Pelabuhan Merak Banten – Bakauheni Lampung

Last Updated on 29 August 2021 by Adha Susanto

Pelabuhan Merak Banten dan Bakahueni Lampung adalah pelabuhan dengan fasilitas pelayanan rute dari dan ke Pulau Jawa dan Sumatera. Semua fasilitas, info, dan jadwal perjalanan kapal pelabuhan Merak dan Bakauheni di kelola oleh PT. ASDP Ferry Indonesia.

Lokasi Pelabuhan Merak – Bakauheni

Selat Sunda adalah kawasan perairan yang menghubungkan antara pulau Jawa dan Sumatera. Pelabuhan Merak Banten berada di Pulau Jawa. Sedangkan di pulau Sumatera terdapat pelabuhan Bakauheni Lampung. Jarak kedua pelabuhan yang tersatukan oleh perairan selat Sunda adalah 16 mil (25.75 km). Dapat tertempuh menggunakan kapal penyebrangan milik PT. ASDP Ferry Indonesia rata – rata selama 120 menit.

Pelabuhan Merak adalah sebuah pelabuhan yang letaknya berada di Provinsi Banten. Sedangkan pelabuhan Bakauheni terletak di Kecamatan Bakauheni Provinsi Lampung. Kategori pelabuhan Merak dan Bakauheni adalah pelabuhan umum yang melayani penyeberangan antara pulau Jawa dan Sumatera serta sebaliknya.

Fasilitas pelabuhan Asdp Merak – Bakauheni

Pelabuhan Merak memiliki luas lahan mencapai 150.615 m2. Sedangkan pelabuhan Bakauheni memiliki luas lahan mencapai 452.458 m2. Pelabuhan memiliki fasilitas yang sama yakni 1 dermaga executive dan 6 dermaga reguler.

Dermaga yang ada pada setiap pelabuhan memiliki jenis yang sama. Setiap ukuran dermaga bergantung pada ukuran kapal yang akan bersandar. Jenis dermaga yang ada pada pelabuhan adalah Qua Wall, Dolphin dan Jetty.

info jadwal pelabuhan merak bakauheni dan fasilitas perjalanan
Perjalanan Merak – Bakauheni

Sedangkan fasilitas lainnya yang ada pada pelabuhan adalah pemandangan pulau-pulau kecil yang ada disekitar pelabuhan. Terutama pada pelabuhan Bakauheni yang memiliki deretan pulau kecil dengan keindahannya. Air laut yang terlihat berwarna hijau menambah keindahan pulau yang terhampar hijau pepohonannya. Demikianlah fasilitas dari alam ketika dalam perjalanan pelabuhan Merak – Bakauheni.

Jadwal kapal

Kapal yang beroperasi merupakan kapal jenis Roll on Roll of (RoRo). Jenis kapal RoRo adalah kapal yang cocok untuk melayani alur perdagangan di pulau Sumatera dan Jawa. Lihat saja begitu banyak truk-truk yang mengangkut logistik berupa sembako setiap harinya. Selain itu kapal juga cocok untuk mengangkut kendaraan kecil seperti mobil dan sepeda motor penyebrang. Baik para pelancong atau para pebisnis.

Jumlah kapal yang tersedia pada pelabuhan adalah 57 kapal. Dengan jumlah kapal yang beroperasi setiap harinya sekitar 24 kapal. Kapal yang beroperasi setiap harinya telah memiliki info dan jadwal yang tetap terilis oleh ASDP Merak – Bakauheni.

Untuk lebih lengkapnya info kapal di pelabuhan Merak – Bakauheni dapat klik link Jadwal Kapal.

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Ilmu Kelautan dan Pramuka Universitas Diponegoro

View all posts by Adha Susanto →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *