Pengalaman Buruk Belanja di Shopee: Tidak Pernah Kepikiran

Last Updated on 24 February 2024 by Adha Susanto

Estimated reading time: 3 minutes

Untuk pertama kalinya kami (saya dan adek) punya pengalaman buruk belanja di Shopee. Sungguh heran. Terlebih, barang yang kami beli hanya alat pertanian.

Belanja online memberikan kemudahan, itu yang kami rasakan. Pilihan barang beragam dengan harga variatif bisa dilihat dalam satu layar.

Teknologi memberikan kemudahan hingga mereka yang jauh dari pusat kota, asalkan ada akses internet. Tapi, kecanggihan teknologi tetap masih ada kelemahannya. Dalam jumlah besar manusia dengan nalurinya masih menjadi komponen penting, misalnya, dalam sistem belanja online.

Naluri menggerakkan hati seseorang untuk bergerak ke samping kanan atau kiri.

Pada kasus aktivitas jual beli dalam sistem belanja online. Kepercayaan konsumen terhadap sebuah sistem belanja online yang dibangun oleh penyedia jasa pun tidak langsung tercipta.

Sebab, sebagai konsumen yang tidak menerima barang secara langsung tumbuh keresahan tersendiri. Barang akan diterima setelah melalui sebuah sistem yang panjang, yakni harus melewati banyak tangan  pihak penjual dan ekspedisi.

Baca Juga: Di Dasar Kolam Terantang Selama Tahun 2023

Pengalaman buruk pertama kami belanja di Shopee

Sebelumnya kami selalu puas dengan barang yang datang, sesuai pesanan. Kami pun menaruh kepercayaan selanjutnya pada sistem belanja online ini.

Kami tidak menyalahkan pada sistem yang dibangun oleh Shopee. Hanya saja kesalahan kami tidak membaca dan menerapkan sistem agar tidak merugikan salah satu pihak, khususnya konsumen.

Di pengalaman buruk pertama kami belanja online di Shopee bukan barang gaya hidup. Tapi sebuah barang untuk menyambung hidup karena dengan barang yang kami beli itu pekerjaan lebih mudah dan cepat.

Sebagian besar hidup yang menggantungkan dari hasil perkebunan tentunya membutuhkan alat pertanian.

Tangki sprayer gulma adalah satu di antara berbagai alat perkebunan yang harus ada. Komponen tangki sprayer seperti kepala sprayer dan nozzle adalah dua bagian vitalnya. Dua bagian itulah yang akan menyemburkan air mengandung racun gulma dengan metode spray.

Air yang mengandung racun akan jatuh merata ke gulma dengan melalui empat buah lubang pada nozzle hijau. Nozzle hijau akan berjalan fungsinya dengan baik karena berada pada tempat yang tepat, yakni kepala nozzle.

Dua komponen tangki sprayer Malaysia itu umumnya sering rusak karena terhubung oleh drat yang membuatnya rapat.

Karena sering diputar-putar saat air racun tidak keluar sempurna melalui empat buah lubang nozzle hijau, maka drat juga ikut terdampak–tidak sempurna lagi bentuknya. Air yang keluar pun tidak dalam bentuk spray.

Oleh karena itu, petani harus punya nozzle hijau dan kepala kuningan cadangan yang akan dibutuhkan sewaktu-waktu.

Pernah membeli di toko fisik terdekat. Hmm harganya jauh melambung. Sesekali mencoba melirik Shopee. Benar saja, harganya jauh lebih murah.

Barang yang dibeli

Lega hati karena bisa belanja alat pertanian di Shopee tanpa harus mengalamai pengalaman buruk saat belanja di toko fisik. Harga yang selisih sangat jauh itu pun menjadi faktor utamanya.

Pesanan kami buat melalui aplikasi Shopee. Belanja untuk ketersediaan dalam waktu lama, kami pun membeli dengan rincian sebagai berikut:

  1. lima buah kepala sprayer kuningan hijau dan
  2. 10 buah nozzle hijau.

Menggunakan layanan Shopee Express, barang akan tiba dalam waktu dua minggu. Pada Selasa, 13 Februari 2024, barang kami ambil di rumah agen pengiriman.

mengajukan keberatan belanja di shopee
Mengajukan Keberatan

Sesampainya di rumah, adek membuka paket yang berasal dari Kota Tangerang. Dengan senang hati, adek membuka paket.

Tara, barang yang datang hanya satu item, nozzle hijau satu bungkus. “Kok nozzle tok?” Tanya saya.

Komplain kami coba ajukan dengan bukti yang hanya foto. Benar saja, mereka hanya ikut sistem yang sudah ada.

Kami pun dengan rasa berat hati menerima kerugian.

Selalu membuat video saat membuka barang belanja dari Shopee agar tidak mengalami pengalaman buruk selanjutnya akan kami terapkan.

Baca Juga: