Fasilitas, Pelayanan, dan Jadwal Tiket Kapal KM. Dharma Rucitra IX

Last Updated on 29 March 2021 by Adha Susanto

Transportasi kapal laut KM. Dharma Rucitra IX merupakan transportasi umum untuk penumpang dan kendaraan. Melayani rute dari pelabuhan Kumai ke Semarang atau sebaliknya. Kapal dilengkapi dengan teknologi canggih untuk memberikan kenyamanan dan keamanan. Akses untuk memperoleh informasi jadwal tiket kapal Dharma Rucitra IX semakin mudah didapatkan. Harga relaif terjangkau dengan fasilitas dan pelayanan kapal yang berkualitas.

KM. Dharma Rucitra IX PT. Dharma Lautan Utama (DLU)

Perusahaan besar ini didirikan oleh Bapak Soekarno pada 15 Februari 1976 di Surabaya. Pertama kali beroperasi dengan tiga buah kapal feri yang di sewa oleh PJKA. Hingga berhasil membangun sebuah kapal baru bernama KMP. Joko Tole. Sebagai perusahaan pelayaran nasional yang bergerak dalam bidang industri angkutan laut PT. DLU memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional.

Hingga saat ini PT. DLU telah berkembang menjadi sebuah perusahaan pelayaran nasional angkutan laut yang besar. Memberikan pelayanan ekstra untuk meningkatkan perekonomian nasional dengan memperlancar alur distribusi logistik dan masyarakat antar pulau. Serta layanan akses jadwal tiket semakin mudah diakses kapanpun.

Kapal-kapal yang di operasikan semakin canggih, terjangkau, dan nyaman. Menjadi pilihan masyarakat dan perusahaan-perusahaan logistik untuk memperlancar aktivitas bisnis.

jadwal tiket kapal Dharma Rucitra IX
KM. Dharma Rucitra IX Tanjung Emas Semarang

Kapal Dharma Rucitra IX merupakan salah satu kapal yang dimiliki perusahaan. Dilengkapi teknologi canggih dan berkapasitas besar. Dilansir dari laman Suara Merdeka kapal ini mampu menampung 750 penumpang, 500 sepeda motor, 110 unit mobil, dan 20 unit truk. Melayani rute pelabuhan Kumai (Pangkalan Bun) – Semarang dengan waktu tempuh 19 jam.

Jadwal dan pemesanan tiket kapal KM. Dharma Rucitra IX

Teknologi informasi yang berkembang pesat telah memudahkan kita untuk mencari informasi yang cepat dan efisien. Semua informasi jadwal dan harga tiket kapal Dharma Rucitra IX tersedia di laman website dan aplikasi resmi PT. DLU. Jika mempunyai waktu luang atau memiliki hobi sebagai traveller maka dapat pula berkunjung langsung ke kantor cabang PT. DLU.

Berikut laman website PT. DLU.CO.ID

Pemesanan tiket kantor Cabang PT. DLU Semarang

Lokasi kantor berada di kawasan Kota Semarang tepatnya di depan Universitas Nasional Karangturi Semarang. Untuk mempermudah menemukan titik lokasi kantor, sangat disarankan memanfaatkan Gmaps pada telepon seluler android.

Kantor Cabang PT. DLU Kumai

Berada di jalan utama pelabuhan Kumai tepatnya sebelum pasar jika datang dari arah selatan. Kantor berada di sebelah kiri jalan.

Baca Juga Pengertian Tol Laut, Konsep dan Tujuan

Boarding pass tiket di pelabuhan

Informasi tata cara boarding pass ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi saat perjalanan tanpa membawa kendaraan bermotor dan membawa kendaraan bermotor. Pengalaman ini menarik dan sangat menyenangkan bagi penulis karena sangat hobi menikmati perjalanan.

Tanpa kendaraan bermotor

Saat boarding tanpa membawa kendaraan bermotor tidak terlalu ribet. Karena cukup menunjukkan pemesanan tiket dan KTP. Memakai gelang tangan penumpang PT. DLU dan duduk di ruang tunggu yang dingin. Lama tunggu kurang lebih 2-3 jam dan itu sangat tergantung dari kedatangan kita ke pelabuhan.

Ruang tunggu penumpang di pelabuhan Kumai dan Semarang sudah sangat nyaman dan tidak kalah dengan bandara. Fasilitas lengkap, bersih dan aman memberikan kepuasan kepada calon penumpang kapal. Oleh sebab itu, pilihan untuk menggunakan kapal laut sebagai moda transportasi umum terjangkau menjadi lebih menyenangkan dan berkesan. Karena pelayanan pelabuhan perusahan kapal dan pelabuhan yang ekstra.

Mebawa kendaraan bermotor

Lain hal perjalanan membawa kendaraan bermotor. Boarding tiket menjadi dua yaitu penumpang dan kendaraan. Jika keberangkatan dari pelabuhan Kumai maka sangat disarankan untuk boarding tiket terlebih dahulu di depan. Baru kemudian membawa kendaraan menuju kawasan tunggu kendaraan dan penumpang. Sebelum memasuki kawasan tunggu akan di konfirmasi kembali oleh pihak kepolisian untuk validasi STNK dan plat nomer kendaraan yang akan di bawa pergi.

Keberangkatan dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang sangat nyaman karena satu jalur langsung. Dimana pada saat memasuki pelabuhan kendaraan dapat langsung di bawa ke kawasan tunggu kendaraan. Boarding tiket kendaraan juga berada di dekat di kawasan tunggu kendaraan. Setelah itu dapat boarding tiket penumpang ke ruang tunggu penumpang melalui pintu belakang. Apabila sudah selesai boarding dan memakai gelang penumpang dapat kembali ke kendaraan kita.

Pengalaman dari membawa kendaraan bermotor untuk naik ke atas kapal mayoritas didahulukan daripada penumpang biasa. Tentu hal tersebut menjadi keuntungan tersendiri untuk leluasa memilih tempat tidur. Hal itu merupakan salah satu bentuk pelayanan perusahaan kapal yang ekstra kepada pelanggan setianya.

Mengenai tempat tidur di dalam kapal ini mayoritas adalah ruang ekonomi. Jadi bisa untuk rebutan siapa cepat dia dapat. Namun, ada juga yang diarahkan sesuai dengan nomer pemesanan yang tercatat pada tiket.

Fasilitas dan Pelayanan Kapal Dharma Rucitra IX
Kamar Tidur KM. Dharma Rucitra IX

Fasilitas dan pelayanan kapal

Memberikan kenyamanan terhadap penumpang merupakan salah satu kunci untuk bersaing dengan moda transportasi lainnya. Tidak terkecuali yang dilakukan oleh PT. DLU yang memberikan pelayanan ekstra. Kapal yang canggih dan besar dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang.

Seperti cafe dan restaurant, pertunjukan musik, kapal yang berpendingin, dan dilengkapi layar TV yang menayangkan film-film menarik. Fasilitas lainnya seperti toilet bersih, musholla bersih dingin dan lingkungan dalam kapal bersih. Terasa sangat nyaman sekali bepergian menggunakan kapal laut KM. Dharma Rucitra IX.

Layanan makan 2 x sehari dan air panas gratis di pantri cukup nyaman untuk menjaga perut tidak kosong. Jika kurang menyukai layanan makan di dalam kapal. Maka tidak salah untuk mencoba makan di cafe dan restaurant kapal. Harga masih normal untuk di perjalanan di laut. Pilihan menu sangat bervariasi mulai dari rawon sapi, bakso, ayam plican, nasi ayam fried chicken dan pepes bebek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *