Pelabuhan Makassar Soekarno – Hatta

Last Updated on 7 February 2022 by Adha Susanto

Soekarno Hatta adalah nama sebuah pelabuhan internasional yang berada di Kota Makassar. Alamat lengkap pelabuhan di Kota Makassar ini berada di Jl. Nusantara No.378, Butung, Kec. Wajo. Pelabuhan Makassar menjadi lokasi kapal sandar yang memiliki jadwal rutin berlayar dan menjadi penghubung ke Kawasan Timur Indonesia. Berikut adalah uraian singkat profil pelabuhan Soekarno Hatta.

Profil Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar

Pelabuhan Makassar atau dengan nama Soekarno Hatta adalah pelabuhan yang secara umum memiliki fungsi yang sama dengan pelabuhan lainnya. Profil aktivitas yang ada pada pelabuhan Soekarno Hatta adalah bongkar muat barang general cargo, penumpang dan petikemas.

Letaknya yang berada pada kawasan ALKI menjadikan pelabuhan Soekarno Hatta berskala internasional. Dan menjadi salah satu pelabuhan dalam program tol laut Indonesia yang penting. Serta salah satu pelabuhan sibuk di Indonesia.

Untuk pengelolaan pelabuhan Makassar berada pada naungan PT. Pelindo IV. Semua fasilitas pelayanan dan jadwal kapal sandar di pelabuhan Makassar ini pun dapat kita akses melalui internet. Khususnya jadwal kapal penumpang milik PT. Pelni dan PT. DLU.

Simple Calculator Lite
profil pelabuhan makassar soekarno hatta makassar
Pelabuhan Soekarno Hatta

Fasilitas pelabuhan Makassar

Untuk menunjang kegiatan bongkar muat. Pelabuhan Soekarno Hatta dengan alamat lengkap di jalan Nusantara Kota Makassar ini memiliki dua terminal. Yaitu terminal Soekarno dan Hatta.

Terminal Soekarno

Pada terminal Soekarno terjadi aktivitas untuk kegiatan bongkar muat barang general cargo dan penumpang. Untuk menunjang berbagai aktivitasnya terminal memiliki fasilitas pokok berupa dermaga, terminal penumpang, gudang, terminal mobil, lapangan penumpukan, serta jembatan timbang.

Panjang dermaga pada terminal Soekarno adalah 1.360 m dengan kedalaman -8 s/d -10 mLWS. Dan terbagi atas 4 (empat) segmen. Tiga segmen khusus untuk dermaga multipurpose dan satu segmen sebagai dermaga penumpang.

Terminal Hatta

Merupakan terminal yang peruntukkannya khusus petikemas yang terdiri dari fasilitas dermaga, lapangan penumpukan, dan jembatan timbang. Dan dermaga terbagi dalam dua segmen.

Pada terminal Hatta dermaga khusus menjadi wilayah sandar kapal petikemas dan curah kering. Untuk panjang dermaga petikemas adalah 850 meter dan dermaga kapal curah kering sepanjang 150 meter. Kedalaman dermaga minimum -10 m LWS.

Dengan fasilitas dermaga demikian maka Terminal Hatta pelabuhan Makassar dapat melayani jadwal kapal petikemas yang sandar berkapasitas maksimal 3.000 TEU‟s.

Kegiatan pelayanan pelabuhan Makassar

jadwal kapal sandar pelabuhan makassar
Proses kapal sandar di pelabuhan

Semua kegiatan yang ada pada pelabuhan berteknologi modern. Modernisasi teknologi menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan produktivitas pelabuhan. Berikut adalah kegiatan yang ada pada pelabuhan.

Bongkar muat general cargo

Kegiatan menggunakan crane kapal atau crane yang disewa oleh PT.Pelindo IV cabang Makassar. Serta dapat dibantu oleh Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKMB).

Emberkasi atau deberkasi kapal penumpang

Fasilitas pada pelayanan penumpang pelabuhan Soekarno Hatta sudah modern. Seperti cetak tiket layaknya pada stasiun-stasiun kereta pulau Jawa. Untuk naik dan turun kapal sudah layaknya bandara menggunakan garbarata. Terminal tunggu penumpang nyaman, bersih, luas dan dingin layaknya bandara pesawat.

Labuh atau tambat kapal

Merupakan kegiatan olah gerak kapal (proses in out) mulai dari ambang batas daerah kerja pelabuhan sampai kapal bertambat di dermaga dengan menggunakan kapal pandu dan personil.

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Ilmu Kelautan dan Pramuka Universitas Diponegoro

View all posts by Adha Susanto →

Leave a Reply

Your email address will not be published.