Pengertian Tol Laut, Konsep dan Tujuan

Last Updated on 31 August 2021 by Adha Susanto

Sekilas jika mendengar sebuah kata tol maka akan terpikirkan arti kata tersebut adalah sebuah jalan bebas hambatan. Selain itu juga akan terpikirkan sebuah konsep jalan tol yang berada di atas laut seperti di Bali. Namun, tol laut adalah lebih ditekankan pada lalu lintas kapal. Tujuan utama tol laut yakni mendistribusikan kebutuhan masyarakat melalui jalur laut.

Mengapa harus dinamakan demikian? Karena laut merupakan jalan untuk kapal-kapal yang berlayar diatasnya. Sebuah jalan untuk lalu lintas kapal-kapal yang mengangkut barang industri, sembako, bahan bakar, dan orang.

Pengertian

Tol laut adalah sebuah konsep untuk mendistribusikan barang logistik ke seluruh wilayah Indonesia melalui jalur laut menggunakan kapal-kapal. Konsep tersebut diharapkan dapat melayani seluruh kebutuhan masyarakat Indonesia. Dengan harga barang, sembako dan lain-lain merata antara daerah barat dengan timur Indonesia.

Konsep Tol Laut

Konsep tertuang dalam peraturan Presiden (Perpres) Nomor 106 Tahun 2015 Nomor 106 Tahun 2015. Tentang Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik Untuk Angkutan Barang di Laut pada tanggal 1 Oktober 2015.

Sejatinya tujuan tol laut adalah untuk mendistribusikan kebutuhan pokok masyarakat ke seluruh wilayah Indonesia menggunakan kapal. Kapal akan berlayar secara rutin dari ujung barat hingga timur Indonesia. Untuk wilayah yang tidak terjangkau oleh kapal besar, akan di dukung oleh kapal-kapal lebih kecil.

Pelabuhan utama untuk pemberhentian kapal besar dalam konsep tol laut berjumlah 6 pelabuhan. Yakni pelabuhan Belawan (Medan), Tanjung Priok (Jakarta), Tanjung Perak (Surabaya), Soekarno Hatta (Makassar), Bitung, dan Teluk Bintuni (Sorong).

Tujuan Program

Secara umum tujuan dari tol laut adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Masyarakat dapat memperoleh kebutuhan pokok dengan harga yang relatif merata dari barat hingga timur Indonesia. Serta mampu membuka peluang kerja untuk mengurangi jumlah pengangguran.

Referensi

knci.co.id

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Ilmu Kelautan dan Pramuka Universitas Diponegoro

View all posts by Adha Susanto →

Leave a Reply

Your email address will not be published.