Wisata Pangkalan Bun: Waterfront City Kampung Sega

Last Updated on 5 October 2021 by Adha Susanto

Kampung Sega adalah tempat wisata yang berada di tepi sungai Arut Kelurahan Mendawai Kota Pangkalan Bun. Tempat wisata ini sangat cocok untuk nongkrong di saat sore hari bersama teman atau pasangan.

Wisata Kampung Sega Pangkalan Bun

Kampung Sega adalah wisata yang berkonsep Waterfront City yang dapat kita jumpai di Kelurahan Mendawai Kota Pangkalan Bun. Mengusung konsep Waterfront City, kawasan wisata Kampung Sega ini berada tepat pada aliran sungai Arut.

Kawasan ini pun menjadi salah satu tempat nongkrong bagi pemuda dan masyarakat di sekitarnya. Baik sekitar Kota Pangkalan Bun bahkan ada yang dari Kabupaten Sukamara. Jadi, ketika mengunjungi Kawasan wisata sungai Arut, kita akan berjumpa wisatawan dari berbagai daerah.

Fasilitas wisata Kampung Sega

Konsep Waterfront City menjadi dasar kelengkapan berbagai macam fasilitas di kawasan wisata Kampung Sega Pangkalan Bun.

Lalu sebenarnya apakah itu konsep Waterfront City?

Melansir dari laman 99.co. Pada tahun 1980 di kawasan pesisir San Fransisco, Amerika Serikat terdapat aktivitas revitalisasi sebuah kawasan industri. Revitalisasi bertujuan untuk menata kembali kawasan industri menjadi daerah yang lebih rapi dan nyaman.

Bertepatan dengan kegiatan revitalisasi pada tahun 1980 konsep Waterfront City kemudian di populerkan. Jadi Waterfront City adalah sebuah konsep pengembangan daerah di kawasan tepian air. Tepian air yang dimaksud seperti pantai, sungai, atau pun danau.

Yuk kita cari tahu termasuk jenis yang manakah kawasan wisata waterfront city Pangkalan Bun.

Berikut uraian singkat Waterfront City berdasarkan fungsinya:

Recreational waterfront

Jenis waterfront dengan fungsi sebagai kawasan hiburan dan rekreasi. Adapun ciri waterfront jenis ini terdapat lebih banyak fasilitas dan sarana prasarana yang menunjang kegiatan wisata. Beberapa fasilitas yang dapat kita jumpai diantaranya adalah tempat pemancingan, taman, dan kapal wisata.

tempat nongkrong dan wisata kampung sega pangkalan bun sungai arut kelurahan mendawai
Kapal wisata sungai Arut

Residential waterfront

Merupakan jenis waterfront yang mengacu sebagai daerah hunian atau pemukiman di tepian air. Ciri utama waterfront jenis ini adalah banyaknya kawasan hunian vertikal seperti apartemen, hotel, dan resort.

Mixed use waterfront

Kawasan waterfront yang mengkolaborasikan antara pemukiman, fasilitas kesehatan, perkantoran, restoran, pasar, dan atau tempat-tempat kebudayaan.

Working waterfront

Waterfront dengan fungsi sebagai kawasan perekonomian atau bisnis. Pada kawasan ini lebih banyak terlihat sarana dan prasarana seperti pelabuhan, reparasi kapal, dan industri berat lainnya.

Jadi wisata Waterfront City Kampung Sega di Kota Pangkalan Bun termasuk jenis yang mana?

Bila kita lihat dari fasilitas yang ada seperti kapal pesiar, taman untuk tempat nongkrong, dan sarana rekreasi lainnya. Maka Waterfront City Kampung Sega termasuk dalam jenis Waterfront Recreational.

Baca juga

Kapal wisata

Salah satu fasilitas yang paling menonjol di wisata kampung sega adalah adanya kapal pesiar atau kapal wisata. Jika Anda tertarik menggunakan fasilitas kapal maka cukup siapkan uang sebesar Rp. 20.000 / orang. Namun, kapal akan jalan bila penumpang sudah mencapai 40 orang.

Nah, jika hanya ingin berduaan dengan pasangan Anda di kapal pesiar. Maka cukup menyiapkan uang sebesar Rp. 400.000. Anda bersama pasangan pun sudah dapat menyusuri wisata susur sungai Arut kurang lebih selama 40 menit.

About Adha Susanto

Menyelesaikan studi di Ilmu Kelautan dan Pramuka Universitas Diponegoro

View all posts by Adha Susanto →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *