Sifat Zat Plasma Wujud dan Contoh

Last Updated on 29 August 2021 by Adha Susanto

Wujud zat yang umum kita kenal dari bangku sekolah berjumlah tiga. Ada wujud zat padat, cair, dan gas. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan. Maka para ahli mengenalkan jenis dan sifat perubahan wujud zat dari gas yakni plasma. Bahkan tersinyalir alam semesta terbentuk dari 99% plasma dan salah satu contoh zat plasma di bumi ini adalah aurora.

Untuk mempelajari plasma maka ilmu yang berhubungan dengannya adalah fisika plasma. Jurusan kuliah fisika plasma Universitas Diponegoro adalah kampus yang fokus mempelajari plasma. Bahkan sudah menghasilkan berbagai macam teknologi plasma seperti generator ozon, zeta ozon dan lain – lain. Yang fungsinya sangat luas pada bidang kesehatan, pertanian, lingkungan dan kelautan.

Pengertian wujud zat materi plasma

Zat merupakan sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruangan. Tiga jenis zat yang sudah umum kita kenal yaitu, padat, cair, dan gas.

Sifat wujud zat padat volume dan bentuknya tetap, serta tidak bergantung pada tempatnya. Cair adalah zat dengan volumenya tetap, tetapi bentuknya berubah sesuai tempatnya. Sedangkan gas adalah zat dengan bentuk dan volumenya berubah sesuai kondisi tempatnya.

Pada tahun 1928 para ahli menyampaikan perubahan wujud zat dari gas. Dua orang ahli itu adalah Langmuir dan Tonks. Mereka mendefinisikan plasma sebagai gas yang terionisasi dalam lucutan listrik.

Definisi lain terhadap plasma yakni sebagai substansi atau zat yang memiliki kemiripan dengan zat gas. Tetapi memiliki sifat – sifat yang sangat berbeda dengan gas pada umumnya. Karena terdapat percampuran antara ion-ion bermuatan positif dengan elektron-elektron yang bermuatan negatif. Dan materi pada fase inilah disebut sebagai fase plasma.

Sifat wujud zat plasma

Beberapa sifat mengenai wujud zat plasma adalah sebagai berikut:

  1. Tingkat konduktivitas listrik sangat tinggi
  2. Ion dan elektron bergerak bebas
  3. Suhu sangat panas >10.000oC
  4. Antar banyak partikel sering terjadi tumbukan

Jenis materi plasma

Plasma berdasarkan dari temperaturnya terbagai menjadi tiga jenis. Ada plasma dingin, plasma termik, dan plasma panas.

Dingin

Adalah wujud zat plasma yang terjadi dalam keadaan ketidaksetimbangan termal (non–thermal equilibrium) antara temperatur elektron dan gas. Suhu pada plasma dingin ion dan atom sekitar 1000 K. Contoh pengaplikasian zat plasma jenis ini pada bidang mikroelektronik dan pembersih polutan.

Termik

Tergolong sebagai plasma dalam keadaan ketidaksetimbangan termal (non – thermal equilibrium). Partikel berat dalam plasma bersuhu lebih dari 3000 K. Pengaplikasiannya pada bidang pengelasan, pembersih polutan, pemotongan logam dan lain – lain.

Panas

Terjadi dalam kesetimbangan termal (thermal equilibrium). Penyusun plasma panas adalah molekul – molekul gas dengan temperatur tinggi yakni lebih dari 106 K. Contoh pemanfaatan zat plasma panas adalah untuk memproduksi energi listrik.

Contoh wujud zat plasma

Berdasarkan pembuatannya plasma terbedakan menjadi dua yaitu alami dan buatan.

Alami

Untuk contoh zat plasma alami bersumber dari alam semesta. Bahkan tersinyalir alam semesta ini 99% terbentuk dari plasma.

Pada ruang angkasa plasma banyak ada pada ruang antar bintang, nebula, ruang antar planet. Sedangkan pada bumi contoh zat plasma adalah aurora dan petir.

Buatan

Secara buatan plasma adalah hasil dari perubahan wujud zat dengan menggunakan bantuan teknologi. Pada laboratorium plasma dapat terbentuk dari hasil pemanasan gas bertekanan rendah. Seperti teknologi generator ozon dan electrical discharge untuk memproduksi ozon.

Sedangkan bentuk plasma buatan yang lain seperti plasma dalam fusi nuklir dan plasma pada ilmu aerodinamika.

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Ilmu Kelautan dan Pramuka Universitas Diponegoro

View all posts by Adha Susanto →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *