinavia adalah negara – negara Eropa bagian utara yang terkenal dengan fjord.  Fjord menjadi bagian penting dalam sejarah peradabannya. Banyak pemburu zaman dahulu memanfaatkan fyord dan pantai sebagai kawasan mencari pangan saat musim dingin berkepanjangan. Terutama untuk mencari ikan dan anjing laut sebagai hidangannya.

Namun sekarang fjord menjadi kawasan wisata ternama Skandinavia salah satunya Norwegia.

Ciri khas fjord

Skandinavia adalah negara – negara yang ada pada wilayah utara Eropa terkenal dengan fjord. Serta daerah pegunungan yang tinggi. Maka fjord menjadi semacam teluk yang mengalir diantara gunung – gunung.

Saat musim dingin puncak gunung akan tertutupi oleh salju tebal dan beberapa meleleh menjadi aliran fjord. Saat itu pulalah sejauh mata memandang pun akan tampak berwarna gelap dan terang (salju).

Geirangerfjord adalah contoh wisata fjord atau fyord norwegia dengan keindahan
Geirangerfjord Norwegia / unsplash.com

Contoh fjord di Norwegia adalah

Norwegia menjadi negara yang memiliki fjord dengan keindahan yang mempesona. Bahkan menjadi salah satu daya tarik wisata yang ada pada negara tersebut. Beberapa fjord yang dirangkum dari laman idntimes yang ada pada negara Norwegia adalah sebagai berikut.

Geirangerfjord

Fjord Geirangerfjord adalah salah satu contoh wisata fyord yang memiliki ciri khas berupa air terjun. Air terjunnya berasal dari lereng gunung dengan rimbunnya hutan yang berwarna hijau. Keindahan yang menakjubkan menjadikan Geirangerfjord sebagai inspirasi latar pada film ternama produksi Disney Frozen yakni film Norwegia The Wave (2005). Sejak tahun 2005 UNESCO kemudian menetapkan Geirangerfjord sebagai daftar warisan dunia.

Sognefjord

Adalah fjord dengan panjang lebih dari 200 kilometer dan menjadi yang terpanjang di Norwegia. Sognefjord memiliki keindahan yang menawan berupa pegunungan yang tinggi dan daerah pertanian yang hijau.

Naeroyfjord

Sebagai bagian dari Sognefjord, Naeroyfjord adalah salah satu contoh fyord tersempit yang ada di Eropa. Panjangnya mencapai 17 km dengan lebar 250 meter untuk titik tersempitnya. Keindahan fjord pun sungguh menawan tidak kalah dari Sognefjord.

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Ilmu Kelautan dan Pramuka Universitas Diponegoro

View all posts by Adha Susanto →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *