10 Jenis Ikan Asap yang Enak

Last Updated on 8 December 2023 by Adha Susanto

Estimated reading time: 4 minutes

Mengasapi adalah teknik untuk mengawetkan, memperbaiki rasa agar enak, dan mempercantik warna, merupakan keunggulan jenis olahan ikan asap. Dan berikut adalah 10 olahan ikan asap dengan rasa enak seperti tongkol, cakalang, tuna, pari, haruan dan lain-lain.

Satu di antara olahan ikan tradisional yang banyak terminati masyarakat Indonesia adalah ikan asap atau salai.

Olahan ikan ini menjadi favorit, karena bisa terkombinasikan dengan berbagai menu masakan rumahan hingga restoran.

Pada setiap daerah pun kita bisa menemukan berbagai jenis ikan yang terolah teknik tradisional ini.

Simak 10 olahan bahan baku ikan asap yang dapat kita jumpai di setiap daerah Indonesia di bawah ini ya.

Baca Juga:

Jenis ikan asap

Ikan paling ideal untuk bahan baku olahan tradisional ini adalah adalah ikan dengan tekstur daging tebal dan berukuran besar.

Pada uraian berikut ini telah kami rangkum 10 jenis ikan asap, karena berdaging tebal, enak dan warna menarik.

ikan asap pelagis tuna, cakalang
Ikan asap dengan warna cantik / Unsplash

Tongkol

Jenis ikan pertama yang banyak tergemari masyarakat adalah ikan tongkol. Ikan tongkol sangat cocok untuk menjadi olahan tradisional ini, karena dagingnya yang tebal dengan rasa gurih.

Tidak heran jika ikan tongkol dapat tersajikan dalam berbagai menu olahan nusantara selain karena bergizi tinggi.

Cakalang

Termasuk dalam kelompok ikan pelagis yang memiliki kemampuan renang cepat dengan bentuk tubuh lonjong dan berdaging padat. Ikan cakalang sangat cocok sebagai bahan baku untuk produksi ikan asap enak skala rumah tangga hingga produksi.

Baca Juga: Resep Ikan Keumamah Tongkol Khas Aceh

Ikan asap tuna

Jika tongkol dan cakalang adalah kelompok ikan pelagis kecil dengan daging enak, maka tuna pun bisa menjadi ikan asap yang lebih enak.

Rasa lezat dan gurih pada daging ikan tuna asap berasal dari kandungan asam glutamat yang melimpah. Oleh karena itu, tidak heran jika olahan tuna sangat mahal dari kelompok ikan pelagis lainnya.

Pari

Selain kelompok pelagis besar atau kecil, komoditas lainnya yang sangat cocok untuk bisa terolah dengan teknik pengasapan adalah kelompok ikan demersal.

Contoh ikan demersal dengan daging padat dan tulang rawannya yang enak adalah ikan pari.

Karena itu, olahan ikan pari banyak terjumpai hampir di seluruh wilayah Indonesia dengan berbagai menu masakan yang khas.

Manyung

Satu jenis ikan demersal lainnya yang juga banyak terawetkan dengan teknik pengasapan adalah ikan manyung atau jambal roti.

Teknik pengasapan ikan manyung sangat bermanfaat sekali untuk memberikan cita rasa enak dan menambah nilai jualnya.

Bagi Anda yang penasaran dengan kelezatan manyung asap tidak perlu repot untuk menemukannya.

Sebab olahan ikan manyung asap dengan berbagai rasa dapat terjumpai di sepanjang pantura Jawa.

Ikan haruan/gabus

Masyarakat Kalimantan lebih mengenal ikan yang terawetkan dengan cara pengasapan sebagai ikan salai.

Umumnya ikan-ikan salai berasal dari sungai atau genangan air terbuka lainnya. Haruan atau gabus menjadi satu contoh favorit ikan salai dengan rasa lezat dan kaya manfaat, karena terdapat albumin.

ikan asap haruan enak dengan warna cantik
Ikan asap haruan yang enak

Lele

Sudah sangat familiar bagi keluarga Indonesia lele bisa kita tambah cita rasa dan keawetannya dengan teknik pengasapan panas.

Pengasapan ikan lele juga sangat menguntungkan bagi pengrajin, karena nilai jual dan daya simpannya lebih lama.

Serta rasa khas dari jenis ikan asap lele banyak terminati oleh masyarakat. Salah satu menu olahan yang favorit dan bisa memanfaatkan olahan lele asap adalah mangut.

Patin

Tersedia dalam jumlah besar mengolah ikan patin untuk lebih terasa enak dan tahan lama menjadi trik untuk menambah nilai jual.

Untuk mengolahnya menjadi menu masakan pun juga sangat bervariasi. Karena, pada setiap daerah memiliki resep khusus untuk mengolah ikan patin asap dengan rasa uniknya.

Baca Juga: Olahan Ikan Patin Simple yang Rasanya Bikin Nagih

Baung

Komoditas ikan air tawar di perairan Kalimantan dan Sumatera menyediakan beragam jenis ikan yang kaya protein dengan rasa enak. Contoh ikan dengan rasa enak dari perairan sungai adalah ikan baung.

Ikan baung sungai yang khas dengan patil dan sungut berbahayanya bisa terolah dengan cara di bakar atau salai. Tujuan utamanya untuk memunculkan cita rasa gurih dan enak saat di makan.

Ikan asap lais Kalimantan

Bentuk tubuhnya yang gepeng dan berkumis ikan lais termasuk jenis ikan kelompok catfish dengan rasa daging enak.

Memanfaatkan ikan lais untuk bahan baku olahan ikan asap sangatlah tepat. Sebab ikan lais memiliki pasar yang bagus, sehingga permintaan pun relatif lebih stabil hingga tinggi.

Teknik mengawetkan secara alami dan memberikan cita rasa enak dengan pengasapan panas akan menambah nilai jualnya. Sehingga pengrajin ikan lais salai bisa mendapatkan keuntungan lebih besar.

Serta masih banyak jenis ikan lainnya yang bisa kita olah menjadi ikan asap atau salai dengan rasa enak dan warna menarik. Semuanya tergantung selera dan ketersediaan bahan baku.

Baca Juga: