4 Jenis Ikan Hias Predator Air Tawar

Last Updated on 9 December 2023 by Adha Susanto

Estimated reading time: 4 minutes

Media hiburan sekarang sangatlah bermacam. Salah satunya mengoleksi ikan hias predator. Bahkan tidak tanggung ada yang rela mendatangkan koleksi jenis ikan predator dari luar negeri. Atau ada pula yang sengaja koleksi ikan predator air tawar endemik atau asli Indonesia.

Begitu beragamnya ikan hias yang sifatnya predator maka ada beberapa jenis yang mungkin cocok untuk Anda lho.

Nah, pada artikel ini kita akan memberikan referensi jenis ikan predator endemik atau asli dan non Indonesia. Apaka sajakah itu? Yuk simak penjelasan singkatnya!

ikan predator air tawar indonesia
Ilustrasi ikan predator air tawar Indonesia

Baca Juga: Ikan Serigala: Ciri dan Habitat

Ikan predator air tawar

Umumnya kita akan memilih jenis koleksi ikan hias karena beberapa hal. Ada yang karena warnanya cantik, cerah, ukurannya besar, dan jarang yang punya.

Nah, lain halnya ketika kita koleksi ikan – ikan hias papan atas. Memang sih ikan hias papan atas umumnya banyak berasal dari ikan predator atau ikan karnivora.

Karena ikan predator membutuhkan biaya relatif mahal untuk memeliharanya. Terutama kebutuhan akan pakannya sendiri yang harus segar dan hidup. Seperti umpan jangkrik dan ikan berukuran kecil lainnya.

1. Ikan Oscar

Asal atau habitat ikan predator air tawar ini berasal dari perairan Amerika Selatan. Dan yang pasti yang di maksud adalah Sungai Amazon.

Ikan yang tergolong dari keluarga Cichlidae ini adalah jenis ikan dengan variasi warna yang menarik pada sisiknya. Pastinya akan sangat cantik jika masuk ke dalam akuarium rumah Anda.

Ada yang full color kuning seperti buah lemon. Dan ada pula yang berwarna hitam dan orange menyala dengan corak khas berupa batik. Serta ada pula yang albino. Yang katanya paling mahal karena memiliki warna memukau. Yaitu warna putih dengan motif emas kemerahan.

Jika memang sangat berminat ikan oscar ini dapat Anda jumpai pada toko akuarium terdekat. Harganya memang sangat bervariasi itu semua tergantung di daerah mana Anda berada.

ikan hias predator oscar
Ikan oscar albino / aquariumfishonline

2. Belida

Jika memang sudah bosan dengan impor dari perairan Amazon. Maka ada pula pilihan jenis ikan predator air tawar endemik atau asli Indonesia.

Warna dan bentuk ikannya pun tak kalah cantik dengan ikan impor. Apalagi jenis ikan hias predator Indonesia ini memiliki rasa yang enak. Tapi harganya pun sangat fantastis.

Benar sekali ikan itu adalah ikan belida. Ikan belida adalah ikan endemik yang dapat kita jumpai pada perairan Sumatera dan Kalimantan.

Bentuk ikan belida ini adalah pipih dengan warna tubuh abu – abu mengkilap. Dengan sedikit corak hitam dan putih.

Namun, keberadaan ikan belida sudah terancam punah karena sudah tereksploitasi besar – besaran. Sehingga untuk memilikinya harus berjuang keras.

Karena rasa daging ikan yang khas. Maka masyarakat Sumatera Selatan dan Kalimantan khususnya Sukamara mengolah belida menjadi makanan khas.

Seperti kerupuk Palembang dan pempek. Sedangkan di Sukamara menjadi olahan berupa kerupuk basah dan amplang. Olahan dari kedua daerah tersebut pun sangat enak karena gurihnya ikan belida.

Baca Juga: Jenis Ikan Channa Hias yang Terpopuler

3. Arwana

Ikan asli dan predator air tawar asli indonesia selanjutnya adalah arwana. Dan siapa yang tak mengenal ikan yang begitu cantik dengan warna merahnya yang merona.

Sebagai ikan hias yang sangat populer arwana tentunya memiliki harga papan atas. Semakin besar ukurannya semakin mahal pula. Maka tidak heran ada yang mengkoleksi arwana sebagai investasi jangka panjangnya.

Tapi itu semua berbanding lurus dengan biaya perawatannya. Terutama harga pakan yang relatif mahal. Apalagi dengan sifat karnivoranya yang begitu tinggi, maka makanan harus dengan persediaan yang lebih.

Baca Juga: Ciri Ikan Lemon: Makanan dan Jenis

4. Ikan datz predator air tawar

Jenis ikan predator perairan tawar yang terakhir adalah datz (tiger fish). Ikan datzh adalah ikan predator endemik Indonesia yang berasal dari perairan pulau Sumatera, Kalimantan dan Papua.

ikan hias predator endemik
Ikan hias datzh / ikanesia

Secara umum yang menjadi daya tariknya adalah warnanya yang begitu cantik. Ikan datz ini memiliki warna tubuh berupa perpaduan antara warna dasar emas dan garis-garis hitam vertikal (bar).

Kata para kolektor ikan hias predators air tawar garis vertikal atau bar menentukan nilai jualnya. Apabila ikan memiliki bar sebanyak tiga buah maka harga ikan lebih mahal.

Karena kebanyakan ikan datzh memiliki empat bar saja. Jadi ikan datz dengan tiga bar adalah ikan yang relatif langka.

Baca Juga: