Aplikasi Untuk Menemukan Kapal di Laut dan Pelabuhan

Last Updated on 27 November 2020 by

Aplikasi kapal (Find ship) merupakan sebuah teknologi digital yang berfungsi untuk menemukan sebuah kapal di pelabuhan atau di tengah laut. Kegiatan lalu lintas di laut melalui aplikasi ini dapat dilihat di jaman serba digital.

Logo Aplikasi FindShip
Logo Aplikasi FindShip

Bagaimana cara kerjanya?

Aplikasi untuk menemukan kapal tentunya dihasilkan dari radar satelite. Perangkat Satellite GPS Tracker berperan untuk menyampaikan informasi berupa data posisi secara periodik dan real time yang beroperasi menggunakan satellite Global Leo – Globalsta.

Jika hendak bepergian menggunakan kapal laut maka aplikasi yang tersedia seperti Find Ship dapat membantu dan memberikan pengalaman lebih.

Informasi keberadaan kapal secara digital yang didapatkan secara gratis pada google play store tentu saja mempunyai kelemahan. Akurasi data yang disampaikan tidak terlalu valid mengingat data satelit memang tidak semuanya gratis serta membutuhkan waktu untuk menerjemahkannya.

Pantauan Aplikasi Pada KM. Kirana 27 November 2020
Pantauan Aplikasi Pada KM. Kirana 27 November 2020

Gambar diatas dapat menunjukkan bahwa tangkapan layar diambil pada pukul 16.03 WIB. Namun, data GPS tracking yang diterjemahkan pada aplikasi pukul 15.44 WIB. Hal ini memang sangat wajar transformasi data sangat dipengaruhi kecepatan internet, sinyal GPS dan waktu untuk penerjemahannya.

Apa manfaat aplikasi ini?

Aplikasi ini tentu dapat memberikan manfaat lebih. Informasi lalu lintas di pelabuhan baik skala nasional dan internasional dapat terlihat. Pelabuhan-pelabuhan dengan skala besar seperti di negara tetangga yakni Singapura lalu lintasnya sangat padat. Informasi tersebut dapat kita bandingkan dengan kesibukan pelabuhan yang dimiliki Indonesia.

Informasi yang disampaikan dari aplikasi ini tentunya dapat menjadi wawasan baru bahwa kegiatan di laut juga tidak kalah sibuk dengan jalan raya di daratan. Hanya saja laut lebih luas sehingga tidak terlihat kemacetan seperti di jalan raya pada umumnya.

Digitalisasi informasi khususnya di bidang maritim dapat membantu masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan mengenai dunia transportasi maritim khususnya. Aplikasi yang telah dibuat ini diketahui dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang berprofesi sebagai jasa angkutan transportasi umum untuk mengais rejeki.

Informasi aplikasi find ship didapatkan dari seorang sopir angkutan umum

Waktu itu di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, penulis melihat seorang sopir angkutan umum selalu memantau gawainya dan ternyata gawainya terpasang aplikasi untuk memantau kapal. Sopir angkutan umum di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya tersebut ternyata lebih modern dan memberikan informasi bahwa sudah terdapat aplikasi untuk menemukan posisi kapal.

Pelabuhan Tanjung Perak
Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya 27 November 2020

Melihat fenomena tersebut tentunya tidak terlepas dari kemajuan teknologi saat ini melalui sebuah gawai khususnya android yang memberikan pengaruh besar terahadap kehidupan.

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Ilmu Kelautan dan Pramuka Universitas Diponegoro

View all posts by Adha Susanto →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *