5+ Alasan Kenapa Orang Harus Bekerja

Last Updated on 8 December 2023 by Adha Susanto

Estimated reading time: 4 minutes

Alasan dan manfaat utama dari bekerja, yaitu mendapatkan uang dan memenuhi kebutuhan sehari-hari untuk hidup. Tak hanya itu berikut adalah tujuan dan alasan lain mengapa orang harus tetap bekerja dengan gaji dan tempat yang sesuai.

Bekerja sudah menjadi kebutuhan setiap orang agar dapat menghasilkan barang/jasa dan memenuhi kebutuhan hidup hingga keinginan.

Setiap orang pun memiliki beragam pekerjaan untuk mencapai kebutuhan dan keinginannya. Ada yang bekerja dengan membuka usaha dan ada pula yang bekerja di tempat penyedia lapangan pekerjaan, seperti perusahaan dan instansi pemerintahan.

Oleh karena itu, kita menjumpai orang-orang bekerja berdasarkan kemampuan, keinginan dan tempat yang sudah pernah diimpi-impikan.

Tetapi ada pula orang yang sudah bekerja di tempat yang sesuai kemampuan, kemudian terbentur dengan regulasi dan rekan kerja yang membagongkan.

Setiap hari pun harus bekerja dengan berat hati dan pikiran, tapi tidak alasan orang tersebut harus melalaikan tugasnya. Karena alasan ini tidak tepa, demikian pula dalam ajaran agama, bahwa bekerja adalah bagian dari anjuran untuk tetap hidup di dunia.

Mencari tempat bekerja yang baru sesuai keinginan dan kemampuan pun menjadi jawaban dalam permasalahan orang tersebut.

Selagi menunggu mendapatkan pekerjaan di tempat baru dengan gaji setara atau lebih tinggi dari sekarang yang prosesnya lama. Menjalankan pekerjaan yang ada untuk mendapatkan pemasukan harus tetap berjalan.

manfaat, tujuan dan alasan harus bekerja
Manfaat dan Alasan Orang Harus Bekerja

Itu sebabnya tidak ada alasan lain seseorang untuk tidak bekerja. Dan kemungkinan lima alasan umum seseorang harus bekerja selain untuk mendapatkan uang meliputi hal di bawah ini.

Baca Juga: Melakukan Pekerjaan Dengan Penuh Tanggung Jawab

Alasan harus bekerja

Ada banyak alasan orang untuk tetap harus bekerja selain memenuhi kebutuhan dan keinginan untuk diri sendiri dan keluarga.  

Inilah kelima alasan lain yang bisa terjumpai di setiap orang yang bekerja.

Menambah ilmu pengetahuan dan teknologi

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berlangsung menuntut kita untuk bisa beradaptasi agar tidak termakan oleh zaman.

Pasalnya perusahaan atau penyedia lapangan kerja sudah banyak memanfaatkan kemajuan teknologi dan pengetahuan untuk mengembangkan bisnisnya.

Kita yang tidak mengetahui hingga menguasainya akan menjadi seorang pekerja yang tertuntut dengan kekuatan otot dan fisik.

Terkekang oleh regulasi untuk terus giat bekerja padahal manfaat atau feedback dari penyedia tempat kerja tidak ada. Selain gaji rutin yang nominalnya hanya jalan di tempat.

Mengembangkan karir atau jabatan

Memperoleh jenjang karir dan jabatan yang jelas menjadi alasan setiap orang harus tetap bekerja di tempat tersebut.

Dengan tujuan utama agar dapat mengubah nasib dan mendapatkan privilege dalam dunia karir. Tanpa harus terbagongkan oleh regulasi dan budaya kerja yang membuat tidak optimis dalam menapaki karir.

Orang harus bekerja untuk meningkatkan kepercayaan diri

Alasan lain mengapa orang harus bekerja adalah untuk meningkatkan kepercayan dan kepribadian diri.

Bekerja sesuai dengan pengetahuan dan pendidikan yang mumpuni dapat membangkitkan semangat seseorang untuk bekerja.

Namun, bisa saja semangat dan kepercayaan diri seketika gusar oleh budaya dan lingkungan kerja yang tidak sesuai harapan.

Untuk itu, mempertimbangkan lebih dalam sebelum memutuskan tempat untuk bekerja, selain karena ada tujuan tersendiri adalah hal yang penting.

Memperluas relasi

Makin banyak teman makin banyak sumber rezeki, dan pengetahuan baru. Itulah satu dari alasan lain orang harus bekerja di tempat yang memberikan jangkauan relasi lebih luas.

Relasi luas yang diperoleh saat bekerja memiliki manfaat besar untuk membangun bisnis atau proyek menguntungkan di kemudian hari. Karena setiap orang pasti memiliki bidang pengetahuan yang bisa berkombinasi menjadi sebuah kekuatan dalam mengembangkan bisnis..

Menambah modal untuk usaha dan aset

Modal menjadi kebutuhan dasar untuk membangun usaha dan aset. Untuk memperolehnya maka tidak alasan selain orang tersebut harus bekerja agar dapat mencapai tujuan lain dalam karirnya.

Kemudian, menyisihkan uang hasil bekerja untuk keperluan membangun usaha dan aset yang memiliki manfaat di hari tua nanti.

Oleh karena itu, banyak orang menerima atau menolak tawaran bekerja dengan dua pertimbangan, yaitu nominal gaji dan beban pekerjaan yang harus dijalani.

Alasan orang bekerja adalah untuk mengasah otak

Dari buku Tasawuf Modern karangan Prof. Hamka ada hal yang menarik tentang fitrah kita sebagai manusia yang harus bekerjaa di muka bumi ini. Menurutnya, membiasakan otak terus berpikir saat bekerja mempunyai manfaat baik bagi kesehatan jiwa.

Sebab seorang yang ahli pikir yang dekat dengan pengalaman akan lebih mudah mengambil keputusan dan menjalankan logika yang tepat dalam mengarungi kehidupan.

Selain itu, akan terlihat lebih berseri dari orang yang tidak pernah menggunakan otaknya untuk berpikir dan bekerja. Oleh karenanya, seorang pemikir dan mempunyai ilmu laksana seorang yang mempunyai sebuah keris pusaka yang tajam.

Baca Juga: