Makanan Alami Ikan Cupang

Last Updated on 2 January 2023 by Adha Susanto

Estimated reading time: 3 minutes

Ikan cupang menjadi salah satu ikan hias air tawar primadona. Bentuk dan warna tubuhnya adalah yang menjadi daya tarik utama ikan cupang. Untuk merawat ikan cupang agar cepat besar dan memiliki warna menarik umumnya para pembudidaya menggunakan berbagai macam makanan alami. Makanan alami cupang yang mudah kita aplikasikan dan dapatkan adalah jentik nyamuk, cacing sutra, dan kutu air.

Cupang adalah contoh ikan durnal dengan sifatnya sebagai omnivora. Sifat omnivora sangat memudahkan pembudidaya untuk merawatnya, karena ikan dapat memakan berbagai jenis makanannya. Dengan kandungan kandungan gizi yang penting untuk pertumbuhan cupang agar cepat besar dan menarik.

Beberapa kandungan gizi makanan alami cupang yang harus ada yaitu

  1. Protein
  2. Lemak
  3. Karbohidrat
  4. Mineral
  5. Vitamin

Baca Juga: Jenis Makanan Ikan: Karnivora, Herbivora, Omnivora

Keunggulan makanan alami ikan cupang

Banyak pembudidaya cupang yang telah menggunakan bahan alami karena berbagai macam keunggulannya. Salah satunya mampu memenuhi kebutuhan protein cupang yang sebesar 50%. Umumnya makanan alami untuk cupang seperti jentik nyamuk, kutu air, dan cacing sutera.

makanan alami ikan cupang agar cepat besar jentik nyamuk, kutu air, cacing sutra
Kutu air makanan cupang

Tiga bahan itu memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut.

  1. Mudah diperoleh
  2. Harga terjangkau
  3. Tidak berdampak besar terhadap penurunan kualitas air
  4. Kandungan nutrisi yang baik
  5. Cocok dengan sistem pencernaan dan cara makan cupang
  6. Sesuai dengan bukaan mulut cupang

Baca Juga: Bahan Pelet Ikan yang Berfungsi Sebagai Atraktan

Jenis makanan alami ikan cupang

Ada banyak jenis makanan alami untuk ikan. Tapi yang penting untuk kita perhatikan adalah ukurannya yang pas. Ikan memiliki ukuran bukaan mulut yakni kecil dan besar, nah untuk ikan cupang bukaan mulutunya termasuk kecil. Untuk itu memilih makanan alami berukuran kecil akan memudahkan cupang untuk memakannya.

Jentik nyamuk

Pakan alami yang mudah kita jumpai untuk makanan cupang adalah jentik nyamuk. Jentik nyamuk banyak kita jumpai pada air yang menggenang beberapa hari. Beberapa nilai gizi yang ada pada jentik nyamuk untuk pertumbuhan ikan terdiri dari protein sebesar 48,72% dan lemak 13,5%.

Cacing sutra

Pada daerah genangan air seperti di kawasan pabrik tahu kita dapat dengan mudah menemukan cacing sutra. Limbah tahu menjadi habitat cacing sutra karena mengandung unsur penting seperti protein, lemak dan karbohidrat untuk pertumbuhannya.

Oleh sebab itu, para pembudidaya ikan menggunakan cacing sutra untuk makanan cupang. Kandungan protein dan lemak yang ada pada cacing sutra ialah 57% dan 13,3%.

Kutu air

Untuk memanfaatkan kutu air sebagai makanan alami cupang kita dapat memperolehnya pada genangan air. Atau dapat juga kita peroleh pada toko – toko ikan hias. Kutu air banyak termanfaatkan sebagai makanan cupang karena memiliki kandungan protein 50% dan lemak 5%. Sehingga makanan alami sangat baik untuk pertumbuhan ikan cupang agar cepat besar.

Artemia

Terbilang praktis artemia adalah pakan alternatif yang berkualitas tinggi. Namun, untuk mendapatkannya kita membutuhkan kocekan kantong yang sangat dalam. Harga satu kaleng golden egg artemia murni bisa mencapai 350 k. Lalu masih memerlukan biaya untuk membuat instalansi penetasan telur artemia.

Baca Juga: