Tujuan Domestikasi Ikan di Balai Benih Ikan Sukamara

Last Updated on 29 August 2021 by Adha Susanto

Tersedianya benih ikan menjadi salah satu kunci sukses kegiatan budidaya. Salah satu lembaga pemerintahan yang dipercaya untuk menjaga ketersediaan benih adalah Balai Benih Ikan Sukamara. Balai Benih Ikan (BBI) menjadi lembaga pemerintahan yang menyediaakan benih ikan di wilayahnya. Ikan pepuyu adalah salah satu jenis ikan domestikasi untuk kegiatan budidaya dan pembenihan di BBI Sukamara. Yang mana tujuan dan manfaat domestikasi untuk mendapatkan indukan dan memperoleh benih ikan.

Sejarah domestikasi ikan

Kegiatan domestikasi telah dilakukan manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Melansir dari laman Trobosaqua bukti terdapatnya domestikasi yang pernah dilakukan manusia pada ribuan tahun yang lalu adalah adanya sebuah lukisan dan relief di makam Theban di Mesir. Makam itu ada sekitar 1.500 tahun sebelum Masehi (SM). Hal itu menunjukkan bahwa di era tersebut telah dilakukan penangkaran ikan nila (Nile tilapia, Oreochromis niloticus) pada sebuah kolam irigasi.

Pengertian dan tujuan domestikasi

jenis tujuan dan manfaat domestikasi di balai benih ikan sukamara
Ikan pepuyu atau betok

Domestikasi ikan adalah suatu kegiatan menjinakkan hewan dari habitat alaminya. Kegiatan domestikasi dilakukan dihabitat buatan seperti kolam budidaya dengan tujuan menjaga ketersediaannya secara terkontrol. Serta untuk mencari jenis indukan berkualitas yang dapat menghasilkan benih ikan untuk kegiatan budidaya. Seperti yang dilakukan di Balai Benih Ikan Sukamara.

Jenis ikan domestikasi di Balai Benih Ikan Sukamara

Sebagai lembaga yang menjamin ketersediaan benih ikan. Maka BBI Sukamara melakukan domestikasi salah satu jenis yakni pepuyu atau betok yang menjadi favorit masyarakat.

Tujuan domestikasi ikan sesuai dengan arti katanya adalah untuk kegiatan budidaya. Dengan dilakukan domestikasi maka manfaat lainnya adalah untuk mendapatkan indukan dan memperoleh benih dari hasil pemijahan.

Balai Benih Ikan Sukamara merasakan manfaat yang besar dari kegiatan domestikasi untuk menunjang kegiatan budidaya masyarakat. Dengan adanya domestikasi betok atau pepuyu maka ketersediaan benih pepuyu dapat terkontrol. Benih ikan pepuyu pun dapat dimanfaatkan masyarakat untuk budidaya atau sebagai ikan umpan.

Teknik pembenihan

Tersedianya indukan pepuyu yang berkualitas adalah salah satu kunci untuk sukses mendapatkan benih ikan. Melalui aplikasi teknologi hormon gonadotropin pada kawin secara buatan menjadi pilihan terbaik untuk dapat memperoleh benih ikan dengan optimal.

Tim Balai Benih Ikan Sukamara terus mengaplikasikan teknologi kawin buatan dengan penyuntikan hormon. Hormon gonadtropin seperti ovaprim membantu tecapainya tujuan domestikasi. Yakni untuk memperoleh benih ikan yang digunakan dalam kegiatan budidaya. Kawin secara buatan pada jenis pepuyu hasil domestikasi ternyata mampu menghasilkan benih dengan jumlah yang maksimal.

Maka aplikasi teknologi hormon gonadotropin pada kegiatan domestikasi yang bertujuan memperoleh benih ikan sangat efektif. Jika dibandingkan secara alami. Karena siklusnya sangat lambat. Sedangkan permintaan terus meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *