Portofolio

Selama menjadi mahasiswa Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro saya aktif mengikuti lomba menulis karya ilmiah sejak tahun 2018 semester lima. Lomba menulis ternyata membutuhkan effort sangat besar. Banyak hal yang harus dikorbankan salah satunya adalah meninggalkan kelas kuliah satu sampai dua hari. Pada tahun 2019 barulah saya bisa masuk finalis dan juara dalam beberapa lomba yang diikuti.

Berikut portofolio saya dalam lomba menulis karya ilmiah.

juara UHT
Juara III di Universitas Hang Tuah Surabaya (UHT)

Juara III Lomba Karya Tulis Ilmiah Bidang Kelautan Tingkat Mahasiswa dalam Rangka Dies Natalis ke-32 Universitas Hang Tuah Surabaya (UHT). Lomba tersebut diselenggarakan dengan tema “Pengelolaan Sumberdaya Kelautan Berbasis IPTEKS untuk Kemakmuran Bangsa”.

Karya Tulis: Model Pengelolaan Wilayah Pesisir Berbasis Masyarakat (Community Based Development) untuk Mewujudkan Blue Economy Lokal Berkelanjutan.

Karya tulis tersebut sudah di publikasikan pada jurnal ilmiah Samudra Akuatika Universitas Samudra terindeks Google Schoolar dengan judul: Strategi Pengelolaan Wilayah Pesisir Kecamatan Kuala Jelai Kabupaten Sukamara Berbasis Integrated Coastal Zone Management (ICZM)

Juara 1 Unsri
Juara I di Universitas Sriwijaya

Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional ACUSTIC 2019 Universitas Sriwijaya. Lomba tersebut diselenggarakan dengan tema “Peran Milenial dalam Mengembangkan Pertanian Indonesia di Era Revolusi 4.0”.

Karya Tulis: Optimalisasi Potensi dan Strategi Budidaya Perikanan Lahan Gambut Berbasis Teknologi Lokal untuk Memperkuat Ketahanan Pangan Dan Perekonomian di Desa Natai Sedawak.

Juara II Unhas
Juara II di Universitas Hasanuddin

Juara II Lomba Karya Tulis Ilmiah Bidang Kemaritiman Bidang Ilmu Pengetahuan. Lomba tersebut diselenggarakan dengan tema “Generasi Milenial Sadar Kedaulatan Maritim Menuju Kemandirian Bangsa”.

Karya Tulis: Potensi Teknologi Solution Plasma Processing (SPP) Pada Pembuatan Alginat Low Molecular Weight

Juara II Unkhair
Juara II di Universitas Khairun

Juara II Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional pada kegiatan Festival Inovasi dan Kreativitas Mahasiwa Tingkat Nasional (FIESTA). Lomba tersebut di selenggarakan oleh Kemahasiswaan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Khairun. Tema lomba adalah Menghimpun Inovasi dan Kreativitas Untuk Laut Sehat Yang Berkelanjutan” .

Karya Tulis: Kitosis (Kitosan Imunostimulan Non Spesifik) Inovasi Bahan Pakan Berbasis Kitosan Sinbiotik untuk Meningkatkan Imunostimulan Non Spesifik Udang Ramah Lingkungan.

Publikasi Jurnal Terakreditasi SINTA 2

Sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan gelar Sarjana Sains (S.Si) Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro. Publikasi artikel ilmiah/jurnal merupakan hal yang wajib. Bahan publikasi pada artikel ilmiah ini berasal dari hasil penelitian skripsi. Judul jurnal ilmiah yang telah terbit pada Jurnal Kelautan Tropis Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro tersebut adalah

Potency of Chitosan and Chitooligochitosan (COS) as Prebiotics for Streptococcus thermophillus and Lactobacillus bulgaricus Probiotics