Cerita Film Animasi SpongeBob SquarePants

Last Updated on 30 August 2021 by Adha Susanto

SpongeBob SquarePants adalah serial film animasi ternama. Film ini menggambarkan cerita kehidupan dasar laut (bentik) samudra Pasifik. Tentunya film ini tercipta oleh seorang ahli bernama Stephen Hillenburg. Beliau adalah ahli biologi laut dan kreator animator. Pada animasi ini menggambarkan tokoh SpongeBob, Patrick Star, Squidwards Tentacles, Tuan Krab, dan Sheldon J. Plankton. Mereka hidup di perairan dasar laut dengan kelucuan yang khas.

Pada artikel ini akan mengulas kehidupan tokoh hewan laut pada film SpongeBob SquarePants. Ulasan mengacu pada artikel biologi dan ekologi hewan laut. Berikut adalah ulasan singkatnya.

Tokoh-Tokoh Film SpongeBob Squarepants

SpongeBob

Ciri khas SpongeBob adalah hewan laut berpori-pori berwarna kuning. Pada serial cerita animasi SpongeBob berbentuk kotak dan mempunyai kaki. Tokoh utama pada film animasi ini terinspirasi dari hewan laut berupa Sponge.

Sponge laut adalah hewan yang berpori dan hidupnya menetap pada dasar laut. Hewan ini sebenarnya juga dapat dijumpai di perairan tawar. Jika di laut hewan Sponge ini banyak hidup di sekitar terumbu karang. Bentuk dan warnanya pun sangatlah beragam. Dia mampu hidup sangat lama dengan menyaring air laut untuk memperoleh makanannya.

Pada serial film animasi SpongeBob Squarpant dia mempunyai seekor siput laut. Siput laut itu adalah hewan peliharaannya. Demikian juga di ekosistem laut. Sponge di kenal mempunyai pertahanan kimiawi yang mampu melindungi hewan kelas bivalvia tersebut dari predatornya. Adapun preadator yang di maksud adalah hewan kelas asteroidea. Atau mungkin lebih dikenal sebagai bintang laut layaknya Patrick Star.

Patrick Star

Tokoh Patrick Star adalah seekor ikan bintang laut warna merah muda yang berduri kecil. Dia adalah kawan dekat SpongeBob yang mempunyai rumah batu dengan dinding dan lantai pasir. Nah, gambaran kehidupan di rumah batu berpasir ini sesuai pada kehidupan aslinya. Yang hidup pada daerah berpasir dan pecahan batu koral.

Kehidupan Patrick di habitat laut asli adalah bersifat predator. Dia gemar sekali memangsa siput, terumbu karang, pemakan rumput (grazer). Untung saja Gery SpongeBob tidak di mangsa oleh Patrick. Namun, di lain sisi Patrick sangat penting untung menjaga ekologi laut. Jika saja jumlahnya tidak mendominasi. Salah satunya di terumbu karang.

Squidwards Tentacles

Kawan dekat lainnya pada cerita harian SpongeBob di film animasi ini adalah Squidwards. Squidwards adalah seekor gurita samudera Pasifik yang punya tentakel. Mempunyai rumah berupa patung laki-laki besar yang di sebut Moai. Moai sendiri adalah salah satu bukti sejarah peradaban di pulau Paskah samudera Pasifik.

Sejarah dan Misteri Patung Moai di Pulau Paskah

Gurita laut adalah bagian dari kelas Chepalopoda yang hidup hampir di seluruh laut. Mempunyai delapan tentakel dan tinta untuk alat pertahanan. Selain itu saat predator mengancam Gurita dapat mengubah warna tubuhnya. Berubahnya warna kulit pada Gurita karena dia mempunyai banyak khromatofor. Khromatofor inilah yang menyimpan banyak zat warna atau pigmen untuk memberikan warna pada kulitnya.

Tuan Krab

Dia adalah sang pemilik restoran Krusti Krab dengan SpongeBob dan Squidward sebagai karyawannya. Tuan Krab pada film SpongeBob sangat jelas sebagai seekor kepiting laut. Dengan demikian habitat asli tuan krab adalah terumbu karang.

Peran dia sangat penting di terumbu karang untuk menjaga dari predator kelas Asteroidea. Maka wajar saja jika Tuan Krab tidak mempekerjakan Patrick Star. Karena Tuan Krab bertugas untuk mengusir Patrick Star yang banyak hidup di terumbu karang.

Proses Terbentuknya Karang Atol

Sheldon J. Plankton

Musuh bebuyutan Tuan Krab pada cerita film animasi SpongeBob adalah Sheldon J. Plankton. Plankton adalah tokoh yang sangat terobsesi untuk mencuri resep Krabby Patty. Namun dia selalu kalah.

Dalam ekologi laut Sheldon J. Plankton adalah zooplankton sejati (holoplankton). Ukuran tubuhnya mencapai 0,2-20 mm yang termasuk dalam Mesozooplankton. Sebutan sebagai zooplankton sendiri berdasarkan ciri tubuhnya yang mempunyai antena. Layaknya seekor zooplankton jenis Kopepod.  

Lebah laut di film Spongebob Squarepants

Kota Bikini Bottom juga terdapat lebah-lebah. Lebahnya berupa ubur-ubur. Ubur-ubur memiliki sengatan. Sengatannya berasal dari sel sengat yang di sebut nematochys. Ketika sel sengat mengenai korbannya, maka akan terasa nyeri, mual, dan kram otot. Karena itula ubur-ubur untuk berperan sebagai lebah.

Anjing di film animasi SpongeBob SquarePants

Hewan yang berperan sebagai anjing pada cerita film SpongeBob ini adalah hewan kelas annelida. Annelida adalah kelompok hewan bentik berupa cacing. Sebenarnya di laut juga terdapat anjing laut.  Namun, pada film SpongeBob ini merupakan cerita laut yang dominan sebagai hewan bentik. Maka cacing lautlah yang cocok berperan sebagai anjing.

Anjing Laut dan Kehidupan Orang Nors di Greenland

Referense

Wikipedia dan artikel ilmiah biologi dan ekologi kimia laut

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Ilmu Kelautan dan Pramuka Universitas Diponegoro

View all posts by Adha Susanto →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *