Echinoidea: Ciri, Reproduksi, dan Manfaat

Last Updated on 9 December 2023 by Adha Susanto

Estimated reading time: 3 minutes

Echinoidea atau landak laut adalah hewan dengan ciri tubuh berduri tajam yang memiliki manfaat secara ekonomi dan ekosistem. Duri tajam pada tubuh Echinoidea berfungsi sebagai alat gerak dan perlindungan dari predator di habitat alaminya.

Untuk lebih lengkapnya yuk simak uraian singat artikel berikut ini!

Ciri echinoidea

Landak laut atau Echinoidea adalah hewan dengan ciri umum tubuhnya yang bulat penuh dengan duri tajam sebagai alat gerak utama. Selain dengan durinya yang tajam tubuhnya relatif keras karena tersusun dari kapur.

Alat gerak landak laut sama dengan hewan filum Echinodermata pada umumnya, yakni kaki tabung dan duri-duri pada tubuhnya.

Duri atau ossicle terspesialisasi merupakan alat pertahanan dan alat gerak selain kaki tabungnya. Komponen penyusun durinya terdiri dari magnesium dan kalsium karbonat atau kapur.

Tebalnya mencapai 1 cm dengan diameter kurang dari 1 mm, serta terdapat kelenjar beracun. Namun, hanya ada pada beberapa spesies terntentu seperti Diadema antillarum dan Asthenosoma varium.

Ciri lainnya pada landak laut atau Echinoidea yakni terdapat pedicellaria. Fungsi dari pedicellaria adalah untuk pertahanan, membersihkan tubuhnya dan mengambil makanannya. Jenis-jenis pedicellaria ini pun bermacam-macam berdasarkan fungsinya.

Berikut jenis-jenis pedicellaria dan fungsinya.

Tridentate

Menangkap berbagai macam organisme kecil atau plankton dan partikel kecil lainnya yang ada pada sekitar tubuhnya.

Ophiocephalous Globiferous

Mempertahankan diri dari predator menggunakan kelenjar racunnya dan untuk mendapatkan makanan.

Triphyllous

Membersihkan tubuhnya dan untuk mencari makanannya.

Sand Dollar

Termasuk dalam kelas yang sama hanya saja berbeda ciri fisiknya dengan landak laut. Tubuh Sand Dollar berbentuk pipih dan tidak berduri. Kaki tabungnya berfungsi untuk alat gerak dan pernapasannya. Contoh beberapa spesies Sand dollar di perairan dangkal adalah Loganum loganum, L. depressum dan L. joubini.

Baca Juga: Komponen Biotik Abiotik di Ekosistem Laut

Ciri reproduksi echinoidea atau landak laut

Untuk melanjutkan keturunannya, landak laut memiliki sistem reproduksi secara seksual. Individu jantan dan betina terpisah dan akan mengeluarkan sel sperma dan sel telurnya saat musim kawin.

echinoidea habitat alat gerak manfaat landak laut
Ciri fisik landak laut Echinoidea / unsplash.com

Berikut siklus daur hidup dari landak laut

Blastula

Hasil dari pertemuan kedua selnya yang kemudian terjadilah proses pembelahan menjadi dua sel, empat sel dan seterusnya.

Pluteus

Merupakan hasil dari blastula yang mengalami gastrulasi dengan ciri khususnya mulut mulai terbentuk.

Juvenil landak laut

Perkembangan dari tahapan pluteus yang telah mengalami proses metamorfosis. Pada saat juvenil inilah akan menjadi tahapan individu dewasa dan telah melekat pada substratnya.

Baca juga:

Makanan

Untuk makanannya tergantung pada setiap habitatnya. Pada umumny landak laut adalah ciri hewan yang memakan partikel kecil dan plankton atau organisme kecil pada perairan.

Pada habitat lamun kita akan menjumpai landak laut dengan jenis pemakan segala atau omnivora. Yaitu landak laut dapat memakan organisme kecil dan makro algae atau lebih dikenal sebagai grazer. Contoh landak laut omnivora adalah Diadema setosium.

Proses mencari makanannya pun menggunakan dua alat yakni kaki tabung dan pedicellaria.

Habitat Echinoidea (landak laut)

Kehidupan landak laut pada ekosistem laut umumnya berkelompok. Mereka dapat kita temukan saling tumpang tindih, dan terlihat jelas pada saat perairan atau pantai dangkal berkarang sedang surut.

Selain pada habitat perairan dangkal, landak laut atau Echinoidea juga terdapat pada perairan yang dalam. Dengan ciri fisik tubuh yang telah tersesuaikan dengan kondisi perairan laut dalam.

Berikut contoh spesies Echinoidea berdasarkan habitat.

Terumbu karang dan perairan pasang surut dangkal

D. antillarum, Echinothrix calaramis, Mespilia

Laut dalam

Pourtalesia hispida, Araeosoma owstoni, dan Echinosigra paradoxa

Manfaat echinoidea atau landak laut

Dalam ekosistem Echinoidea memiliki manfaat untuk menjaga kestabilan dan kontrol populasi makro algae.

Sedangkan manfaat landak laut secara nilai ekonomi, yakni sebagai makanan yang bergizi tinggi yang ada pada gonadnya. Di Jepang, gonad landak laut adalah sajian berkelas yang bernama Uni.

Baca juga: