Ophiuroidea: Pengertian, Ciri, Habitat, Reproduksi

Last Updated on 20 September 2021 by Adha Susanto

Bintang ular adalah kelompok hewan yang termasuk dalam klasifikasi kelas Ophiuroidea yang hidup pada habitat pantai berkarang. Sistem reproduksi dan ciri Ophiuroidea memiliki kesamaan dengan kelas Asteroidea. Sebab kedua kelas termasuk dalam filum Echinodermata.

Hewan kelas ini termasuk dalam filum Echinodermata. Habitat Ophiuroidea berada pada pantai berkarang ataupun berlumpur mulai dari kedalaman nol meter hingga ribuan meter. Kita dapat menemukan hewan yang termasuk kedalam klasifikasi kelasnya berbentuk bintang ular.

Ciri tubuh Ophiuroidea

Bintang ular dan bintang laut (Asteroidea) memiliki kemiripan dari ciri bentuk tubuhnya. Pada bintang laut berbentuk pentratidal dengan cakram yang terdiri dari lima lengan. Demikian pula dengan bintang ular yang memiliki lima lengan relatif lebih panjang daripada Asteroidea. Kelima lengannya berfungsi untuk alat gerak dan saat bergerak akan meliuk – liuk seperti seekor ular.

klasifikasi bintang ular ophiuroidea ciri reproduksi habitat
Bintang ular Ophiothrix fragilis / marbef.org

Cara makan Ophiuroidea

Bintang ular berdasarkan jenis makanannya terbagai menjadi dua kelompok. Yaitu kelompok karnivora dan mikrofagus.

Kelompok karnivora

Sifat makan dengan memakan hewan lainnya berukuran kecil adalah ciri hewan karnivora. Bintang ular menjadi salah satu hewan yang termasuk dalam kelompok karnivora. Yakni memakan hewan hewan kecil crustacea yang tertangkap pada kolom perairan. Proses penangkapan pun memanfaatkan lengannya yang panjang yang mampu menghisap mangsanya. Serta dapat membantu mengarahkannya ke mulutnya.

Kelompok mikrofagus

Memakan partikel – partikel berukuran kecil dari kolom perairan dan dasar merupakan sifat makan mikrofagus. Bintang ular memanfaatkan lengannya yang panjang untuk menangkap dan menyaring partikel – partikel kecil sebagai sumber makanannya.

Reproduksi Ophiuroidea

Cara reproduksi bintang ular memiliki kesamaan dengan bintang laut yakni seksual dan aseksual. Hanya saja cara bintang ular secara seksual alat kelamin dan jantan terpisah menjadi dua individu. Atau terdapat individu jantan dan betina.  

Seksual

Reproduksi secara seksual terjadi melalui fertilisasi antara sel telur dan sperma yang berasal dari dua individu berbeda. Proses fertilisasi pun terjadi pada kolom perairan.

Perkembangbiakan secara seksual pada bintang ular terbagai menjadi tiga tipe. Yaitu tipe planktotrofik, lecithotrofik, dan abbreviated development.

Planktotrofik

Tipe perkembangbiakan planktotrofik merupakan yang paling umum pada habitat Ophiuroidea. Ciri khas tipe perkembangbiakan ini adalah pada saat fase larva hidupnya yang secara planktonik.

Lecithotrofik

Merupakan perkembangbiakan dengan fase pertumbuhan embrioyonik terjadi dalam waktu yang lama dalam telur. Waktu pertumbuhan embrioyonik pada telur pun mencapai berbulan – bulan. Pada saat menetas dari telurnya langsung menjadi juvenile atau individu jantan bintang ular.

Abbreviated development

Tipe perkembangbiakan ini mirip dengan lecithotrofik hanya saja waktunya terjadi lebih cepat.

Aseksual

Proses reproduksi dengan cara aseksual pada Ophiuroidea memiliki ciri yang sama dengan kelas Asteroidea. Pembentukan individu baru berasal dari pemotongan cakram.

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Ilmu Kelautan dan Pramuka Universitas Diponegoro

View all posts by Adha Susanto →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *