Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan

Last Updated on 29 August 2021 by Adha Susanto

Asam lemak omega-3 adalah bagian dari kelompok asam lemak esensial. Asam lemak ini tidak dapat di produksi oleh tubuh manusia. Manusia hanya bisa memperolehnya melalui makanannya sehari-hari. Salah satunya pada ikan. Ikan mengasilkan minyak ikan dengan jenis asam lemak tak jenuh. Dan minyak ikan berkonfigurasi pada omega-3. Manfaat minyak ikan sebagai asam lemak esensial sendiri sangatlah beragam. Seperti untuk merawat kulit, mempercepat pertumbuhan otak pada bayi dan lain-lain.

Minyak ikan

Ikan memiliki manfaat pentig karena menganduk minyak ikan yang termasuk dalam asam lemak tak jenuh. Asam lemak tak jenuh ini berkonfigurasi omega-3. Omega-3 adalah asam lemak yang memiliki posisi ikatan rangkap pertama pada atom karbon nomer 3 dari ujung gugus metilnya. Asam linolenat, asam eikosapentaenoat, dan asam dokosa heksaenoat adalah contohnya. Contoh asam lemak esensial tersebut memiliki manfaat penting bagi kesehatan. Maka dengan konsumsi dapat mengurangi resiko penyakit.

Sumber asam lemak esensial

Ekstraksi minyak ikan-ikan pelagis. Keberadaan ikan pelagis besar memberikan kontribusi besar terhadap produksi minyak ikan terbesar.

Seperti ikan cod” (Ga-dus morhua), “coalfish” (Pollachius virens), dan “haddock” (Melanogrammus aeglefinus adalah sumber minyak ikan. Keberadaannya memberikan manfaat memproduksi minyak esensial yang berkonfigurasi omega-3. Selain itu juga banyak pada ikan laut seperti ikan salmon, tuna, hering, dan makarel.

Sumber daya laut jelas memberikan manfaat besar untuk kehidupan manusia. Menjaga sumber daya yang ada menjadi kunci untuk kelangsungan kehidupan.

Beberapa manfaat minyak ikan

manfaat minyak ikan asam lemak esensial dan omega-3
Ilustrasi Minyak Ikan (freepik.com)

Produksi minyak ikan sebagai asam lemak esensial memiliki manfaat dalam mengurangi penyakit. Mengkonsusmi ikan yang mengandung asam lemak omega-3 dapat mencegah jantung koroner.

Konsumsi minyak ikan memiliki manfaat untuk meningkatkan perkembangan jaringan otak bayi. Asam lemak esensial memberikan manfaat penting bagi perkembangan manusia sejak awal. Sistem syaraf pusat menunjukkan DHA memiliki konsentrasi tinggi pada otak dan jaringan retina.

Manfaat lain adalah dapat menurunkan kadar kolesterol (hipokolesterolemik). Mengurangi resiko penyakit diabetes melitus (kencing manis), hipertensi (tekanan darah tinggi). Mengurangi aneka kanker, penyakit kulit, dan membantu meningkatkan daya tubuh; serta mencegah asam urat.

Anjuran konsumsi untuk memberikan memperoleh manfaat minyak ikan

Maka konsumsi minyak ikan yang berkonfigurasi dengan omega-3 sangat penting. Konsumsi ikan sehari-hari mampu menjaga kesehatan tubuh. Bahkan konsumsi asam lemak omega-3 perhari dianjurkan sekitar 10-20 gram minyak ikan.

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Ilmu Kelautan dan Pramuka Universitas Diponegoro

View all posts by Adha Susanto →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *